Amal Abadi

Situs penyedia Sertifikasi IT gratis

Seiring dengan makin ketatnya celana persaingan di dunia IT, maka dari itu bagi para pekerja IT yang baru nampaknya sertifikat adalah hal wajib. Uang tampaknya masih menjadi masalah bagi orang pada umumnya untuk mengikuti sertifikasi. Namun sekarang tidak usah masalah karena kita bisa mengikuti sertifikasi gratis dari beberapa perusahaan ternama. Dengan memiliki sertifikasi ini setidaknya perusahaan akan mempertimbangkan diri kita, apalagi kalau perusahaan menggunakan produk yang linier dengan sertifikasi kita. Oh yaa jika kalian ingin ke situs penyedia sertifikasi nya tinggal klik saja pada nama penyedia karena sudah saya hyperlink.

Brain-O-Meter

Kita akan mulai membahas dari Vendor Lokal terlebih dahulu. Brain-o-meter merupakan sertifikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan pembuat media pembelajar berbasis teknologi yaitu BAMBOOMEDIA. Pada Brain-o-meter terdapat 25 jenis pilihan sertifikasi IT seperti Dasar Internet, Ubuntu untuk pemula, Query Database Microsoft Access, dan lainnya. Untuk mengikuti sertifikasi ini minimal teman-teman bisa mendapatkan nilai 85 dan sertifikat akan dikirimkan via email.

Adtran

Adtran merupakan produsen router yang menyediakan sertifikasi IT Gratis. Ada 2 jenis level sertifikasi yang bisa didapatkan yaitu ADTRAN Sales Professional (ASP) dan ADTRAN Technical Solution Associate (ATSA). Masing-masing memiliki spesialisasinya sendiri yaitu Internetworking, IP Business Gateways, Unified Communications Appliance Solutions, dan Virtual Wireless LAN. Minimal pencapaian adalah 75% dalam waktu 75 menit. Setiap lulus ujian Adtran akan memberikan hadiah USD 10 yang bisa ditukarkan dengan barang.

Palo Alto Networks

Palo Alto Networks sebagai vendor Firewall menyediakan sertifikasi gratis untuk level Accredited Configuration Engineer (ACE). Untuk mendapatkan ACE teman-teman harus mengikuti ujian dan lulus dengan nilai minimal 80%. Waktu ujiannya adalah 1 jam dan tidak ada batasan untuk mengambil ujian ini artinya jika gagal bisa mencoba lagi. Satu hal yang spesial adalah jika lulus ACE teman-teman akan mendapatkan baju juga yang akan dikirim ke alamat rumah.

SolarWinds

Solarwindws merupakan perusahaan pembuat perangkat lunak untuk Network Management yang terletak di Austin, Texas. SolarWinds menyediakan sertifikasi gratis yang bernama SolarWinds Certified Professional. Karena ini merupakan sertifikasi Vendor jadi yang diujikan juga seputar Network Management menggunakan produk SolarWinds. Ketika ujian teman-teman akan dihadapkan dengan 67 soal dan memiliki waktu 3 jam untuk mengerjakannya. Sertifikat SolarWinds Certified Professional ini berlaku cukup lama yaitu 5 tahun.

Rackspace CloudU

CloudU yang merupakan singkatan dari Cloud University merupakan layanan media pembelajaran online. Sesuai namanya CloudU menyediakan bahan pembelajaran untuk seputar Cloud Computing. Sertifikasi CloudU adalah netral artinya tidak berpihak pada vendor manapun. Untuk mendapatkan sertifikasi CloudU teman-teman harus ujian dulu yang berjumlah 50 soal dan harus lulus minimal 80%. Namun sebelum bisa mengerjakan ujian, peserta diharuskan menjawab semua kuis dengan skor minimal 80% juga.

Hurricane Electrics

Tak banyak yang saya ketahui tentang ini. Namun yang saya ketahui Hurricane Electrics menyediakan sertifikasi bagi teman-teman yang berkutat di IPv6.

Ubiquiti

Sebagian dari teman-teman pasti telah mengenal nama ini. Ubiquiti adalah produsen perangkat jaringan dan produk yang terkenalnya adalah di bidang Wireless. Ubiquiti memiliki sertifikasi gratis yang disebut dengan Ubiquiti Solar Residential Specialist (USRS). Sesuai namanya USRS ini mempelajari tentang energi solar.

Artikel Terkait

  • De Faizal Ssi

    bisa dmn dapetin sertifikasinya??

    • lah ini kan artikel udah jelas padahal 🙁

  • Majid Nor Kholis

    Sangat bermanfaat sekali bang, btw kalo boleh tau kenapa brain-o-meter ngga terlalu dilirik perusahaan? Padahal saya udah dapet 4…

    • orang Indonesia kan sukanya yang dari luar hehe

  • Khàn

    Ini ditraining dulu apa langsung di kasih soal?

    • Ada beberapa yang hanya menyediakan ujian seperti Brain-o-meter. Ada juga yang memberikan materi pelatihan dulu seperti Ubiquiti, Palo Alto, dan lainnya 🙂

  • Henrik Ozan

    Pak Ariyolo, untuk saat ini saya bekerja sebagai IT Support. Apabila saya ingin menjadi seorang Network Engineer.Kiranya saya harus mengambil sertifikasi apa ya untuk menunjang pekerjaan ?

    Terimakasih

    Salam
    Henrik

    • halo kak ozan, kalau sudah berpengalaman dan memang mau naik jabatan lebih baik untuk mengambil MTCNA/JNCIA/CCNA

    • Henrik Ozan

      saya masih newbie Pak soal networking, untuk itu apakah Pak Rona ada rekomendasi tempat untuk sertifikasi tersebut ?

      Terimakasih

  • yusran

    min untuk yang solarwinds ada referensi web yg bisa di gunakan untuk belajar, ? bkn web solarwinds nya langsung ya . yg bhsa indonesia kalo ada min atau orang indonesia gitu yang buat

    • tampaknya belum ada karena rata-rata pengguna solarwindws bisa dibilang kelas menengah dan mereka harusnya mengerti bahasa inggris

Close