Jurnal

Pengalaman di tokopedia menggunakan GRAB Next Day

Teman-teman sudah pernah coba belanja di Tokopedia menggunakan kurir GRAB Next Day? Kejadian sial bisa dialami siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Apalagi kalau belum ada informasi yang jelas tentang suatu ketentuan. Dan inilah yang saya alami, pengen cepat malah lebih lama dan lelah.

Kamis, 29 September 2016 saya membeli barang di Tokopedia yaitu MikroTik RB952Ui-5ac2nD. Saya membeli sekitar jam 16.00 jadi saya fikir kalau saya kirim pakai GO-JEK tidak akan bisa karena pemesanan harus dilakukan sebelum jam 16.00. Karena hal tersebut saya coba lihat kalau peraturan tentang pengiriman menggunakan GRAB Next Day Tokopedia di https://www.tokopedia.com/bantuan/grab-penjual sebagai berikut

Di situ tercantum bahwa GrabBike hanya melayani pickup dari jam 09:00 – 13:00 itu berarti kalau saya memesan tidak mungkin dikirim cepat. Sambil baca-baca saya tertarik dengan Next Day Delivery karena harganya lebih murah dan saya fikir sama sajalah karena sampainya Besok (Next Day).

Jumat, 30 September 2016 ternyata pihak penjualnya gak selalu buka tokopedia kayaknya ? Akhirnya karena tak kunjung dikonfirmasi jam 10 pagi saya WhatsApp dan penjual langsung menyetujui pembelian dan langsung proses pembelian.

Sabtu, 1 Oktober 2016 penjual WhatsApp ke saya bahwa sekitar jam 10 ada orang dari GRAB mengambil barang ke toko. Jujur saya sumringah karena barang akan sampai dan bisa ngoprek. Eh sampai jam 12 barang belum juga datang saya berfikir bahwa mungkin dia cari-cari alamat. Karena kebetulan saya mau pergi juga ke rumah temen yaudah saya titip pesan ke security kantor karena alamat pengiriman memang alamat kantor.

Iseng jam 3 saya cek di aplikasi untuk melihat apakah sudah sampai atau belum. Pas dicek ternyata system tracker berubah pada bagian pesanan telah dikirim menjadi jam 2-an yang tadinya jam 10. Hmm saya berfikir mungkin kurir kesasarn lalu barang dikembalikan dan ganti driver. Tapi yang jadi pertanyaan kok gak nelopon tanya alamat sebelum dikembalikan.

Sekitar jam 7 saya pulang dari rumah temen saya langsung ke kantor untuk cek dan ternyata barang belum sampai ? Saya cek kembali aplikasi tokopedia dan ternyata jam nya berubah lagi menjadi 18:38 dan berikut screenshoot-nya.

Karena saya sudah agak bingung jadi coba telpon Tokopedia ajah langsung. Nah di sini yang mbak-mbak Tokopedia bilang bahwa untuk Next Day kurir mengambil barang ke penjual dan ditaruh di warehouse sampai ada beberapa agar sekalian ? Di sini saya agak “emosi” juga sih dan saya memutuskan untuk menghubungi GRAB BIKE. Lucunya adalah ketika saya meghubungi GRAB BIKE dan disuruh menunggu (CS lagi cek status) eh malahan telponnya mati. Saya coba dial beberapa kali dan ada pesan kesalahan. HAAAA? Perusahaan sebesar ini teleponnya bermasalah ?

Sampai saya menulis artikel ini belum ada kabar tentang barang saya dan saya pribadi pasrah saja yang penting barang sampai. Oh yaa tulisan ini bukan menyudutkan GRAB dan TOKOPEDIA, saya paham bahwa pasti dalam pelayanan ada pelanggan yang bakalan sial seperti saya ? Saran saya sih agar tidak ada kasus seperti ini lagi coba agar ketentuan-ketentuan ditulis lebih jelas lagi jalan mainnya. Thanks ^_^

UPDATE ARTIKEL

Karena tampaknya artikel ini jadi agak kontroversial jadi saya klarifikasi bahwa ini adalah pengalaman saya dalam berbelanja. Tulisan ini hanya sebagai bentuk bahwa saya pernah mengalami hal sial dalam menggunakan GRAB NEXY DAY. Maka dari itu saya sampaikan mohon maaf kepada pihak yang tersinggung. Dan sekalian saya juga melampirkan screenshoot dari detail pengiriman order saya di Tokopedia saat itu.

Teliti sebelum melakukan sesuatu salah satunya dengan mencari informasi yang valid

 

Tanda

Rona Ariyolo

Seorang IT Infrastructure Enthusiast yang gemar berkecimpung di dunia pendidikan. Selain di blog aktif juga memberikan informasi di media sosial terutama instagram (story).

Artikel Terkait

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker