Jurnal

Pengalaman di tokopedia menggunakan GRAB Next Day

Teman-teman sudah pernah coba belanja di Tokopedia menggunakan kurir GRAB Next Day? Kejadian sial bisa dialami siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Apalagi kalau belum ada informasi yang jelas tentang suatu ketentuan. Dan inilah yang saya alami, pengen cepat malah lebih lama dan lelah.

Kamis, 29 September 2016 saya membeli barang di Tokopedia yaitu MikroTik RB952Ui-5ac2nD. Saya membeli sekitar jam 16.00 jadi saya fikir kalau saya kirim pakai GO-JEK tidak akan bisa karena pemesanan harus dilakukan sebelum jam 16.00. Karena hal tersebut saya coba lihat kalau peraturan tentang pengiriman menggunakan GRAB Next Day Tokopedia di https://www.tokopedia.com/bantuan/grab-penjual sebagai berikut

Di situ tercantum bahwa GrabBike hanya melayani pickup dari jam 09:00 – 13:00 itu berarti kalau saya memesan tidak mungkin dikirim cepat. Sambil baca-baca saya tertarik dengan Next Day Delivery karena harganya lebih murah dan saya fikir sama sajalah karena sampainya Besok (Next Day).

Jumat, 30 September 2016 ternyata pihak penjualnya gak selalu buka tokopedia kayaknya ? Akhirnya karena tak kunjung dikonfirmasi jam 10 pagi saya WhatsApp dan penjual langsung menyetujui pembelian dan langsung proses pembelian.

Sabtu, 1 Oktober 2016 penjual WhatsApp ke saya bahwa sekitar jam 10 ada orang dari GRAB mengambil barang ke toko. Jujur saya sumringah karena barang akan sampai dan bisa ngoprek. Eh sampai jam 12 barang belum juga datang saya berfikir bahwa mungkin dia cari-cari alamat. Karena kebetulan saya mau pergi juga ke rumah temen yaudah saya titip pesan ke security kantor karena alamat pengiriman memang alamat kantor.

Iseng jam 3 saya cek di aplikasi untuk melihat apakah sudah sampai atau belum. Pas dicek ternyata system tracker berubah pada bagian pesanan telah dikirim menjadi jam 2-an yang tadinya jam 10. Hmm saya berfikir mungkin kurir kesasarn lalu barang dikembalikan dan ganti driver. Tapi yang jadi pertanyaan kok gak nelopon tanya alamat sebelum dikembalikan.

Sekitar jam 7 saya pulang dari rumah temen saya langsung ke kantor untuk cek dan ternyata barang belum sampai ? Saya cek kembali aplikasi tokopedia dan ternyata jam nya berubah lagi menjadi 18:38 dan berikut screenshoot-nya.

Karena saya sudah agak bingung jadi coba telpon Tokopedia ajah langsung. Nah di sini yang mbak-mbak Tokopedia bilang bahwa untuk Next Day kurir mengambil barang ke penjual dan ditaruh di warehouse sampai ada beberapa agar sekalian ? Di sini saya agak “emosi” juga sih dan saya memutuskan untuk menghubungi GRAB BIKE. Lucunya adalah ketika saya meghubungi GRAB BIKE dan disuruh menunggu (CS lagi cek status) eh malahan telponnya mati. Saya coba dial beberapa kali dan ada pesan kesalahan. HAAAA? Perusahaan sebesar ini teleponnya bermasalah ?

Sampai saya menulis artikel ini belum ada kabar tentang barang saya dan saya pribadi pasrah saja yang penting barang sampai. Oh yaa tulisan ini bukan menyudutkan GRAB dan TOKOPEDIA, saya paham bahwa pasti dalam pelayanan ada pelanggan yang bakalan sial seperti saya ? Saran saya sih agar tidak ada kasus seperti ini lagi coba agar ketentuan-ketentuan ditulis lebih jelas lagi jalan mainnya. Thanks ^_^

UPDATE ARTIKEL

Karena tampaknya artikel ini jadi agak kontroversial jadi saya klarifikasi bahwa ini adalah pengalaman saya dalam berbelanja. Tulisan ini hanya sebagai bentuk bahwa saya pernah mengalami hal sial dalam menggunakan GRAB NEXY DAY. Maka dari itu saya sampaikan mohon maaf kepada pihak yang tersinggung. Dan sekalian saya juga melampirkan screenshoot dari detail pengiriman order saya di Tokopedia saat itu.

Teliti sebelum melakukan sesuatu salah satunya dengan mencari informasi yang valid

 

Artikel Terkait

  • eghachan

    saya barusan mengalaminya. Sengaja pesan sore tapi tetep pakai grab yang same day, dengan pikiran besoknya akan sampai. Penjual sudah pick up dari pagi, saya cek di tokopedia dipick up jam 12, tapi ternyata baru sampai jam 5. Gara2 ini jadi pulang agak telat. Karena memang barangnya mau dipake besoknya. Agak merepotkan juga ya ternyata kalau harus menunggu ada barang yang akan dikirim barengan…

  • Liana Nurhalida

    Saya juga ngalamin mas, saya order di Tokopedia tgl 30/03 & saya juga baru nyobain pengiriman grab karna ada menu grab next day biaya’a 5rb saya cobalah, lach skrg udh tgl 01/04 blm dtg2 pas saya liat di histori koQ nama driver grab yg mau nganterin paketan saya ganti2 Mulu, klo sampe besok (udh 3hari) blm dtg2 ach saya bakalan kapok milih grab lagi

  • Rina Yuniar

    Waaahh samaaaa… parah deh si grab.. sy udh dr pagi barang sdh ada track grab tp sampe skr sore gak ada penjemputan paketnyaa dr si seller.. parahhhh.. baru x ini pakai grab di toped biasa pale gojek.. ini jg krn ga tau kenapa gojeknya biaya kirim yg td nya 15rb jd 49rb.. helpppp dong.. kapok bgt pake grab.. tlp ke cust service yg biasa di ping pong gt aku disuruh telp ke nomor yg khusus grab parcel tapiii tetotttttt salah sambung gituuuuu….. parahhhhh grab thumbs down for youuuu shame shame……..

  • Vani Oktavia

    Halo, saya jg nih lagi tunggu paket Dr Tokped dan pake grab next day.
    Untuk paket brosis sendiri apakah sudah sampai? Dan berapa lama pengiriman nya?

    • sudah sampai sekitar 3 hari

      • Dina Mega

        Saya juga mengalami ini, paket di kirim grab parcel tanggal 6 Mei 2017, Sampai sekarang 8 Mei Jam 21.05 barang belum sampai. Pengertian next day itu sebenarnya apa buat si GRAB?? apakah next day=next week? cpd

  • ethan hunt

    saya pengguna Tokopedia dan sampai sekarang memang tidak pernah ada masalah soal pengiriman. semua kurir sudah saya coba, dan memang untuk yang wilayah dekat saya lebih suka pakai GoJek, jika urgent tapi jauh saya pakai JNE, pakai Pos? not recommended lah ya…capek hati (mudah2an PT Pos baca nih) Pakai Ninja Express lebih ngeri lagi, kurirnya bisa tiba2 nongol diatas genteng rumah saking kayak ninjanya (sori bercanda ya jangan serius….) biaya kirim juga sesuai dengan yang tertera belum pernah aneh2 nambah atau jadi mahal banget. intinya sih memang baca syarat dan kondisi… soalnya kadang konsumen suka malas baca jadinya berada di posisi yang serba salah

  • Sama saya juga kapok pake grab… Gak profesional banget… Mending gojek hari itu juga diantar

  • Taufik

    Kalo pengalaman saya grab parcel memang betul nextday sampai..
    Mungkin dari penjual lambat. Karena maximal pickup dr penjual itu jam 15.00. Setelah itu akan d pickup esok harinya. Jadi pengertian nextday itu barang sampai setelah sehari sebelumnya di pickup oleh kurir grab.
    Dan ada lagi beberapa masalah yang membuat pengiriman terlambat.
    Seperti alamat yg kurang lengkap, no.telp yg tdk bisa di hubungi. Serta kesalahan dari warehouse salah memisahkan barang..

  • Adi Hidayat

    Suee sama lagi kek gua

  • Lidyawati Liu

    cuma sekedar sharing sbg seller.. pengertian Grab Next Day adalah barang baru akan sampai di tempat customer H+1 setelah seller request pick up. saya berikan contoh:

    1. order customer masuk di hari Kamis pukul 15.00. Seller baru bisa proses pick up hari Jumat jam 09.00 – 13.00. Barang akan dipick up oleh Grab Parcel hari Jumat dan baru akan dikirim ke tempat customer hari Sabtu.

    2. jika orderan masuk di hari Kamis pukul 12.00. Seller bisa langsung request pick up di hari yang sama karena masih dalam batas waktu pick up Grab. hari Kamis itu juga paket akan diambil oleh Grab dan diantar ke tempat customer hari Jumat.

    Dua contoh yg saya berikan di atas adalah kondisi normal dimana seller bisa langsung proses orderan customer dgn cepat dan barangnya juga ready stock. kalau ternyata stok kosong atau sellernya ternyata adalah dropshipper maka sudah pasti akan lebih lama tiba di tempat tujuan.

    saya berikan contoh lain lagi:
    1. order customer masuk di hari Kamis pukul 15.00. Barang ternyata kosong dan tidak ready stock tapi seller tidak mau informasi ke customer. barang baru ready di hari Jumat jam 16.00 misalkan. maka Seller baru bisa request pick up di hari Sabtu jam 09.00 – 13.00. pihak Grab akan mengambil barang pada hari Sabtu dan barang akan diantar ke tempat customer hari Minggu atau Senin (tergantung jam operasional Grab, jika Grab beroperasi hari Minggu, maka kemungkinan barang akan diantar hari Minggu. Jika Grab tidak beroperasi hari Minggu, maka barang baru akan diantar hari Senin).

    Intinya untuk Grab Parcel Next Day adalah: barang akan tiba di tempat tujuan H+1 setelah Seller melakukan request pick up.

    saya bukan karyawan Grab tapi hanya seorang Seller yang mencoba memberikan keterangan yang jelas supaya mudah dimengerti 🙂

    • kalau boleh tau informasi ini tertera dimana yaa? biar saya bisa tambahkan pada artikel ini.

      • Lidyawati Liu

        “Pada layanan Next Day Delivery, batas waktu driver akan datang untuk mengambil barang setelah request Pick Up adalah 3 jam dan barang harus sampai ke pembeli maksimal H+1 setelah pengiriman barang).”

        Pernyataan di atas tertulis di halaman Tokopedia Help Centre utk Grab Parcel 🙂

        Yg perlu diketahui adalah, setiap Seller diberikan batas waktu 24 jam utk Terima Pesanan khusus pengiriman spt Gojek dan Grab. Utk pengiriman spt JNE, Tiki, Wahana dll batas waktunya agak lebih lama utk klik Terima Pesanan.

        Setelah klik Terima Pesanan, Seller pun masih diberikan waktu lagi sekitar 2-3 hari utk klik request Pick Up jika menggunakan kurir spt Gojek, Grab, Ninja atau Input Resi jika menggunakan kurir spt JNE, Tiki, Wahana, Pos, RPX, dll.

        Oleh karena itu, dua contoh yg saya berikan di atas adalah kondisi normal dimana barang ready stock dan seller bisa cepat memproses pesanan.

        Jika stok barang kosong dan seller tidak info ke customer, atau apabila seller ternyata adalah dropshipper yg harus menunggu kiriman barang dari tempat lain, maka akan lebih lama tiba di tempat tujuan.

        Contoh yg saya berikan hanya berdasarkan pengalaman saya sbg Seller karena memang banyak orang masih kurang paham dgn service Grab Parcel Next Day 🙂

        Sama halnya dgn sistem Gosend Same Day. Banyak customer berpikir Gosend Same Day adalah kurir kiriman yang hanya khusus mempick up 1 orderan si customer saja.

        Sistem Gosend Same Day di Tokopedia berbeda dgn sistem aplikasi handphone yg memang khusus 1 kurir hanya membawa 1 orderan customer.

        Utk Gosend Same Day setiap driver mengumpulkan beberapa orderan pick up baru diantar satu per satu ke tempat tujuan.

        Semisal hari itu driver mendapatkan 10 orderan pick up, dan saya sbg Seller mendapatkan nomor antrian 7, maka driver akan mengambil pick up order dari nomor 1-6 dulu baru ke tempat saya utk pick up. Setelah itu orderan baru diantar satu per satu. Ada kalanya jika driver terlalu banyak mendapat orderan pick up, sangat mungkin barang tidak diantar hari itu meskipun sudah pakai service Same Day.

        Saya sudah 2x menerima case dimana driver Gojek baru mengantar paket esok harinya karena kemalaman pick up barang, meskipun customer sudah bayar service Same Day.

        Contoh yg saya berikan semuanya hanya berdasarkan pengalaman saya sbg Seller.

        Semoga berkenan 😉

  • RareCat

    wkwk asyem ane bru ja ngalamin, nih msh nungguin..

  • Hdn

    Awal pake feature grab parcel tidak mengecewakan sampai 2x saya menggunakan feature tsb.
    Setelah ke 3x saya order di tokpedia tgl 16.06.2017 dan seller sudah info bahwa pesanan sudah di pickup tgl 17.06.2017.

    Sampai saat ini pesanan tsb blm sampai.
    Saya telp 2x ke cs grab tetapi hanya d suruh menunggu karena pesanan sedang dalam perjalanan.
    Apakah perjalanan nya bisa sampai 2 hari?

  • Suparman Arman

    Duh… lg deg2an juga nih nunggu grab parcel tokped. Secara sy order hari sabtu, 17/6. Kemudian diproses penjual hari minggu, dan sampe saat ini senin. 19/6 jam 21.00 status pengiriman dari pagi kam 09.35 masih blm berubah yaitu “harap menunggu, melakukan pencarian driver”. Selama itukah statusnya ga berubah? Berharap semoga besuk bisa sampai, kalau gak keburu libur nih

    • selama tidak next day sih harusnya aman pak… ini saya menceritakan pengalaman yang menggunakan next day

      • Suparman Arman

        Aman, barang sudah sampe kemaren siang (20/6)

  • Trie indriyati

    Hadeehh sma nii kasus nya… Pke grab parcel blm sampe2 juga… Pdhl order dr hri sabtu skg udh hri selasa . Pke yg same day malah nii… Parah bngttt…

  • Handika Darmawan

    Sama juga ni kaya ane, order tanggal 20 Juni 2017 kirain hari itu paling ga sorelah udah sampai eh malah status masih cari driver padahal ane pakai Same Day Delivery… ga lagi deh pakai *Tuan Crab

  • andriyan

    senasib dengan saya order hari senin di tokped sampai hari ini status masih mencari driver padalah besok sudah mulai cuti lebaran…kapok pakai grab parcel

  • Yeni Purnamasari

    Sama saya juga order dari senin tanggal 19 belum sampe juga barangnya. Grab parcel gimana sih ini service nya engga banget

  • XRB SHOP

    Ane nih seller di toped, cust pilih grab next day tgl 20 juni kmrn. Status mencari driver terus, pdhl sorenya driver sudah dtg pickup malah sudah ku tanya ke driver sudah klik pick up blom kog status ga terupdate y?? Katanya sudah. Hingga hari ini masih begini aja statusnya. Juga sudah hubungi cs toped. Lantaran ragu ku foto drivernya buat jaga2

    • Lucas Suseno Notonegoro

      loh kok sama kasusnya sama kyk saya (seller) sudah H+1 dr driver ambil barang, sampe skrg status masih pencarian driver… entah grab yg kacau atau dr tokped ya?

  • Sisca

    Barang saya di pick up tggl 19, sampai kmren barang blm sampai masih berstatus mencari driver, sudah telp ke customer service grab katanya barang saya sudah terkirim yg menerima atas nama saya sendiri, pdhl saya tidak menerima paket apapun, minta nama dan no kontak kurir nya tp tidak di kasih, malah di oper ke no telp grab yg lain dan hari ini status di toped bahwa transaksi selesai.. Entah harus di apain deh kurir yg kayak gini..

    • Aulia Mahfudah

      Akhirnya bgmn apakah sudah menerim barang mba Sisca? Karena saya mengalami hal yg sama. Tak pernah menerima paketnya tapi ditracking sudah tertulis diterima oleh saya. Gimana ini ya parah banget

  • syifa

    kok saya ada order tapi belum sampai” juga udh 2 hari di sini tulisan nya terjadi kendala dalam pengiriman, disuruh hubungi call center. parah bgt udh gamau lagi lah aktifin grab
    parcel di tokopedia, ga enak di keluhin customer terus

  • Oriza Ramadhani

    Waduh.. saya jadi takut nih.. masalahnya saya baru order barang pake grab parcel next day. Saya bayar hari kamis (22/6) jam 10 malam lalu kemarin Jumat pagi (23/6) penjual bilang barang sudah di pick up. Tapi semalam saya pergI dan baru pulang jam 9 pagitadi. Baca comments tentang review nya biki saya takut soalnya barang saya belum sampai juga.. padahal lebaran mau dipakai 🙁

  • adi pratomo

    sama gan nasib ane. sebelas duabelas. udah 4 hari 3 malam, nasib barang msh ngga jelas….

  • Nisha

    Sehh sial. Aku lagi ngalamin nih. Udah 4 hari. Tadinya gosend 2 kali cancel terus. Abis itu ganti grab parcel sampai sekarang on process terus. Yakali sesama jakarta nyampe makan waktu 2 hari. Padahal grab same day. Wtf

    • Lulun Bidangan

      udah sampe blum barangnya gan?

      • Nisha

        Belom gan, total sampe hari ini paket saya 8 hari dr pemesanan belom terkirim. Saya order dr tgl 2 tp smpe sekarang ga jelas. Sy udah email ke pihak grab parcel juga tp ga direspon. Tanya ke penjual di topednya juga sma aja. Ga jelas.

        • Lulun Bidangan

          status pemenasan gimana gan?
          udah dapat no. resi apa blum?

          ane juga kemarin 07/07 pesan barang
          pick upnya hari ini 08/07
          browsing2 soal grab parcel ternyata nemu review kyk gini
          apes dah

          • Nisha

            Jd gini kronologinya. Sy pesen tgl 2 malem. Kemudian tgl 3 sore sya transfer. Sy sebenernya pake jasa gosend tp dr tgl 3 s/d 4 status sudah 2 kali cancel oleh gosend padahal resi gosend sudah muncul. Kemudian pengiriman di ganti menjadi grab parcel same day pd tanggal 5. Sy ga tau yg mengganti dr pihak seller atau tokopedia, yg jelas tgl 5 resi grab parcel sudah muncul dgn status tunggu pickup kurir. Tetapi sampai dengan sekarang tgl 8 Juli barang saya belom juga sampai. Status di tracking tokopedia terakhir adalah ada kendala dlm pengiriman dan harus telp ke cust service grab parcel. Pertanyaan saya ini yg ga beres pihak seller, pihak tokopedia atau pihak grab yahh. Masa iya belanja sesama jakarta sampai 6 hari belom sampai. Dan ga yakin juga besok atau lusa barang saya akan sampai.

          • Lulun Bidangan

            waduh. ane juga sama. hari ini status pemesanan berubah “terjadi kendala dalam pengiriman.” Update terakhir di pelacakan pun “failed.”
            Dari pihak Grab Parcel, katanya failed itu karna driver belum dapat barangnya. Ane jadi bingung itu nomor resi sebenarnya dari tokopedia apa dari grab. Nomor resi udah ada dari 08/07 padahal. Kemudian, saya diarahkan hubungi call center Toped. Malah gak bisa dihubungi. hadehhh

          • alfons ferari

            Sudah sampai blm barangnya

          • Lulun Bidangan

            kalo ane udah sampai
            rada ribet krn mesti kirim dua kali
            kendala di driver yang gak tau alamat dan gak nelpon penerima. barang jadinya di-drop lagi ke warehouse. dan itu yg makan waktu. untung kemarin ane telpon berkali2

  • Ibnu ali anwar

    Sama gan.. Saya jg pake grab parcel same day 1hari status di tokped na ga jelas masih dlm pencarian driver. Iya aja dijakarta cari driver grab ampe seharian ga dpt. Parahhhh

    • Lulun Bidangan

      udah sampai blum barangnya gan?

  • alfons ferari

    Dear all Customer,

    Pernahkah anda mengalami seperti yg kami alami,
    saya adalah salah satu driver yg bergabung di grab parcel untuk wilayah tangerang.

    Saya tidak membela siapa2 ini sekedar informasi biar konsumen tidak hanya bisa menyalahkan kurir padahal bukan kesalahan kurir.

    Perlu diingat, semua driver grab belum tentu adalah driver grab parcel.

    Konsumen memiliki jadwal kami juga memiliki jadwal, tiap pagi kami bersusah payah menyusun rute antaran kami, jika ada aja 1 tujuan yg menghambat akan menghambat sampai tujuan terakhir.

    Batas pengiriman lokasi kantor max sebelum pulang kantor dan untuk perumahan jam 8 malam.

    Dari pengalaman saya sitangerang return barang tidak terkirim tidak lebih dari 5 persen dan rata2 itu cancel konsumen

    Kendala yg banyak menyebabkan terkendalanya paket terkirim :

    1. Alamat kurang jelas
    Memang betul consumen menyebutkan nama jalan, tp banyak yg lupa menyebutkan nomor rumah, jika perkantoran lupa menyebutkan lantai berapa dan bagian apa. Jika no rumah tidak ada harap cantumkan patokan

    2. Nama tidak dikenal
    Inilah yg paling super duper konyol, apakah anda merasa menggunakan nama asli anda atau nama asli dilengkapi dengan nama panggilan, beberapa kasus kami kirim paket nama tidak dikenal, ada yg pakai nama anak, nama asli siapa ternyata dilingkungan dikenal dengan nama panggilan, ada juga nama yg super alai ( nama putri di paket tertulis fru-tea) jadi pastikan anda cantumkan nama asli dan nama panggilan

    3. Nomor telp tidak bisa dihubungi
    Banyak diantara consumen yg tidak mencantumkan no telp utama, yg dicantumkan adalah nomor telp yg dipakai untuk data dan di setting LTE (alias 4G only) INGAT 4G only tidak bisa ditelp, 4G hanya khusus data.

    4. Security tidak mau menerima titipan paket
    Banyak kasus diperumahan (rumah kosong) dan di perkantoran, security tidak mau menerima titipan paket jika tidak ada konfirmasi dlangsung dari konsumen, bagaimana mau konfirmasi jika ditelp tidak bisa.

    5. Cod
    Banyak konsumen dengan enaknya mengabaikan sms/telp dari kami, karena nomor ga dikenal jadi ga mau angkat, setelah kami bersusah payah mencari alamat, dengan gampangnya menjawab pak bisa kembali lg orangnya pulang kantor jam 6 malam sampai rumah, maaf pak saya keatm dl, maaf pak dana blm siap, LEBIH parah lg pak besok kembali lg ya, pas esoknya kembali, maaf pak sudah saya cancel ke penjualnya.

    Kendala pickup
    1.barang belum siap
    Ini banyak sekali terjadi, ketika seller sudah request pickup ternyata barang blm siap, ini sangat berpengaruh dalam proses pengiriman, request pickup jam 11 siang eh seller bilang pak nanti datang lg ya habis makan siang, untuk next day maybe no problem, untuk same day sangat bermasalah.

    2. Lokasi seller kosong
    Driver sudah sampai lokasi ternyata seller tidak ada ditempat dihubungi tidak menjawab, dan menjawab setelah siang

    3.seller tidak hanya jualan
    Banyak seller yg bekerja sebagai orang kantoran, dan yg ada dirumah tidak paham mana yg harus kami ambil,malah kadang barang blm disiapkan sama sekali

    Mohon maaf jika informasi yg saya berikan membuat ada yg tersinggung.

  • Irfan Ramadhan

    agan dan aganwati yg barangnya bermasalah udah pada sampai belum?
    kaya saya juga kena apes grab parcel nih 🙁

    • alfons ferari

      Klo boleh tau apesnya kenapa bang irfan, pemesanan kapan layanan apa same day next day, alamat kirimnya ke kantor apa rumah

  • isa ardin

    ada yg tau g, warehaouse grab parcel..?
    Hampir sama kasus nya, cuman di system-trackernya menyebutkan barang on hold werehouse..

    • coba tanya lewat twitter, facebook, atau istagram mereka ajah mas, harusnya dibales sih

      • alfons ferari

        Untuk wilayah mana kak, gudang pusat ada dicilandak kko

  • Muhammad Nur

    udah firasat gak enak make ini mending go send sih , anehnya kaya ada kejanggalan gak di pick up / tiba” terjadi kesalahan selama dari proses pickup jam 9 – 13 saya kontak seller gak di bales , cuma sedangkan saya liat di toko dia ada diskusi orang lain yang ingin membeli langsung di bales , sedangkan saya gak di bales” , anehnya disitu -_- , pesan saya gak di bales” , mana mesen same day lagi

  • Indra Herdian

    Parah Grab Parcell emang ….ane juga udah jadi korbannya

  • Agung Nugroho

    Sebelum curhat begini, mestinya dipahami dulu cara kerja grab parcel next day. Karena yg anda menunggu paket di hari saat paket di pick up dari seller. Itu jelas sia-sia. Karena hakekatnya anda menunggu di same day.

    Kedua, klo mmg butuh cepat harusnya diskusi dan chat dulu dgn seller, sanggup atau tidak. Gitu. Klo gak sanggup, ya cari seller lain yg sanggup. Baru order. Sebab karakter dan respon tiap seller tidak sama.

    Sekali lagi, ini kesalahan anda sendiri. Tidak pantas grab parcel next day, apalagi dgn tarifnya yg hanya rp 5000 itu anda rusak nama baiknya. Belanja online juga butuh ilmu, butuh pengetahuan. Bukan berdasar asumsi anda pribadi. Klo ada yg belum dipahami, bertanyalah. Jangan langsung bikin tulisan begini…..

    • Ini adalah pengalaman pribadi saya pak dan saya bagikan agar orang lain paham cara kerja Grab Next Day. Kenapa? Yaa seperti yang saya jelaskan di awal bahwa aturan main dari Grab Next Day ini tidak ada dimana-mana bahkan di situs resmi GRAB sekalipun. https://uploads.disquscdn.com/images/d1e0cf3cf0504e3a1f09dbd7f510ccc732feea6ee2e7992c8362e7addb9c2624.png

      • Agung Nugroho

        Ini logika sederhana masbro, hari ini di pick up, next day diantar. Ini bisa anda tracking via tokopedia.

        Status tracking juga menunjukkan dimana posisi barang pesanan anda, jelas di status tracking ada disebut pick up, sampai di warehouse, dan seterusnya sampai delivered. Jadi mestinya sebelum 2 hari, tunggu saja.

        Toko online juga bukan robot, ada manusia yg memproses, packing, dan request grab parcel. Ada yg fokus jualan online sehingga responnya cepat, dan ada yg sekaligus jualan offline. Ada yg serius jualan, ada yg masih jadi sambilan, dsb. Tidak bisa pukul rata. Dan harus paham segala konsekwensi dari belanja online.

        Saya kira cukup, saya tidak membela atau menjudge siapapun, saya hanya sarankan cari tau dulu sistemnya. Sebab ongkos 5rb itu bisa diterapkan hanya dgn sistem warehousing, ada driver yg pick up dan bawa ke warehouse, besoknya ada driver lain yg ambil dari warehouse untuk diantar ke konsumen.
        Lebih kurangnya saya mohon maaf.

  • Growtopia Win

    Ini juga pengalaman sial saya pake grab parcel sma bayar yg sameday,harusnya smpe di hari yg sama,alhasilll pembodohaaan konsumen,dimana barang ga nyampe”!!!!! Udh kirim email ga dibls oleh pihak grab parcel,tlfn k’call center b’x” jwabnnya sma,pembodohan konsumen smua!!!! Mnrt saya kinerja grab parcel bobrokkk,cukup 1x saya nyobain grab parcel,ketahuan pakai JNE lbh cpt smpaiii!!!

    • HyperXT

      Setuju banget pelayanan Grab memang mengecewakan. Curhat pengalaman pribadi masa kiriman saya same day yg harusnya udah tiba 3 jam setelah pengiriman baru tiba berjam-jam lewat dari 3 jam telat banget. No hp supir Grabnya jg tidak bisa dihubungi lagi parah. Mendingan saya pake GoJek lain kali pelayanannya lebih baik & cepat menurut saya.

  • momo

    ni sial bgt,,, ga ada yg dtg ga ada telpon tiba2 di toped trtulis tidak ada org d rmh,, shit lah… telpon k call center ngasi nmr tlpon team nya ga d angkat… puih

  • Azarusca Azarucy

    namanya juga next day (next = selanjutnya ; day = hari) NEXT DAY = HARI SELANJUTNYA, JELAS TEPAT DAN TIDAK NEKO2…. ini sih bukan anda yg sial, tapi tokopedia dan grab yang sial ketemu org ga ngerti arti kata NEXT DAY. it’s just common logic bro… -_-

  • Abhoel

    Masalah kendala di lapangan saya paham, apalagi menyangkut takdir seseorang untuk “sial” atau “apes”. Komen saya 1 : CS Grab dan Grab Parcel sama sekali tidak membantu. Boro – boro membantu, nyambung aja susah.

  • AsraTech

    Haduh NEXT DAY = Hari Berikutnya, berarti gak bakal dikirim hari itu juga, dibaca dulu ketentuan Grab Parcel Next Day dan Same Day baru tulis artikel

    • salah yaa kalau saya menulis tentang pengalaman saya? Ini saya berbagi kepada teman-teman yang lain agar paham juga. Karena saya sendiri sebelum memilih jasa ini cari-cari informasi dan hasilnya? zonk… tidak ada web tentang aturan main dari Grab Next Day ini

  • clasher clan

    pada keterangan dibawah jelas tertulis pick up = penjemputan, delivery = pengiriman…ada 2x proses yg melibatkan driver..

    dan dr keterangan anda sendiri yg anda dpt dr tokopedia “Karena saya sudah agak bingung jadi coba telpon Tokopedia ajah langsung. Nah di sini yang mbak-mbak Tokopedia bilang bahwa untuk Next Day kurir mengambil barang ke penjual dan ditaruh di warehouse sampai ada beberapa agar sekalian”

    sudah jelaskan smuanya…seharusnya curhatan spt ini tdk perlu di publikasikan…disimpan aja dlm hati…

    dan untuk pihak2 yg blg grab parcel beginilah…begitulah….buktikan dgn screenshoot…
    sy bkn dr pihak grabparcel atau dr tokopedia…

    memang spt itulah resiko belanja online..

    sy berharap yg membaca curhatan si mas nya lbh dewasa dlm menyikapinya….

    • nah itu dia, cerita saya di sini adalah sebagai user experience karena tidak ada nya ketentuan mengenai Grab Parcel Next Day. Segala masukan tetap saya terima, saya tidak menjelekkan Grab atau Tokopedia karena hampir setiap hari saya selalu menggunakan ke dua penyedia jasa tersebut. Namun inilah yang terjadi terutama pada nomor telepon Grab yang tidak bisa dihubungi.

      Setelah kejadian ini dari tokopedia sendiri menelpon saya dan menanyakan masalah yang terjadi. Cuman yaa saya juga penyedia jasa dan mengerti bahwa pasti bakal ada yang “miss” dalam sebuah sistem. Jadi dinikmati saja.

  • teguh

    sama kaya yang saya alami skrng , saya pakai grab next day . penjual bilang udah dikirim tp kok sampe malem barang ga dateng2 .

    • HyperXT

      Oh gitu ya makasih buat infonya pak, kalo begini saya kapok deh pake jasa pengiriman Grab Parcel. Sistem kerjanya ngak sesuai ketentuan parah, mohon kalo ada pihak Grab yg membaca artikel ini ditingkatkan lg dong pelayanannya, masa kalah sama saingan sebelah.

Close