Amal Abadi

Tempat bertapa gratis bagi calon dewa IT

Menjadi seorang master atau dalam suatu bidang merupakan impian semua orang. Tetapi ada kalanya setelah lulus sekolah (rata-rata SMA) banyak yang larinya tidak ada arah juga. Entah karena ingin kuliah namun tidak ada biaya atau ingin kerja namun tidak memiliki kemampuan yang cukup.

IDN Foundation

Bagi teman-teman yang jurusannya TKJ harusnya rata-rata sudah kenal dengan IDN atau biasa dibilang ID-Networkers. Karena sudah banyak sekali kontribusi mereka ke dunia pendidikan khususnya SMK. ID-Networkers yang merupakan tempat training yang bertempat di Jakarta.

Pesantren IT dari IDN Foundation yang bertempat di jonggol tempat ini membebaskan biaya seperti makan, asrama, training, buku, dan lainnya. Selain itu teman-teman juga akan mengikuti sertifikasi internasional serta belajar langsung dari para praktisi dan trainer.

Pesantren ini sudah banyak menciptakan orang-orang keren khususnya dalam bidang IT Infrastructure karena memang awalnya pesantren ini pertama kali khusus Network. Contohnya adalah Untung Wahyudi yang saat ini menjadi Trainer MikroTik termuda di dunia. Adalagi Aries Sadewa yang sekarang sudah bekerja di luar negeri menjadi Network Engineer.

Tersedia beberapa program di tempat ini termasuk training gratis bagi Guru & Dosen, SuperHuman Project. Namun untuk kalian yang baru lulus SMK/SMA bisa memilih program berikut ini:

  • Pesantren Networkers
  • Pesantren Programmer
  • Pesantren Programmer Muslimah

Satu tambahan terakhir yaitu ketika seleksi kalian akan disuruh mengerjakan tugas, terakhir saya tau membuat modul tentang BGP gitu deh. Jika berminat dan ingin mencari info terutama pembukaan teman-teman bisa akses situs nya di idnfoundation.org atau ke grup facebook IDN Foundation

Pondok Jaringan

Sesuai dengan namanya tempat yang satu ini fokus ke bidang jaringan. Pondok Jaringan dibawah oleh Best-Path Network. Kalau dari teman-teman TKJ gak tau Best-Path Network mungkin kalian akan kenal dengan buku yang satu ini

Di Pondok Jaringan kalian akan mendapatkan pendidikan sebagai teknisi jaringan, komposisi yang seimbang antara LAB + MATERI, sharing dengan master IT, dan belajar menjadi instruktur tempat training. Salah satu orang yang akan mengasuh kalian di Pondok Jaringan adalah Danu Wiyoto, CCIE RS #48413 yang sudah sering muncul dimana-mana. Di Pondok Jaringan teman-teman akan mendapatkan akomodasi seperti makan dan tempat tinggal gratis.

Untuk persyaratannya sendiri kalian wajib BUKAN PEROKOK, tidak pacaran, minat belajar yang tinggi, bersedia mengikuti pendidikan ini selama 1 tahun, maksimal umur adalah 20 tahun jadi kalau yang udah tua-tua gak bisa yaa. Nah jika kuota nya banyak peminat maka kalian yang berada dari luar JABODATEK akan diutamakan loh.

Kalau berminat dan ingin mencari informasi lebih kalian bisa ke situs www.bestpath-network.com atau chat ke saya di www.facebook.com/ariyolo.id karena saya juga salah satu supporter untuk perekrutan hehehe

Pondok IT Group

Kenapa saya bilang GROUP? Karena ini jadi satu naungan dan biar sekalian mengulasnya. Gerakan yang diusung oleh Rulli Indrawan ini awalnya cuman 1 pondok saja tapi sekarang sudah melebar kan sayapnya menjadi :

  • Pondok Programmer
  • Pondok IMERS (Internet Marketing)
  • Pondok Multimedia
  • Pondok Cyber

Lokasi pondok ini tidaknya semua sama namun tetap masih berlokasi di Yogyakarta. Sama dengan tempat yang sudah saya sebutkan sebelumnya, di sini juga gratis akomodasi. Satu hal yang menjadi sorotan saya adalah Pondok IT ini bekerjasama dengan perusahaan besar salah satu yang sering di upload oleh pemiliknya sih TIKET.COM Pelatih di tempat ini saya bilang sih keren dan dewa. Contoh saja di Pondok Cyber salah satu pelatihnya adalah Dimaz Arno dari Ethnic Ninja yang pernah menemukan bug di Tokopedia.

Bagi teman-teman yang berminat dan butuh informasi lebih lanjut silahkan cari sendiri atau chat ke link berikut ini:

Pondok IT Al-Madinah

Nah pondok yang satu ini berasalah dari Yogyakarta juga yaitu berada di Pakem Tegal, RT 37, Pakembinangun, Pakem, Sleman. Tidak banyak informasi yang bisa dapatkan tentang pondok IT ini karena saya juga baru tahu. Tetapi sesuai dengan informasi dari web resminya, output nya adalah orang yang bisa web programming, web design, mobile programming, design grafis, dan video editing.

Waktu bertapa di tempat ini adalah 2,5 tahun dan selama di sini kalian tinggal di asrama. Kalau untuk urusan konsumsi bagian kalian yang mampu membayar Rp 250.000,-/bulan dan bagi yang tidak mampu 100% gratis. Namun untuk yang tidak mampu syaratnya adalah bukti dari RT/RW tempat kalian tinggal

Untuk informasi lebih lanjut tentang program ini silahkan bisa ke www.pondokit.org

MIT School

MIT di sini bukan Massachusetts Institute of Technology tetapi Madani International Technology. Program ini dibawahi oleh PT. Dhezign Online Solution, yaitu Digital Agency yang berada di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Lamanya bertapa di tempat ini adalah 3 tahun. Kalian bisa memilih ingin bertapa di program berikut ini:

  • PHP Developer
  • IOS Developer muslimah
  • Android Developer

Untuk akomodasi saya belum mendapatkan informasi namun untuk pendidikan semuanya gratis. Kalau yang berminat silahkan bisa ke www.mitschool.co.id

QODR

QODR (read:coder) merupakan singkatan dari Quality Muslim Codr. QODR sebenarnya masih baru, karena baru mulai tanggal 30 Agustus 2016. Fokus tempat ini adalah Web Programming, Mobile Programming, dan Graphic Design. Untuk akomodasi seperti penginapan dan konsumsi oleh QODR disediakan gratis.

Untuk pembelajarannya sendiri memakan waktu 6 bulan untuk pendidikan dasar dan waktu belajar keseluruhan adalah 3 tahun. Saya tidak mengerti sih maksudnya bagaimana namun sepertinya 6 bulan ini adalah masa percobaan kalian cocok atau tidak di sini.

Saat ini pendaftaran belum dibuka tetapi coba pantau terus saja di website resminya www.qodr.or.id

Orang baik itu banyak yang ingin membantu, tinggal kita saja mau bergerak atau tidak. Semoga Makin jaya dan makin sukses wahai para relawan 🙂

Rona Ariyolo

Seorang IT Infrastructure Enthusiast yang gemar berkecimpung di dunia pendidikan. Selain di blog aktif juga memberikan informasi di media sosial terutama instagram (story).

Artikel Terkait

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker