Opini

Lulusan TKJ Bagus Kuliah Jurusan Apa?

Hmm sudah masuk awal tahun dan pertanyaan tahunan di forum-forum siswa SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan atau TKJ, yaitu “Lulus TKJ bagus ambil kuliah jurusan apa?” atau kalau lebih luas lagi maka menjadi “Lulusan TKJ masuk Universitas mana?“. Karena cukup gregetan juga melihatnya maka saya tulis ajah biar sekalian kalau ada yang tanya lagi tinggal kasih link nya ajah hehe.

Mari kita awali dengan sebuah pertanyaan untuk apa kuliah? Dengan pertanyaan seperti itu maka akan muncul 2 jawaban klasik yaitu mencari ilmu dan mencari gelar. Ada jawaban lain selain itu? silahkan komentar.

Lalu jurusan yang cocok apa? Kita coba lihat dulu yaa jurusan atau program studi terkenal yang berhubungan dengan IT, ada Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, dan Sistem Komputer. Kita tidak akan membahas perbedaannya apa namun yang pasti mereka berbeda. Diluar jurusan yang saya sebutkan tadi sebenarnya masih ada namun mirip-mirip saja.

Nah, kita kembali lagi ke fokus utama yaitu jurusan rekomendasi bagi anak TKJ yang ingin tetap sejalur dengan jurusannya ketika SMK. Kalau niat kalian adalah ingin mempelajari kembali serta lebih mendalami lagi dengan dunia TKJ maka solusi pertama ketika di Perguruan Tinggi adalah mengambil jurusan yang Teknik Komputer dan Jaringan, caranya adalah dengan mengakses situs Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dan cari jurusan dengan kata kunci jaringan maka akan muncul data seperti di bawah ini

Nah kalian bisa pilih tuh mau masuk Perguruan Tinggi mana yang jurusannya sesuai dengan kalian. Jenjangnya juga ada S1 atau Detonasi 1 sampai 4. Selain itu kalian juga bisa melihat profilnya dengan klik nama jurusannya. Informasi yang diperoleh itu kurang lebih seperti ini

Saya tau ada beberapa teman yang menyimpan pertanyaan di jurusan jaringan tadi kok ada yang embel embel Multimedia atau yang lainnya. Nah memang saya belum selesai menjelaskannya dan kita akan masuk ke Cara kedua  yaitu menentukan jurusan yang cocok.

Di awal saya beritahu bahwa jurusan IT itu kan ada banyak. Nah selain ada banyak sesama jurusan yang sama namun beda kampus, pelajarannya atau biasa disebut mata kuliahnya beda loh. Sedikit catatan bahwa dalam satu jurusan pada satu kampus saja antar mahasiswa bisa beda mata kuliahnya karena adanya Konsentrasi. Untuk konsentrasi itu ada beragam seperti Database, Jaringan, Programmer, dan lainnya dengan nama beda-beda.

LALU BAGAIMANA CARANYA? JANGAN BERTELE-TELE!!!!

Hehehe sabar teman-teman, caranya adalah silahkan lihat mata kuliah apa saja yang akan kalian pelajari jika ambil jurusan pada kampus tersebut. Saya contohkan dengan jurusan Teknik Informatika di Institut dan Sains Teknologi Al-Kamal seperti di bawah ini:

Hihihi bisa lihat sendiri kan bagaimana kalau teman-teman ambil jurusan Teknik Informatika di kampus tersebut? Mata kuliah jaringannya hanya 2, itupun 1 nya praktikum. Kondisi ini juga kejadian di kampus-kampus lainnya. Saya bukan “memojokkan” kampus Al-Kamal loh yaa, sekali lagi INI HANYA CONTOH.

Sekarang kita coba bandingkan dengan jurusan Teknik Informatika dengan konstrenasi Cyber Security di Universitas Bina Nusantara

Nah kelihatan kan perbedaan dari jurusan Teknik Informatika pada kedua Perguruan Tinggi tersebut?

JADI INTINYA APA???

HEHEHE jadi kesimpulannya adalah kalau anak SMK TKJ pengen kuliah lalu jurusan dan perguruan tinggi nya ingin sesuai dengan harapan silahkan sebelum daftar tanya dulu mata kuliah yang akan dipelajari, karena selain setiap perguruan tinggi memiliki perbedaan konsentrasi calon mahasiswa juga sering tidak tahu apa yang mereka  akan pelajari. YANG PENTING JURUSAN IT.

Artikel Terkait

  • lulusan multimedia enaknya jurusan apa selain broadcast dan dkv / animasi ???????

    • jurusan manggarai – bekasi wkwk…
      multimedia yaudah di situ ajah, toh secara keseluruhan antar 1 univ dengan univ yg lain sama mata kuliahnya

  • mashudi

    tolong diganti ya jawaban “untuk apa kuliah?” sebenarnya bukan dua jawaban klasik, tapi ada 3 jawaban klasik, cari ilmu dan pengalaman, cari gelar, dan cari jodoh.

    • masa sih? yakin ada jodohnya di kuliahan :p

      • mashudi

        ya kali aja, namanya juga nyari :v

  • Riski Saputra

    Menurut saya yaa mas,
    ini menurut saya lho mas..

    Kuliah itu menjadi wadah untuk membentuk pola pikir dan kemadirian.
    Jadi terlepas mata kuliahnya apa itu nantinya akan berguna juga “suatu hari nanti”

    Tapi kalau memang mau fokus mending kursus mas lebih enak.
    jadi kita kursus yang kita minati aja.

    • itu benar juga… namun kan ini fokus ke jurusan yang sesuai dengan TKJ. Karena banyak yang mengeluh ketika kuliah teryata tidak sesuai ekspektasi

    • Arka Mind Mast

      “Bu belajar menghitung luas gunung dan tinggi tiang bendera di mtk buat apa ?” “Suatu Hari Nanti akan berguna Nak!” (y)

    • Roby Ahmad Husain

      iya kursus emang kualitasnya lebih baik sih dari pada kuliah, karena mereka benar benar niat mengajari sampai bisa, berbeda dengan kuliah dimana kita yg mti matian cari bahan sedangkan dosen jarang masuk atau apalah biasanya. namun pada prakteknya skrng susah mencari pekerjaan yg layak karena orang menerima minimal s1 atau d3, namun tidak memandang sebelah mata bagi yang ingin berusaha mengembangkan bakat sendiri dan menjadikannya ladang usaha

  • Hendra Ibaraki

    hmm cocoknya apa yahh???
    -computer sciece (ilkom)
    -networking (Teknik informatika)
    mungkin dua diatas agak lebih cocok.
    karena TKJ ilmunya yahkomputer dasar, jaringan dasar dan membangun server dasar
    jadi tidak ada penguasaan ilmu secara luas. Makanya, TKJ kalo gak kuliah lagi agak kurang walaupun dapat menjadi teknisi untuk berbagai bidang.

    • hehe TKJ juga gimana sekolahnya, ada kok sekolah yang ilmunya expert di satu bidang karena memang lagu spesialisasi.

      • Hendra Ibaraki

        yah sekarang sekolah saya cuma yang dasar-dasar saja. tanpa spesialisasi tertentu. nah, menurut rekomendasi anda, saya harus melanjutkan ke jurusan apa?

        • kalau itu monggo mas sendiri yang menentukan. Tergantung mau jadi apa, kalau sudah cari jurusannya dan jangan lupa lihat kurikulumnya agar tahu apakah sesuai atau tidak dengan yang diinginkan

    • Roby Ahmad Husain

      teknik informatika agak kurang cocok dengan lulusan tkj, krna pasti terkejut karena mata kuliah yang banyak berhubungan dengan programming bukan jaringan dan komputer. namun jika menyesuaikan pasti bisa cocok sih namun agak susah move on

  • Hendra Ibaraki

    hmm cocoknya apa yahh???
    -computer sciece (ilkom)
    -networking (Teknik informatika)
    mungkin dua diatas agak lebih cocok.
    karena TKJ ilmunya yahkomputer dasar, jaringan dasar dan membangun server dasar
    jadi tidak ada penguasaan ilmu secara luas. Makanya, TKJ kalo gak kuliah lagi agak kurang walaupun dapat menjadi teknisi untuk berbagai bidang.

    • hehe TKJ juga gimana sekolahnya, ada kok sekolah yang ilmunya expert di satu bidang karena memang lagu spesialisasi.

      • Hendra Ibaraki

        yah sekarang sekolah saya cuma yang dasar-dasar saja. tanpa spesialisasi tertentu. nah, menurut rekomendasi anda, saya harus melanjutkan ke jurusan apa?

        • kalau itu monggo mas sendiri yang menentukan. Tergantung mau jadi apa, kalau sudah cari jurusannya dan jangan lupa lihat kurikulumnya agar tahu apakah sesuai atau tidak dengan yang diinginkan

  • Roby Ahmad Husain

    aku yang sedang kuliah di jurusan teknik informatika agak merasa menyesal memasuki jurusan ini, karena skill yang biasa aku pelajari disini agak jarang terpakai karena aku lulusan TKJ dan lebih banyak bergelut di bidang komputer dan jaringan, sedangkan teknik informatika malah banyak membahas tentang teknik pemprograman, matematika yang tentunya agak jauh dari skill yang dipunya anak tkj walau masih lumayan memahami. lebih baik memasuki jurusan seperti networking saja, kalau ilmu komputer juga kurang lebih seperti teknik informatika karna beda cuman lebih banyak ilmu komputer dalam hal ilmu.

    • bagaimana dari kurikulum nya, setiap perguruan tinggi memiliki kurikulum (konsentrasi) yang berbeda-beda. Ada juga kok Teknik Informatika yang belajarnya seputar keamanan 🙂

Close