Kontes

Perubahan Indonesia karena Teknologi

Dalam sejarah dunia ini ada yang namanya MASA atau JAMAN. Yang membedakan antar satu jaman dengan jaman lainnya adalah perkembanga, terutama perkembangan teknologi. Mengapa? Karena dengan adanya perkembangan teknologi maka perilaku manusia antar jaman menjadi berbeda. Lalu bagaimana dengan perkembangan teknologi di Indonesia saat ini? Apa yang kita rasakan dengan penerapan teknologi sehari-hari? Saya akan coba ulas dengan membagi dalam berbagai kategori ?

? BELANJA ?

Dulu orang takut sekali untuk belanja  karena takut dengan yang namanya penipuan (termasuk saya sendiri). Maka dari itu para pedagang membuat platform yang dapat membuat aman para pembeli dengan membuat toko daring yang benar-benar serius”. Tetapi ada satu kendala yaitu dana pembuatan dan operasional yang tidak sedikit ?.

Namun itu dulu, saat ini para pedagang yang ingin menjual dagangannya secara daring sudah tidak perlu ribet lagi. Karena saat ini ada yang namanya marketplace seperti Tokopedia & Bukalapak yang dimana kita bisa menjual barang tanpa harus mengeluarkan uang (secara umum).

Di sisi pembeli juga dapat merasakan aman karena ketika belanja ada prosedur yang membuat pembeli nyaman. Pembeli bisa memastikan terlebih dahulu apakah barang sesuai atau tidak, dan jika tidak sesuai maka pembeli dapat melakukan klaim. Jadi tidak ada lagi rasa takut dalam belanja daring ?.

.

? PENDIDIKAN ?

Bagaimana cara teman-teman untuk belajar? Kebanyakan pasti menggunakan cara konvensional dengan masuk ke dalam kelas ?. Namun dengan adanya teknologi sektor pendidikan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Saat ini untuk mengikuti pelatihan, kursus, bimbel, dan sejenisnya kita bisa melakukan secara daring. Jadi konten pembelajaran yang telah disediakan bisa kita akses dimana saja dan kapan saja. Metode seperti ini sudah diterapkan oleh lembaga pelatihan atau bimbel secara mandiri atau mengajak pihak ketiga seperti Kelase dan KelasKita.

Tidak hanya pendidikan nonformal saja, bahkan pendidikan formal sekarang sudah merambah ke daring. Salah satu contohnya yang sudah diterapkan oleh Universitas Bina Nusantara dengan nama Binus Online Learning, dimana kita bisa kuliah untuk mendapatkan gelar tanpa harus datang ke kampus. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring, seperti tatap muka menggunakan Video Conference, tugas yang dikirim melalui surel, dan nilai yang bisa dilihat secara daring. By The Way saya dulu mahasiswa Binus Online Learning loh ?

.

? TRANSPORTASI ?

Untuk hal transportasi jelas dan pasti teman-teman telah mengetahuinya karena memang sektor ini paling terkenal dengan dampak yang telah dibuatnya. Penyedia layanan Transportasi berbasis daring seperti GO-JEK, UBER, dan GRAB saat ini telah menguasai sektor transportasi dan beberapa sektor yang memerlukan kendaraan transportasi ?.

Dengan menjamurnya penyedia transportasi daring dan banyaknya pengguna maka ada beberapa hal yang ikut berubah juga. Salah satu yang saat ini tenar adalah pemesanan makanan secara daring. Saya sendiri sudah sekitar 3 bulan menggunakan layanan ini dan cukup memuaskan karena banyak yang juga makanan yang bisa dipilih. Ini berarti para pedagang / pemilik usaha kuliner juga ikut berubah dengan adanya perkembangan teknologi.

Selain transportasi daring yang sedang hangat, kita jangan lupa juga perkembangan penerapan teknologi pada sektor transportasi yang ada di beberapa kota seperti Jakarta & Yogyakarta. Pernah dengar Transjakarta dan Transjogja kan? Nah metode pembayarannya kan menggunakan kartu tanpa uang tunai yang membuat proses masuk lebih efektif dan tidak ada pungli ?.

.

 ? PEMERINTAHAN ??

Sudah menggunakan E-KTP? Kalau kalian belum memiliki berarti harus berhati-hati karena sebenarnya mulai tanggal 1 Oktober 2016 ktp lama sudah tidak berlaku lagi. Nah E-KTP merupakan salah satu perkembangan teknologi di Indonesia pada sektor pemerintahan. Sistem E-KTP yang terintegrasi dengan berbagai departemen pemerintahan membuat segalanya mejadi terpusat dan bisa lebih mudah jika ada apa-apa ?.

Selain E-KTP ada juga bukti perkembangan teknologi di sektor pemerintahan yaitu aplikasi untuk mendukung Smart City yang bernama Qlue. Dengan menggunakan sistem yang dibuat oleh Qlue masyarakat bisa melaporkan dan mengetahui yang terjadi di kota tersebut. Para wakil rakyat juga bisa memantau perkembangan kota yang dipimpin melalui panel khusus. Saat ini Qlue bisa dibilang sedang sebagai maskot perkembangan teknologi pada sektor pemerintahan.

Untuk kepemerintahan sendiri apalagi di era Joko Widodo, perkembangan teknologi semakin terasa. Selain E-KTP dan Qlue ada juga fitur lapor.go.id. Selain melalui produk pemerintah juga memicu perkembangan teknologi dengan adanya gerakan 1000 Startup Digital yang memacu para masyarakat berlomba-lomba untuk semakin produktif.


Karena adanya perkembangan teknologi pada bidang dan akan terus berkembang ke bidang yang lain.maka sumber daya manusia juga harus berkembang. Sebuah sistem teknologi yang canggih tidak akan bisa berjalan dengan baik jika sumber daya manusia masih gaptek. Memang tidak mungkin untuk membuat semua lapisan masyrakat dari yang muda sampai tua untuk memahami teknologi, tetapi setidaknya yang muda harus paham dan bisa menciptakan ide yang berbentuk produk ?

Belum siap untuk mengimplementasikan teknologi? Teman-teman bisa mengikuti pelatihan di lembaga kursus seperti DUMET School. DUMET School adalah tempat Kursus Website, Digital Marketing, dan Desain Grafis yang berlokasi di Jakarta dan Depok. Dilatih oleh instruktur yang berpengalaman dalam bidangnya dijamin membuat kalian menjadi paham materi maupun praktik. Masih penasaran tentang DUMET? Silahkan buka www.dumetschool.com atau lihat kegiatan mereka pada video di bawah ini?

Indonesia sudah berkembang karena teknologi, maka kita harus bisa lebih mengembangkan dengan menyesuaikan ?

Artikel Terkait

Close