Amal Abadi

Cara Install telegram di Linux Ubuntu

Jika teman-teman adalah orang yang mengikuti perkembangan teknologi dan aplikasi perpesanan tentu sudah tidak asing dengan nama Telegram. Aplikasi terkuat sebagai pesaing WhatsApp ini banyak memiliki keunggulan yang tidak dimiliki WhatsApp, salah satunya adalah memiliki aplikasi berbasis Desktop. Desktopnya pun tidak hanya windows melainkan support juga untuk Mac & Linux. Nah untuk tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara install telegram di Linux khususnya distro Ubuntu.

Karena telegram saat ini adalah aplikasi hits jadi ada beberapa cara untuk memasangnya ke komputer.

Cara 1: Install telegram menggunakan SNAP

Ubuntu yang versi-versi baru (saya lupa tepatnya tapi kayaknya 16.04) memiliki aplikasi pengganti Ubuntu Software Center yang disebut dengan SNAP atau kalau di menu sih Ubuntu Software. Nah untuk cara instalasi dari SNAP kalian tinggal buka saja Ubuntu Software lalu cari telegram di kolom pencarian. Kalau sudah ketemu tinggal klik install ajah ?

Install Telegram via SNAP / Ubuntu Software

Kalau teman-teman lebih senang menggunakan versi CLI bisa juga dengan melakukan copy paste perintah di bawah ini pada terminal

Cara 2: Install telegram melalui PPA

Via PPA lebih mudah lagi karena terintegrasi langsung, teman-teman cukup menjalankan perintah di bawah ini pada terminal

Cara 3: Install manual

Cara ini adalah cara yang digunakan jika teman-teman tidak memiliki koneksi internet di PC. Jadi harus download dulu dari luar. Walau sebenarnya cukup dipertanyakan juga untuk apa memasang telegram kalau tidak ada koneksi internet ?. Sedikit catatan bahwa cara ini bisa digunakan di berbagai distro Linux. Untuk caranya silahkan langkah berikut ini:

  1. Silahkan unduh terlebih dahulu berkas yang ada di https://desktop.telegram.org/ dan pilih arsitektur Ubuntu kalian (harusnya saat ini rata-rata sudah 64 Bit).
  2. Setelah selesai mengunduh silahkan untuk klik kanan pada file tersebut lalu klik extract
  3. Copy folder tersebut ke /opt dan buka /opt/telegram/telegram untuk menjalankan aplikasi tsb.

Itu dia cara install telegram pada Linux Ubuntu, jika ada yang mau ditanyakan atau ada yang salah pada tulisan ini silahkan komentar di bawah ?.

Artikel Terkait

Close