Kontes

Cari Batik yaa ITC Permata Hijau

Batik, jika mendengar kata itu kebanyakan orang akan lansung terlintas dengan 1 kota yaitu Pekalongan. Walau sebenarnya produsen batik tidak hanya pekalongan saja namun memang momok pekalongan sebagai produsen batik tetap melekat dan memikat. Kalau mau tahu alasannya kenapa? Silahkan baca sampai artikel ini sampa selesai yaa ?

Kata Batik sendiri berasal dari 2 kata yaitu Amba yang berarti menulis dan Nitik yang berarti titik. Jadi batik itu adalah sebuah seni menulis (red: melukis) pada sebuah media kain. Namun karena perkembangan dunia fashion yang sangat cepat maka Batik identik dengan pakaian atau baju, padahal sebenarnya batik itu hanya kainnya saja ?

Saat ini sendiri sebenarnya batik sudah menjamur dan kita Indonesia perlu berbangga karena pada tanggal 2 Oktober 2009, batik Indonesia ditetapkan oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau dalam bahasa Indonesia artinya  Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Karena Batik Indonesia telah diakui secara internasional, dan memang banyak para petinggi negara-negara menggunakan batik saya juga dari kecil jadi senang menggunakan baju Batik. Cuman jujur saja, dari sekian banyaknya batik yang ada saya merupakan salah satu pencinta Batik Pekalongan, karena memang Batik Pekalongan adalah yang paling terkenal.

Alasan Batik Pekalongan Terkenal

Suatu karya akan banyak yang mencintai tentu karena kualitasnya bagus. Batik Pekalongan memang bagus, namun apa sih yang membuatnya lebih unggul daripada batik-batik lain? Nah berikut ini adalah alasan pribadi saya tentang hal tersebut.

MOTIF BERAGAM

Batik memang dikenal karena motifnya, nah untuk Batik yang berasal dari Pekalongan motifnya lebih beragam dibanding batik dari daerah lain. Ini disebabkan para pembuat batik menyesuaikan dengan budaya-budaya lain. Sebagai contoh bahwa batik Pekalongan memiliki motif yang diselaraskan dengan kraton cirebon, kraton mataran, bahkan sampai ada yang disesuaikan dengan negara lain seperti Belanda. Walau menggunakan motif untuk budaya lain tetapi batik asal Pekalongan tidak kehilangan ciri khasnya

TURUN TEMURUN

Jika sebuah rasa makanan tradisional yang paling nikmat adalah yang berasal dari nenek moyang dan turun temurun ke generasi selanjutnya, maka begitu juga dengan batik. Di wilayah Pekalongan membuat batik adalah mata pencaharian warga di situ. Hampir seluruh warga terutama yang di desa-desa memutuskan untuk menjadi pembatik bahkan turun temurun. Ini membuat batik Pekalongan walau sudah berganti generasi kualitas & motif nya akan tetap nomor 1.

SLANK

Tentu masyarakat Indonesia kenal dengan grup musik yang bernama SLANK. Dipercaya atau tidak SLANK membawa pengaruh besar terhadap larisnya penjualan batik khas Pekalongan. Band ini pernah membuat lagu yang saya sendiri sampai sekarang masih hafal sekali lirik depannya yang berbunyi “Kota batik di Pekalongan, Bukan Yogya, Bukan Solo“. Walau memang bukan sebuah lagu yang menceritakan tentang Batik secara khusus, tetapi lagi tersebut berhasil membuat fikiran masyarakat “kalau Batik yaa pilih Pekalongan pastinya”. Bagi teman-teman yang rindu atau penasaran bagaimana lagunya bisa lihat video di bawah ini.

Dengan segala keunggulan Batik Pekalongan yang membuat dia menjadi idola dan memiliki hati sendiri di masyarakat, membuat batik ini diburu oleh banyak orang. Tidak hanya fashionista saja, mulai dari anak sekolah, pemerintahan, bahkan sampai orang penting di negara pun ikut menggunakan Batik Pekalongan.

Jika teman-teman ingin ikut beruburu Batik Pekalongan juga salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi adalah ITC Permata Hijau yang merupakan Pusat Batik Jakarta. Di ITC Permata Hijau memiliki tempat khusus bagi orang yang berburu batik, karena di lantai 2 blok A dan D terdapat bertebaran para penjual batik. Tidak percaya? silahkan lihat daftarnya di bawah ini

toko batik yang ada di ITC Permata Hijau

Kok saya bisa tahu tentang hal ini dan bisa dapat foto “monumen” daftar toko batik tersebut? Kebetulan tanggal 18 Juni 2017 kemarin saya bersama teman-teman Blogger Jakarta mengadakan acara di Grand ITC Permata Hijau. Dan pada acara tersebut kami diajak untuk melihat-lihat sentra batik yang ada di sana. Saya sendiri cukup penasaran karena beberapa kali memang pernah dengar bahwa Grand ITC Permata Hijau merupakan Pusat Batik Murah Jakarta.

Dari tampilan awal pusat batik yang berada di lantai 2 kita sudah disuguhkan “pemandangan” yang menunjukkan bahwa ini benar-benar pusatnya batik. Kita akan disambut dengan sebuah tulisan Pusat Batik & Handicraft dan kita juga sudah bisa mulai melihat koleksi batik mengelilingi kita ?.

Oh yaa karena banyaknya toko di tempat ini sehingga besar kemungkinan kita akan mendapatkan Batik yang kita inginkan. Saya sendiri keliling hampir di setiap toko dan kalau dilihat-lihat antara 1 toko dengan toko lainnya tidak ada yang memiliki motif yang sama. Ada 1 toko yang isinya motif cerah semua, ada yang agak gelap, dan ada juga toko yang menyediakan batik dengan macam-macam warna.

Salah satu member Blogger Jakarta yang sedang memilih batik

Faktor selain tampilan yang bagus tentu bagi beberapa kalangan harga terkadang menjadi masalah. Nah enaknya di pusat batik Grand ITC Permata Hijau selain harga Batik nya memang sudah tergolong terjangkau, kita juga bisa mendapatkan banyak promo-promo yang sedang berlangsung. Dan karena banyaknya toko pastinya promonya juga beragam dan bagi kita pelanggan tentu ini adalah hal yang menguntungkan. Ketika saya ada di sana beberapa promo yang sedang berlangsung ada yang menyediakan batik dengan harga hanya Rp 50.000,- saja. Bahkan yang menarik lagi ada toko yang mengganti transport pembeli dengan beberapa ketentuan yang ada.


Jadi, tunggu apalagi? ayo segera berangkat ke Grand ITC Permata Hijau yang merupakan Pusat Batik Murah Jakarta. Ketika orang luar negeri sudah menggunakan batik, masa kamu gak mau pakai? ?

Artikel Terkait

Close