Amal Abadi

Cara memilih hosting yang bagus dan tepat

Memilih sebuah penyedia layanan hosting sangatlah penting bagi orang yang bergerak di bidang website termasuk seorang Blogger. Nah karena sudah banyaknya penyedia layanan hosting yang berjalan maka memilih hosting harus lebih cermat lagi. Karena banyak juga perusahaan hosting yang bisa dibilang “TIPU-TIPU” dalam layanannya. Maka dari itu saya coba kasih tips buat teman-teman sekalian tentang cara memilih hosting yang bagus versi RONA ARIYOLO.

Cara Memilih Hosting Yang Bagus

1. Lokasi Hosting

Regional sangat berpengaruh terhadap pemilihan hosting terutama kita yang berada di Indonesia yang memiliki kecepatan Internet ala kadarnya. Tentu kita sudah menentukan darimana target pengunjung berdasarkan konten yang kita buat. Jika sebuah website profil sebuah perusahaan yang dimana memiliki klien orang yang berasal dari Luar Negeri maka pilihlah hosting yang berada di luar negeri. Jika pengunjung berasal dari dalam negeri (Indonesia) maka pilihlah hosting yang lokasinya di Indonesia. Oh yaa saya bilang LOKASI DI INDONESIA loh yaa bukan PENYEDIA DARI INDONESIA, karena penyedia hosting Indonesia banyak juga yang HANYA memiliki server di Indonesia.

Mengapa ini sangat penting? Kalau teman-teman seorang Network Engineer harusnya sudah paham dengan IX (Internasional) & IIX (Lokal). Ketika kita mengakses situs yang diletakkan di luar negeri maka kita telah menggunakan jalur internasional. Dan untuk jalur internasional sendiri itu agak kecil bagi rata-rata internet kita. Saya langganan internet dengan harga diatas 20jt, paket tersebut menyatakan kecepatan lokal 100Mbps dan Internasional hanya 15 Mpbs.

Tampaknya terlalu sulit yaa membayangkannya? Saya buat simpel lagi deh, saya berada di Jakarta dan ingin berkunjung ke rumah saudara. Saudara saya yang bernama Jack berada di Singapura dan Toni berada di Bogor. Mana yang lebih dekat? Tentu Toni yang berada di Bogor. Ditambah lagi jalan ke Bogor lebih lebar dan dapat meminimalisir kepadatan lalu lintas.

2. Teknologi yang digunakan

Nah ini salah satu faktor bagaimana sebuah hosting dapat tercipta dengan baik yaitu teknologi yang digunakan. Walau penyedia hosting saat ini rata-rata menggunakan CloudLinux sebagai pengoperasiannya, tetapi ada juga loh yang nekat dengan membuat sendiri. Kalau ilmu nya sudah cukup sih tidak apa-apa tapi terkadang ada yang nekat agar menekan biaya produksi. Dari ini kita bisa tahu juga apakah web yang akan kita upload didukung oleh hosting atau tidak. Yaa siapa tau ajah ada teman-teman yang web nya dibangun pakai Perl tapi ternyata si hosting cuman dukung PHP doank.

Teknologi yang diperhatikan selanjutnya adalah perangkat keras yang mereka gunakan. Memang kita tidak akan melihat secara langsung bagaimana server mereka bekerja karena itu rahasia dapur. Namun kita bisa mengetahui spesifikasi yang mereka cantumkan di bagian deskripsi server mereka.

Tips : Bagi teman-teman pengguna CMS WordPress usahakan pilih menggunakan SSD jangan Harddisk

3. Garansi

Tips selanjutnya dari cara memilih hosting yang bagus adalah Garansi. Tidak hanya barang elektronik atau kendaraam bermotor saja loh yang punya garansi. Penyedia layanan hosting juga memiliki garansi yang sering disebut dengan UPTIME.

Ini sangat penting sekali teman-teman agar kalian tidak dipermainkan oleh penyedia layanan. Rata-rata UPTIME hosting di Indonesia adalah 99,9%, artinya jika melanggar maka mereka wajib ganti rugi dan biasanya adalah pengembalian uang.

Saya kasih contoh yaa, misal teman-teman membeli hosting selama 1 tahun (8560 jam)  dengan biaya Rp 300.000,-. Layanan hosting tersebut memiliki garansi UPTIME 99,9%. Maka dalam waktu 1 tahun tersebut maksimal penyedia hosting DOWN adalah 8,76 jam atau dibulang menjadi 9 jam. Lebih dari itu mereka harus ganti rugi sesuai kesepakatan yang macam-macam. Ada yang 1 tahun selanjutnya diberikan diskon, ada juga yang mengembalikan uang.

4 . Support

cara memilih hosting yang bagusSupport atau dukungan menjadi salah satu bagian dalam cara memilih hosting yang bagus. Kebayang donk bagaimana jika ada kendala pada hosting seperti username & password tidak berlaku. Atau ketika website diakses terasa lambat karena ada gangguan? Nah ini dia yang harus diperhatikan.

Pasalnya banyak penyedia hosting yang dipegang oleh perseorangan. Saya tidak menyudutkan mereka tidak profesional karena saya kenal beberapa orang yang single fighter tetapi keren. Saran saya sih kalian bisa melihat penyedia tersebut memberikan nomor telepon atau tidak. Ingat yaa nomor telepon bukan HandPhone. Kalau ada berarti ini bisa jadi salah satu tips penyedia layanan tersebut serius dalam berbisnis.

5. Testimoni Nyata

Kepuasan pelanggan adalah segalanya dalam menyediakan jasa, tak terkecuali jasa hosting. Teman-teman bisa melihat testimoni dari penyedia hosting tersebut. Kebanyakan sih mereka sudah mencantumkan pada halaman awal mereka namun yang ditampilkan pastinya cuman yang bagus-bagus saja ?

Saran saya untuk mencari testimoni nyata adalah dengan cara kunjungi social media mereka, nah dari situ baru diketahui penyedia tersebut banyak masalah atau tidak. Bisa juga dengan cara datang ke forum seperti Wordress Indonesia, PHP Indonesia, dan yang berhubungan dengan website lainnya.


Tips Tambahan: Cara Memilih Paket Hosting

Cara memilih hosting yang bagus selanjutnya adalah menentukan paket mana yang cocok bagi kalian. Nah kebanyakan orang akan termakan dengan harga yang jika dirata-rata semakin murah jika membeli paket yang lebih besar. Padahal INI SALAH.

Memilih paket hosting ditentukan oleh beberapa faktor, namun yang paling utama adalah Disk Space. Mengapa hanya fokus ke sini? Karena rata-rata penyedia hosting di Indonesia sudah memukul rata semua fitur nya dan hanya membedakan di disk space.

Mengapa diawal saya bilang salah membeli langsung paket yang paling besar? Sebenarnya sebagai pemilik website kita harus mengetahui jumlah penggunaan dari konten kita. Dan rata-rata sebenarnya penggunaannya tidak terlalu besar. Sebagai contoh sebuah website profile itu tidak perlu menggunakan ukuran disk space yang besar, sebenarnya 500MB saja sudah cukup ?.


Itu dia cara memilih hosting yang bagus menurut saya. Jika kalian ada tips lain atau ingin bertanya silahkan langsung komentar saja yaa. Biasanya kurang dari 12 jam komentarnya bakalan saya balas kok ^_^

Artikel Terkait

  • Renny Wagia

    Mas.. Gimana saya bisa tau penyedia hosting dari luar negeri yang ada di Indonesia?

    • ada 2 kemungkinan yang terjadi
      1. Jika memiliki banyak lokasi biasanya pada halaman paket maka kita disuruh memilih lokasi server
      2. Jika dia hanya memiliki 1 lokasi server maka coba lihat di bagian spesifikasi server, biasanya dicantumkan lokasi dari server mereka

  • Samuel

    Bg ariyolo agak keluar dikit dari pembahasan ini.
    Misalkan kita dapat bandwith 50Mbps dr provider, bagaimana kita tau 50 Mbps itu hanya Lokal, atau 50 Mbps itu jg untuk bandwith internasional?
    Apakah dengan speedtest dan mengarahkan server ke luar negri (misal singapore) sudah bisa dilihat dari sana?

    • langganannya apa? kalau rumahan biasanya pakai sistem MIX jadi 50Mbps itu dicampur antara lokal dan internasional. Kalau diuji dengan speedtest biasanya mau ditest ke server luar atau dalam negeri hasilnya sama saja

      • Samuel

        Untuk corporate (kantor). MIX maksudnya? Lokal 50Mb Internasional 50Mb jg?

        Thanks sebelumnya untuk jaawabannya :))

        • mix itu digabung ketika membutuhkan lokal maka semuanya akan ke lokal begitu

Close