Opini

UC Browser & AdBlock musuh seorang Blogger?

UC Browser adalah sebuah peramban yang dikeluarkan oleh UC Web (anak perusahaan Alibaba Group) yang dimiliki oleh koh Jack Ma. Browser ini memiliki fitur yang keren sih bagi saya. Mulai dari dia menggunakan VPN sendiri sehingga situs-situs tidak terblokir sampai AdBlock bawaan yang akan saya coba bahas di artikel ini.

AdBlock adalah sebuah teknik dimana memungkinkan iklan yang dipasang pada website tidak akan muncul. Jadi yaa kalau kalian sering nonton YouTube kan suka ada iklan tuh, nah dengan AdBlock iklan tersebut tidak akan muncul. Begitu juga dengan iklan-iklan berbasis platfrom yang dipasang di website para blogger, iklan tersebut tidak akan muncul jika pengunjung menggunakan AdBlock yang secara otomatis terpasang pada UC Browser.

Lalu dimana letak masalahnya? Iklan yang dipasang oleh para Blogger itu dihitung ketika ada yang melihat dan melakukan klik pada iklan tersebut. Nah jika iklannya saja tidak ada bagaiman pengunjung mau melihat apalagi melakukan klik iklan? Masalah selanjutnya lagi adalah rata-rata pengguna HandPhone menggunakan UC Browser sebagai peramban mereka.

Nah karena masalah ini para Blogger saat ini ngeluh karena penghasilan mereka semakin berkurang. Tetapi di sisi pengungjung ini sangat menguntungkan karena tidak harus melihat iklan yang terlalu banyak terutama situs-situs yang menggunakan sistem POP-ADS, dimana peramban akan memuka tab atau jendela baru secara terus menerus.  Toh selain UC Browser saat ini Google Chrome, Opera, dan Mozilla juga sudah memiliki plugin AdBlock. Ini menandakan AdBlock diterapkan berdasarkan permintaan konsumen.

Bagi saya pribadi yang ngaku-ngaku seorang Blogger hal ini bukan masalah sih, karena cepat atau lambat segala sesuatu akan berubah. Teringat kasus GO-JEK atau transportasi daring yang saat ini panas (walau sudah agak reda). Banyak ojek pangkalan yang protes karena merasa terkalahkan dengan adanya perkembangan teknologi, padahal mereka bisa saja melakukan upgrade layanan ojek mereka dengan gabung dengan ojek daring.

Nah ini juga berlaku bagi para Blogger, dengan adanya AdBlock bukan berarti kita menyalahkan pembuat aplikasi AdBlock atau UC Browser karena telah mengurangi pendapatan, tetapi kita harus melakukan upgrade kualitas blog kita. Jika kualitas blog kita memang bagus pastinya akan ada pendapatan yang lebih nyata yaitu tawaran dari berbagai brand atau istilah kerennya sih ENDORSEMENT. Saya rasa bagi teman-teman yang memang seorang Blogger Profesional iklan seperti Adsense hanyalah tambahan saja, karena saya yakin Endorsement lebih menguntungkan.

Oh yaa bagi teman-teman Blogger solusi lain yang bisa dilakukan saat adalah kerjasama dengan UC Web yang merupakan pembuat dari UC Browser. Caranya adalah dengan bergabung dengan UC Union, sebuah sistem bagi hasil dengan media iklan dari UC Web. Yaa perumpanaannya adalah jika Adsense dari Google maka UC Union dari UC Web. Saya memang belum baca lebih lanjut tetapi lihat-lihat di forum iklan yang ditampilkan tidak akan diblokir oleh UC Browser ?. Jadi sedikit bisa melegakan untuk status pendapatan kita dari iklan di Blog.

Saran khusus para pembaca yang memiliki situs favorit mungkin seperti www.ariyolo.id ?. Coba deh untuk bikin situs tersebut masuk dalam kategori whitelist di aplikasi AdBlock kalian. Karena pada dasarnya kalian kan memasang AdBlock untuk menghilangkan iklan yang menggangu, tetapi untuk situs favorit tentu tidak akan mengganggu donk?

Tanda

Artikel Terkait

Close