Amal Abadi

Mengatasi Not Found pada CodeIgniter di Apache

Hari ini saya dapat masalah kembali ketika membuat sebuah server untuk salah satu client. Jadi ketika URL nya diakses muncul pesan kesalahan Not Found. Sudah beberapa kali coba cara yang ada di internet tetap tidak bisa, sampai saya harus merubah kode dari aplikasi tersebut. Hmm terlintas di benak saya kalau tim developer yang menggunakan XAMPP saja bisa harusnya di server saya bisa donk 😏.

Memang untuk sebuah website yang dibangun berdasarkan framework tidak semudah native. Kita harus mengikuti aturan yang telah dibuat oleh Framework tersebut dan salah satunya adalah routing pada CodeIgniter. Cari-cari di forum ternyata ada yang pernah mengalami hal yang sama dan ternyata ada pada pengaturan si berkas yang membuat rese yaitu .htaccess. Dan berikut adalah konfigurasi .htaccess yang saya miliki

Kalau dlihat-lihat sih sudah benar dan kebetulan memang saya mengambil langsung dari tim developer yang dimana ketika sudah diuji dengan hasil aman atau benar. Nah saya teringat tulisan saya tentang kasus serupa pada web server saya sebelumnya menggunakan NGINX, saya fikir kasusnya sama dan saya coba cari-cari tentang perubahan URL atau seorang blogger sering bilang Permalink. Dan saya menemukan caranya.

Kita harus menamabahkan konfigurasi yang memperbolehkan si aplikasi merubah URL walau nama direktorinya tidak ada. Caranya tinggal tambahkan skrip di bawah ini pada /etc/apache2/sites-available/000-default.conf dengan letak di bawah <VirtualHost *:80>.

Ketika selesai saya tambahkan skrip tersebut barulah si apliasi yang dibuat tim developer berhasil diakses. Ini pengalaman saya, kalau ada yang mau ditanyakan silahkan berikan komentar yaa 😅.

Artikel Terkait

Close