MerahPutih.ID: Layanan Email Indonesia (akhirnya)

Anak-anak 90an harusnya masih ingat ketika mata pelajaran komputer dan disuruh bikin alamat surat elektronik (surel) atau email waktu itu menggunakan layanan Yahoo, karena waktu itu layanan ini hits banget. Lalu anak-anak yang lahir tahun 2000-an ketika tugas yang sama maka menggunakan layanan Google Mail (GMAIL). Nah untuk anak-anak yang baru seharusnya sudah tidak lagi menggunakan platform itu lagi karena saat ini Indonesia sudah memiliki layanan surel sendiri yaitu merahputih.id.

Halaman awal merahputih.id
Halaman awal merahputih.id

Saya memang belum mendapat informasi lebih lanjut terkait layanan ini, karena memang belum banyak berita yang memuat hal ini.  Informasi yang paling sah adalah MerahPutih.id dibuat oleh IPNetwork Solusindo yang mendapat dukungan (dana) dari operator terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel. TERIMA KASIH TELKOMSEL ?.

Informasi selanjutnya yang saya dapatkan adalah ketika saya selesai membuat akun di merahputih.id dan masuk ke dasbor, saya mendapatkan sebuah pesan selamat datang dari support@merahputih.id yang berisi seperti ini

pesan selamat datang dari merahputih.id

Dari surel tersebut saya mendapatkan informasi lagi bahwa Merahputih.id adalah layanan email dan penyimpanan data elektronik berbasis komputasi awan yang menghubungkan kehidupan digital Anda. Dan layanan ini memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen, video, dan gambar dengan mudah serta berkolaborasi dengan sesama pengguna merahputih.id hingga 100 MB(Megabyte) dan kapasitas penyimpanan sebesar 50 GB (Gigabyte).

Saya kurang begitu tahu sih kolaborasi dan penyimpanan seperti apa yang dimaksud oleh merahputih.id, karena saya coba telusuri di tiap bagian dari layanan ini saya tidak menemukan hal yang dimaksud. Apakah mungkin memang layanan ini sudah ada namun belum diaktifkan atau memang belum diluncurkan secara resmi yaa saya tidak tahu ?. Cuman kalau dari bahasanya sih tampaknya ini akan menjadi saingan Google Drive atau Microsoft One Drive. Mengapa? Karena ukurannya itu loh 50 GigaByte dan servernya berada di Indonesia ?.

Secara tampilan sudah cukup elegan dengan menggunakan gaya flat. Namun bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia IT Infrastruktur tentu familiar dengan tampilan ini, karena ini adalah tampilan dari Squirrelmail. Saya juga tidak tahu ini memang menggunakan Squirrelmail sebagai webmail atau bikin sendiri namun mengikuti tampilan Squirrelmail ?. Yang pasti tidak masalah sih karena yang kita butuhkan adalah fungsinya.

tampilan dasbor merahputih.id
Tampilan dasbor merahputih.id

Oh yaa selain saya telah membuat akun, saya juga telah menguji mengirim pesan ke berbagai layanan surel lain yang sudah menjadi raksasa seperti Gmail, Live, dan Zoho. Hasil pengujiannya adalah positif surel dari merahputih.id tidak dianggap sebagai SPAM ?. Jadi untuk teman-teman tidak usah ragu lagi untuk menggunakan layanan ini, selain memang sudah bagus server dari merahputih.id juga berada di Indonesia yang membuat pengaksesan lebih cepat serta menghemat jalur internasional yang lumayan mahal ?.

Rona Ariyolo

Seorang IT Infrastructure Enthusiast yang gemar berkecimpung di dunia pendidikan. Selain di blog aktif juga memberikan informasi di media sosial terutama instagram (story).

Artikel Terkait

Close