Opini

Pahamilah sebelum berkata LEK pada orang Batak

LEK, beberapa kali orang memanggil saya dengan panggilan tersebut ketika mengetahui bahwa saya adalah orang dari suku batak. Mohon maaf teman-teman bukannya tidak mau dipanggil seperti itu tetapi itu bukanlah panggilan yang benar. Walau saya tahu apa maksud kalian, tetapi saya coba memberitahu hal yang benar dengan panggilan tersebut.

Kata sebenarnya bukanlah LEK tetapi LAE, panggilan “akrab” kepada seorang lelaki Batak. Namun karena orang Batak kalau bicara agak cepat dan senga jadilah terdengar LEK di telinga orang yang tidak tahu kata asalnya.

Tidak jarang saya bertemu dengan wanita yang memanggil LEK atau yang sebenarnya LAE pada seorang pria batak. Malahan pernah saya 1 kali melihat ada wanita memanggil LAE pada wanita lainnya. Ini adalah hal yang salah, sesungguhnya panggilan LAE digunakan antara seorang lelaki dengan lelaki lainnya. Kata ini pun rata-rata hanya pertama kali bertemu saja, jika sudah berteman agak lama dan mempelajari tarombo (silsilah) maka biasanya akan berubah sesuai dengan silsilah mereka.

Lalu bagaimana dengan wanita? Nah kalau panggilan wanita kepada seorang pria atau sebaliknya biasa memanggilnya dengan ITO atau sering juga yang memanggil akrab dengan sebutan PARIBAN. Namun lebih disarankan memanggil ITO daripada PARIBAN, karena takutnya salah karena tergantung marga dari ke dua pihak ?. Ini juga sama dengan panggilan LAE, panggilan ITO adalah panggilan pertama kali bertemu. Jika sudah kenal cukup dekat dan mulai membicarakan silsilah maka ketemulah panggilan cocok, bisa jadi abang/adik, tulang, namboru, dan lainnya.

Apa alasannya pemanggilan LAE atau PARIBAN? Dalam suku Batak sangat direkomendasikan untuk menikah dengan sesama Suku Batak, bahkan kalau ternyata pasangannya bukan dari Suku Batak harus di-adat-kan terlebih dahulu agar diterima di Suku Batak dengan diberikannya marga. Nah panggilan LAE seorang lelaki kepada lelaki lainnya selain memang agar akrab, tidak menutup kemungkinan juga salah satu dari mereka menikahi saudara perempuannya. Nah si lelaki tersebut memanggil kepada saudara perempuan kenalannya tersebut memanggal ITO.

Jadi kalau saya bikin rangkuman sedikit pembahasan saya di atas seperti inilah jadinya

  • LAE => Panggilan sesama pria
  • EDA => Panggilan sesama wanita
  • ITO => Panggilan pria ke wanita atau sebaliknya

Perlu catatan lagi, panggilan ini hanya untuk orang yang kelihatannya seumuran. Kalau ketika pertama kali bertemu dengan orang yang lebih tua ada panggilannya lagi yang tidak akan saya bahas di sini karena akan semakin panjang nantinya?. Intinya dalam suku Batak semua panggilan diatur oleh tarombo atau silsilah. Nah jadi jangan sembarangan lagi yaa panggil LEK atau LAE pada orang Batak ?.

Artikel Terkait

Close