Pandora FMS: Monitoring elegan dengan fitur berlimpah

Pandora FMS, sebenarnya saya sudah lama mendengar perangkat lunak yang satu ini, namun baru bulan September 2017 ini saya bersempatan untuk mencicipinya karena adanya kebutuhan kantor. Mungkin teman-teman banyak yang telah mengenal perangkat lunak monitoring lain seperti Zabbix atau Nagios. Tetapi kebetulan diantara semua sistem monitoring saya baru mencoba Pandora FMS, jadi saya tidak akan membandingkan dengan perangkat lunak monitoring yang lainnya yaa ?.

Sekilas Pandora FMS

Seperti sudah saya jelaskan bahwa Pandora FMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk monitoring. Karena bagaimana pun monitoring itu adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan dari dunia Infrastruktur TI. Pandora FMS sendiri dikeluarkan oleh perusahaan yang bernama Artica. Perusahaan ini berasal dari Spanyol dan tampaknya dia cukup kuat juga mengincar pasar Spanyol, karena beberapa dokumentasinya masih banyak yang “bocor” menggunakan bahasa Spanyol.

Fitur & Lisensi Pandora FMS

Sebuah sistem monitoring tidak ada yang benar-benar gratis kecuali The Dude dari MikroTik (CMIIW), maka dari itu tentu akan ada lisensi yang berlaku. Begitu juga dengan Pandora FMS, memiliki lisensi untuk penggunannya. Berikut adalah sebagian data perbedaan dari masing-masing versi lisensi yang saya ambil dari www.pandorafms.com

Feature Community NMS Enterprise
Performance & Availability Monitoring tic tic tic
Fault & Event Management tic_gris tic tic
Event Correlation System tic tic
Complete multitenancy tic tic
Log Collection tic
Centralized Management using monitoring policies tic
Certified security updates tic tic
Geolocalization tic_gris tic
Command line interface management tic_gris tic tic
LDAP/AD authentication tic tic
Cloud computing and virtualization tic
High availability tic_gris tic tic
Horizontal scalability (Metaconsole) tic
Service monitoring (BAM) tic
Customizable visual console tic tic tic
Synthetic Modules (dynamic data creation over existing data) tic tic
History database to store data during long periods tic tic
Centralized distribution of plugins tic
Recommended capacity limit per server 1000 agents 3000 agents Unlimited
z/OS Monitorization tic_verde tic_verde
SAP Monitorization tic_verde tic_verde
User Experience Monitoring tic
Remote Control tic

Melihat dari tabel di atas fitur dari aplikasi monitoring ini cukup berlimpah, namun kali ini saya menggunakan versi Community. Mengapa? Karena untuk kebutuhan saya yang saat ini versi Community sudah cukup dan dia gratis, mengingat harga untuk versi NMS dan Enterprise agak sedikit tinggi ?.

Tampilan Pandora FMS

Elegan, itulah kata yang cocok bagi aplikasi monitoring gratis ini. Memang banyak orang yang bilang bahwa jangan menilai sesuatu dari penampilannya, tetapi pepatah tersebut tidak berlaku bagi aplikasi ini. Dengan tampilan bawaan yang dibalut warna dasar hijau, abu-abu, dan putih membuat aplikasi ini enak dipandang dan out of the box dari tampilan aplikasi Monitoring yang pernah ada sebelumnya. Tersedia juga tema yang bisa kita gunakan juga tampilan default kurang menarik. Namun dari ke-3 tema yang disediakan bagi saya tetap yang default yang paling bagus.

Tata letaknya telah disesuaikan dengan baik sehingga efektivitas dalam hal pekerjaan menjadi lebih mudah. Menurut keterangan dari situs resmi tata letaknya ini bisa diubah namun hanya tersedia pada versi NMS dan Enterprise, jadi yang pakai versi Community nikmati saja yaa ?. Namun kalau saya sendiri menilai tata letaknya sudah bagus ?

Tampilan Tactical View Pandora FMS Community
Tampilan Tactical View Pandora FMS Community

Pandora FMS Community

Seperti saya jelaskan bahwa aplikasi monitoring ini memiliki 3 versi dan saya hanya membutuhkan versi yang gratis alias Community. Rata-rata perangkat lunak berbayar memang menyediakan versi Community yang digunakan untuk sekedar ngoprek atau bisa juga produksi. Namun untuk produksi tampaknya tidak akan terlalu powerfull karena beberapa fitur dimatikan atau dibatasi.

Untuk mengunduh versi Community ini teman-teman bisa mengakses www.pandorafms.org. Di alamat tersebut tersedia banyak pilihan yang bisa kita unduh namun bukan berarti kira harus mengunduh semuanya. Sesuaikan dengan Sistem Operasi yang akan digunakan sebagai Server. Atau kalau teman-teman tidak mau susah bisa langsung unduh yang CentOS Appliance ISO, ini merupakan sistem operasi CentOS yang di dalamnya sudah berisi Pandora FMS yang “siap pakai“.

 

Tanda
Show More

Rona Ariyolo

Seorang IT Infrastructure Enthusiast yang gemar berkecimpung di dunia pendidikan. Selain di blog aktif juga memberikan informasi di media sosial terutama instagram (story).

Artikel Terkait

Close