Amal Abadi

Cara install telegram CLI di terminal Linux

Telegram telah menjadi aplikasi perpesanan yang mumpuni dan keren karena banyak sekali fitur yang tidak tersedia di pesaing terkuatnya yaitu WhatsApp. Salah satu keunggulan telegram adalah tersedia dalam berbagai platform seperti Android, iOS, Windows (mobile & desktop), MacOS, Linux, dan web. Aplikasinya pun benar-benar aplikasi native, bukan seperti WhatsApp yang aplikasi tetapi ternyata hanya membuka tampilan web nya saja. Salah satu hal yang menarik, di linux kalian bisa juga menggunakan telegram dengan mode CLI atau Command Line atau terminal. Nah berikut ini saya ingin memberitahu cara install dan menggunakan telegram CLI di Linux.

NB: Saya menggunakan Debian 8

Karena file instalasi nya berada di GIT, maka kita membutuhkan aplikasi git untuk melakukan kloning berkas intalasi. Jadi jika di komputer kalian tidak ada GIT maka bisa pasang terlebih dahulu dengan cara

Jika sudah silahkan untuk pindah ke direktori yang dianggap cocok untuk menyimpan berkas aplikasi yang akan kita unduh. Kalau saya sih di /opt karena biar telegram gabung dengan aplikasi yang saya yang lainnya. Setelah itu lakukan kloning berkas instalasi dari server GIT

Karena telegram membutuhkan beberapa program tambahan maka kita harus memasangnya terlebih dengan menggunakan perintah di bawah ini

Setelah semua persiapan dilakukan kita harus periksa terlebih dahulu apakah semuanya telah terpenuhi dengan mengetikkan ./configure dan seharusnya hasil dari pengecekan baik semua. Jika sudah pengecekan baru kita pasang aplikasi telegram dengan menggunakan make dan tunggu sampai selesai.

Kalau sudah sialhkan masuk ke telegram dengan menggunakan perintah di bawah ini. Namun sebelum masuk pastikan bahwa teman-teman memiliki akun telegram, karena nanti akan diminta data akun telegram kita. Bagi yang belum punya silahkan untuk mengunduh aplikasi Telegram (via mobile) lalu buat akunnya ?.

Setelah selesai membuka maka kita harus memasukkan data-data seperti berikut ini. Untuk code (‘CALL’ for phone code) : itu dapatkan dari aplikasi telegram yang nomornya dimasukkan pada phone number.

Kalau sudah maka harusnya ada pesan  Rona Ariyolo updated flags  yang menandakan bahwa saat ini kita telah berhasil masuk ke aplikasi telegram.

Untuk menggunakannya kita bisa coba kirim pesan kepada diri kita sendiri dengan cara

Sekarang teman-teman coba cek aplikasi telegram di handphone maka harusnya ada muncul sesuatu ?. Untuk cara penggunaan lebih dalam saya sendiri tidak terlalu bisa karena saya menggunakan telegram-CLI ini hanya untuk kebutuhan monitoring server.

Tanda

Artikel Terkait

Close