Amal Abadi

Cara setting modem USB di mikrotik

Cara setting modem USB di mikrotik sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan bisa dibilang mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah modem didukung oleh perangkat MikroTik. Caranya bisa dengan mengunjungi https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Peripherals dan lihat apakah modem teman-teman didukung atau tidak. Dan jika didukung, lihat juga mulai pada versi berapa modem USB tersebut didukung. Hal ini dilakukan agar teman-teman tidak mengeluh “kok modem nya tidak terdeteksi?”.

Selanjutnya cara setting modem USB di mikrotik adalah dengan  mencolokkan modem USB nya ke lubang USB yang ada di Router. Jika sudah coba masuk ke Router dengan menggunakan winbox dan pilih System > Resources > USB maka akan muncul tampilan kurang lebih seperti di bawah ini yang menandakan bahwa modem USB sudah berhasil di adopsi oleh Router.
Cara setting modem USB di MikroTik

Sekarang kita pergi ke menu Interfaces dan teman-teman akan menemukan 1 antarmuka baru yaitu ppp-out1. Buka antarmuka tersebut lalu pilih tab PPP dan klik Advanced Mode untuk menampilkan bagian konfigurasi secara penuh. Di sini teman-teman silahkan isi dengan parameter yang digunakan oleh penyedia layanan selular. Contohnya saya yang menggunakan layanan 3 maka parameternya adalah sebagai berikut. Jika sudah selesai mengisi parameter silahkan klik Apply atau OK.
Cara setting modem USB di Mikrotik 2

Jika konfigurasi teman-teman berhasil maka seharusnya pada bagian IP > ADRESSES akan muncul satu IP baru yang didapatkan melalui ppp-out1 seperti di bawah ini
Tahap akhir yaitu bagian pengujian silahkan dicoba untuk melakukan ping melalui terminal. Kalau membalas berarti kalian telah berhasil melakukan konfigurasi modem USB di router MikroTik. Nah kalau belum berhasil silahkan komentar di bawah biar saya bantu kendalanya ?.

Tanda

Artikel Terkait

  • Dwi Setyawan

    itu yang di ping ip ppp-out1 nya?

    • ping nya ke alamat lain yang di luar network kita, misalnya ping ariyolo.id

Close