KontesOpini

Kenikmatan berkat layanan berbasis geospasial

Banyak hal yang berubah semenjak berkembangnya teknologi, dan itu juga membuat gaya hidup serta gaya berfikir kita berubah. Hal-hal yang dulu sering hanya sampai imajinasi saja tetapi sekarang sudah bisa dilakukan. Salah satu yang memberikan banyak dampak kepada kita adalah teknologi yang memanfaatkan data geospasial.

Penerapan GIS hanya terbatas oleh imajinasi orang-orang yang menggunakannya Jack Dangermond

 

Pasti ada beberapa orang yang bertanya-tanya Apa itu Data Geospasial kan? ?. Wajar memang istilah ini cukup asing bagi kebanyakan orang-orang. Tapi jika mendengar kata GEO maka seseorang akan langsung berfikir tentang bumi.

Tetapi Data Geospasial itu sudah memiliki arti yang telah ditentukan. Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial Pasal 1, yang dimaksud dengan Data Geospasial yang selanjutnya disingkat DG adalah data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran, dan/atau karakteristik objek alam dan/atau buatan manusia yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi.

Lalu apa saja “Kenikmatan yang HQQ” dari memanfaatkan Data Geospasial saat ini? Nah di bawah ini sudah saya tuliskan hal yang saya rasakan semenjak hadirnya fasilitas yang menggunakan Data Geospasial ?.

HAMPIR TIDAK KESASAR

Malu bertanya sesat di jalan, begitulah pepatah yang sering saya dengar dulu dari guru atau orang tua. Padahal jujur saya adalah orang yang malu bertanya karena pada dasarnya saya ini masuk kategori introvert ?. Tetapi dengan adanya fasilitas peta dijital seperti Google Maps & Waze saat ini orang seperti saya tidak perlu kesulitan lagi karena tinggal klik tujuan maka akan dipandu dengan jalan yang paling cepat.

Ketika menggunakan peta dijital saya beberapa kali menjadi lebih tahu daerah yang saya kunjungi daripada penduduk sekitar situ. Karena pada aplikasi peta dijital tidak hanya menunjukkan arah kita pergi tetapi juga termasuk lokasi-lokasi apa saja yang tersedia di sekitarnya. Lebih menyenangkan lagi karena pada peta dijital terdapat gambar dari lokasi yang kita tuju sehingga kemungkinan kesasar amatlah kecil. Di bawah ini contoh aplikasi peta dijital Google Maps pada daerah Monumen Nasional.


TRANSPORTASI PLUS PLUS

Layanan transportasi berbasis aplikasi online yang tersebar saat ini juga merupakan penerapan dari Geospasial. Ketika seseorang melakukan pemesanan dengan menentukan tujuan maka dengan otomatis aplikasi ini langsung menunjukkan jalan terdekat serta tarif yang dikenakan. Dengan seperti ini pengemudi dapat mengetahui wilayah yang akan didatangi nya sekaligus rute yang akan dilaluinya. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemacetan ?.

Berfikir bahwa transportasi adalah hal yang dapat memecahkan masalah lain, perusahaan-perusahaan layanan transportasi berbasis aplikasi online mulai melakukan pengembangan bisnis yang tadinya hanya mengantarkan manusia saat ini sudah bisa mengantarkan barang (kurir), melakukan pembelian tiket, bahkan memesan makanan dan mengirimkannya ke pelanggan. Mengapa ini bisa terjadi? Karena penerapan Geospasial yang membuat sebuah perjalanan menjadi jelas.

PERMAINAN YANG MAKIN SERU

Di bidang permainan juga ada loh yang memanfaatkan Geospasial. Tentu semuanya pernah dengar donk permainan POKEMON-GO yang sangat “mengguncang dunia”.  Niantic sebagai produsen pencipta permainan POKEMON-GO berhasil menggabungkan permainan tangkap menangkap monster ke “dunia nyata” dengan bantuan teknologi Augmented Reality. Permainan yang tadinya sederhana menjadi lebih keren dan sangat diminati.

Hal yang membuat permainan ini seru adalah penerapan Geospasial terhadap permainan ini. GPS dari telepon seluler wajib aktif ketika membuka permainan ini. Fungsinya adalah untuk mengetahui lokasi dari si pemain dan menyesuaikan monster yang akan muncul. Ini adalah nilai jual lain dari permainan ini, dimana monster hanya akan muncul dengan kondisi geografis yang sesuai dengan monster tersebut. Contohnya adalah monster berbentuk ikan akan sangat sering jika kita memainkan di wilayah perairan seperti di danau dibandingkan hanya di sungai kecil.

Berbicara tentang POKEMON-GO saya ada infografis simpel mengenai 5 fakta menarik yang ada dibalik permainan POKEMON-GO. 

ANTISIPASI BENCANA

Semua orang tentu tidak ingin bencana menimpa dirinya, namun itu adalah hak Tuhan sebagai pencipta. Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah melakukan antisipasi terhadap bencana yang akan terjadi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggunakan data Geospasial untuk memperkuat kinerjanya. BNPB membuat layanan berbasis Geopasial seperti Pantauan Bencana, Peta Kesiapsiagaan Interaktif, Peta Respon Bencana Interaktif, dan lainnya.

Sebagai contoh saat ini Gunung Agung di Pulau Bali sedang dalam keadaan hampir meletus. Untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang terjadi BNPB telah menyediakan peta-peta yang berguna untuk mengevakuasi korban bencana, melakukan tindakan pertama, serta meninjau kemungkinan-kemungkinan yang terjadi setelah Gunung Agung meletus. Contohnya adalah peta di bawah ini yang saya ambil dari situs http://geospasial.bnpb.go.id yang menunjukkan lokasi pengungsian.


Itu dia tadi layanan berbasis Geospasial yang membuat hidup saya semakin nikmat. Kalau teman-teman sendiri layanan berbasis Geospasial apa yang sering digunakan? Silahkan corat-coret di kolom komentar yaa biar kita bisa saling bertukar informasi tentang Geospasial ^_^

 

URL REFERENSI

 

Artikel Terkait

  • Mas Halfi

    Saya langsung coba unduh mas Yol. Mau coba membadingkan dengan yang lain,,,dari ulasannya sih keren banget Geospesial

Close