Amal Abadi

Konfigurasi Agent Pandora FMS di Ubuntu

Agar monitoring dapat berjalan tentu harus ada perangkat yang ingin dimonitoring. Nah perangkat yang ingin dimonitoring tersebut dapat disebut sebagai agent. Nantinya agent ini akan mengirimkan parameter yang dibutuhkan oleh Pandora FMS seperti penggunaan CPU, memory, dan lainnya. Tahap awal sebelum konfigurasi agent di Pandora FMS tentu melakukan instalasi paket agent nya. Ada 2 cara untuk melakukannya yaitu dengan mengunduh paket secara manual di sourceforge atau via apt-get untuk teman-teman yang menggunakan ubuntu.

Untuk tutorial ini saya akan unduh paket dari sourceforge. Silahkan buka menu Download pada situs Pandora FMS atau klik disini. Jika sudah silahkan pilih sistem operasi yang akan kalian gunakan. Kebetulan saya praktik saya menggunakan ubuntu jadi yaa pilihnya untuk yang ubuntu. Untuk sistem operasi yang lain harap menyesuaikan atau nanti saya akan buatkan tutorial secara terpisah jikalau memang banyak yang minta. Ketika sudah membuka situsnya silahkan unduh paket yang ada tulisan agent yang menandakan itu adalah untuk agent bukan server.

Kalau sudah diunduh silahkan pasang dengan package manager atau kalau via terminal menggunakan dpkg -i *namapaket*. Karena hanya program ringan jadi tidak akan terlalu berat kok ?.

Konfigurasi Agent Pandora FMS

Jika telah selesai dipasang maka selanjutnya adalah konfigurasi. Teman-teman bisa sunting berkas yang terletak di /etc/pandora/pandora_agent.conf. Sebenarnya kalau tidak ingin neko-neko yang diubah cukup IP Address nya saja yang mengarah ke IP Server Pandora FMS.

Jika sudah silahkan mulai ulang services dari aplikasi Pandora agent dengan cara seperti di bawah ini dan pastikan tidak ada pesan kesalahan

Memeriksa konfigurasi

Untuk memastikan bahwa konfigurasi benar atau tidak kita bisa ke Pandora FMS Server dan lihat pada bagian Resources > Manage Agent maka di sini akan muncul agent yang kita pasangin aplikasi sebelumnya secara otomatis. Biasanya untuk muncul memakan waktu sekitar 1-5 menit.

Bagaimana? Cukup mudah bukan melakukan konfigurasi agent pandora fms di ubuntu? Untuk sistem operasi yang lain akan saya tulis lain kali dan jika praktik kalian gagal silahkan untuk komentar di bawah karena PASTI akan saya jawab ?.

Tanda

Artikel Terkait

Close