Opini

Bersinergi Dalam Energi Asia dari Indonesia

Halo,
Apa kabar?
Saya berharap teman-teman dalam kondisi prima dan penuh energi.

Teman-teman mungkin merasakan bahwa Indonesia saat ini sedang dalam kondisi dimana kita terbagi menjadi beberapa kubu. Dan hampir setiap harinya pertarungan terjadi antara kubu satu dengan yang lainnya. Memang perbedaan itu pasti akan ada dimanapun, tetapi harusnya perbedaan itulah yang memberikan warna untuk negeri kita.

Di tengah keributan yang terjadi ternyata ada sebuah berita bahagia. Sebuah berita yang terakhir kita dengar 56 tahun silam. Berita dimana kita negara Indonesia ini akan didatangi oleh sahabat-sahabat olahragawan dari berbagai negara di Benua Asia. Berita itu adalah Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi ASIAN GAMES 2018.

Menjadi tuan rumah pesta olahraga se-Asia tentu menjadi beban tersendiri. Walau beban paling berat tentu di tangan para atlet yang benar-benar berjuang, namun beban tersendiri juga akan kita panggul sebagai masyarakat Indonesia. Sebagai tuan rumah tentu kita harus bisa membuat nyaman sahabat-sahabat dari negara tetangga dengan nilai-nilai budaya kita.

Sebagai masyarakat Indonesia otomatis kita menjadi pendukung negara ini dalam perhelatan tersebut. Dan sebagai pendukung sejati kita tidak etis menuntut prestasi kepada para atlet yang bertanding. Sebagai pendukung sejati kita juga tidak layak memaksakan diri dan menaruh beban kepada para atlet. Lalu apa yang bisa kita lakukan? Berikanlah energi positif yang dapat bersinergi dengan energi para atlet agar bersama K.I.T.A menciptakan prestasi.

Strategi, kecepatan, serta kekuatan yang tersimbol pada maskot ASIAN GAMES 2018 bukan merupakan inti dari tujuan acara ini bagi kita masyarakat Indonesia. Karena inti dari acara ini adalah menciptakan Energi Asia dari Indonesia yang berisi nilai-nilai persahabatan, kerja keras, semangat perdamaian dan komitmen untuk bangga serta optimis terhadap Indonesia

Indonesia layaknya sebuah perhiasan, negeri ini berdiri sampai saat ini karena telah ditempa beberapa cobaan yang setiap ada cobaan membuat kita semakin indah. Setiap cobaan kita lalui dengan sebuah energi yang menyatukan keberagaman budaya, bahasa dan peninggalan sejarah. Bukan energi yang membuat keberagaman tersebut dipecah menjadi golongan tertentu.

Perhelatan akbar ini memang baru dimulai tahun depan tetapi semangat kerja sama, rasa bangga, dan optimis tentu akan menjadi dorongan yang positif bagi para atlet Indonesia. Mari kita masyarakat dan atlet bersinergi sebagai bangsa Indonesia yang akan menjadikan olahraga dan acara ASIAN GAMES 2018 ini menjadi sarana persatuan bangsa sekaligus mempererat hubungan dengan saudara yang berbeda negara. Karena dengan begitulah Energi Asia dari Indonesia bisa terbentuk.

Artikel Terkait

Close