Camping lucu di Bravo Camp Sukabumi

Sebagai seorang budak korporat yang dituntut macam-macam sebuah liburan tentunya adalah hal yang wajib dilakukan dan tempat yang bisa menengkan jiwa. Untuk melakukan hal ini tanggal 16-17 Desember 2017 saya dan teman-teman kantor saya bekerja mengadakan aksi camping lucu ke tempat perkemahan yang bernama Bravo Camp.

Dari nama dan tujuan tentu sudah tahu bahwa tempat ini adalah tempat untuk berkemah. Namun menurut saya yang menjadi spesial di tempat ini adalah karena tempat ini memiliki manajemen yang baik. Selain itu lokasi ini juga sebagai lokasi pemberdayaan masyarakat sekitar. Sehingga ketika kita berkunjung ke sini secara tidak langsung kita juga membantu warga lokal daerah ini.

Lokasi & Akses Bravo Camp

akses ke bravo camp

Bravo Camp berlokasi di Sukabumi, tepatnya di desa Manglid kecamatan Cidahu. Kecamatan Cidahu memang terkenal akan tempat wisata yang sejuk-sejuk. Malah tak jarang ada orang yang berkunjung beberapa hari untuk mengunjungi tempat-tempat yang ada di Cidahu seperti Javana Spa dan Kawah Ratu.

Ada berbagai cara untuk teman-teman bisa menuju ke Bravo Camp namun cara yang paling mudah adalah dengan membawa kendaraan pribadi 😁. Jika naik kendaraan umum, bagi teman-teman yang dari Jakarta bisa ke bogor terlebih dahulu tepatnya di Sukasari, nanti dari Sukasari naik angkot 02 (utamakan yang di depannya ada tulisan MONSTER) tujuan Cicurug dan turun di POM BENSIN CICURUG. Dari situ teman-teman bisa naik angkot tujuan Cidahu, namun karena angkot ini tidak bisa ke Bravo Camp teman-teman harus bayar lebih (hitungannya Carter) untuk bisa sampai ke manglid. Patokan pemberhentian adalah Masjid Jami Agung Cidahu, bagi yang membawa mobil bisa parkir di sini biayanya hanya Rp 25.000,- dan ini pun diberikan ke kas masjid.

Dari masjid ini teman-teman sudah dekat ke lokasi, kalau saya perkirakan jaraknya sekitar 2KM. Untuk arahnya langsung tanya saja ke orang-orang yang duduk di warung masjid. Ketika berjalan kaki dari Masjid ke Bravo Camp teman-teman akan disuguhkan oleh pemandangan sawah yang bagus. Tetapi dengan hal ini teman-teman jangan sampai nyasar 😂. Ketika saya dan rombongan ke kami sempat salah tempat yaitu malah ke Agathis Camp yang bisa dibilang tempatnya biasa banget. Seharusnya ketika di perjalanan kalian akan menemukan parkiran motor yang ada warungnya. Nah agar tidak salah arah lebih baik bertanya saja kepada orang di warung ini.

Tempat Parkir Bravo Camp

Sedikit saran bahwa di lokasi perkemahan teman-teman akan terkena penyakit yang membuat malas bergerak yang disebut malas. Jadi silahkan untuk beli makanan di sini terutama yang berbentuk mie. Karena jika sudah di lokasi untuk kemana-mana terasa malas 😂. Bagi teman-teman yang di lokasi kehabisan makanan juga bisa belanja ke warung ini, karena warungnya tersedia 24 jam.

Fasilitas Bravo Camp

fasilitas bravo camp

Niat saya dari awal dengan teman-teman kantor adalah Camping Lucu dimana kami tidak mau ribet dan yang penting jalan bersama. Jadi dari awal kami hanya ingin rekreasi dengan membawa badan saja. Hal inilah yang menjadi alasan paling kuat kami memilih Bravo Camp karena selain tempatnya bagus, fasilitas yang lengkap juga menjadi alasan utama kami.

Hal yang paling utama ketika berkunjung ke lokasi yang bukan tempat kita adalah sarana MCK dan ini sangat terpenuhi di sini. Tersedia 2 lokasi MCK yang masing-masing terdapat 4 kamar dan masuk kategori sangat layak. Untuk AIR? Tenang kalian tidak usah khawatir, ini adalah daerah pegunungan dimana air minum kemasan diproduksi. MCK di sini airnya mengalir 24 jam tanpa henti karena memang tidak ada keran penutupnya 😂.

Untuk KIDS JAMAN NOW juga tidak usah khawatir karena di Bravo Camp tersedia aliran listrik, sehingga tidak usah khawatir kehabisan baterai karena terlalu banyak mengambil foto. Saya sempat berfikir ketika ada listrik di sini, karena tempatnya cukup jauh dari perkampungan. Ternyata Bravo Camp memiliki mesin pembangkit listrik sendiri, maka dari itu tidak perlu khawatir untuk listrik di sini.

pembangkit listrik tenaga air miliki bravo camp
pembangkit listrik tenaga air miliki bravo camp

Jika teman-teman adalah pencandu sosial media maka sebelum berangkat sampai ke atas pastikan kalian menggunakan Operator XL. Karena di lokasi hanya operator XL saja yang mendapatkan sinyal 4G dan stabil. Sedangkan Indosat terkadang 4G namun kecepatannya tidak mumpuni. Telkomsel dan 3 bahkan hanya sinyal EDGE saja, jadi hanya bisa digunakan untuk telepon saja.

Kembali saya bahas bahwa kami ke sini hanya ingin Camping Lucu, jadi untuk perlengkapan tenda, makan, bahkan sampai api unggun kami percayakan ke pihak Bravo Camp. Untuk tenda dome yang saya gunakan (kapasitas 3-4 orang) harganya hanya Rp 150.000,-/tenda selama 2 hari 1 malam. Untuk makan kita bisa pilih yang rentang harganya Rp 20.000 – Rp 30.000. Nah untuk api unggun cukup salamkan saja kepada penjaganya nanti, karena tidak ada tarif yang pasti terkait hal ini.

Bonus Berkemah di Bravo Camp

Bravo Camp tidak hanya menjual tempat berkemah tetapi juga menjual hal lain yang rasanya tidak semua tempat perkemahan memilikinya. Salah satunya adalah tempat foto yang instagramable seperti foto saya di atas 😜. Karena selain sawah yang bisa bebas dilihat teman-teman juga mendapatkan hamparan lapangan rumput yang luas. Tempat ini menjadi lebih keren karena terpisah dari tempat mendirikan tenda, sehingga rumputnya tidak bolong-bolong bekas perkemahan. Melihat tempat ini saya jadi pengen coba beberapa perangkat wireless dari mikrotik nih 😁.

Jika bicara alam dan cidahu maka kita harus bicara juga tentang wisata air. Wisata di sini memang bukan wisata air seperti yang di kota-kota, namun wisata air terjun dan sungai jernih. Untuk sungai jernih teman-teman yang berkemah bisa langsung cebur karena posisi tempat pendirian tenda memang di samping sungai. Dan untuk mengakses air terjun ini kita tinggal jalan kaki sekitar 30 menit. Perlu diperhatikan 30 menit ini adalah waktu yang ditempuh oleh orang dengan berat badan 98KG 😂.

Secara keseluruhan saya puas berkemah di sini. Jika untuk penilaaian angka dari 1-10 saya berani memberikan nilai 10. Yaa saya yakin kok dengan nilai tersebut. Karena selama saya di sana saya tidak ada merasakan kecewa. Ketika membutuhkan bantuan, pihak penjaga siap sedia untuk memberikan bantuan. Mereka juga memiliki kendaraan operasional berbentuk motor cross yang benar-benar membantu. Jadi kalau teman-teman ingin mencari tempat berlibur yang tidak perlu merogoh kocek terlalu besar untuk tempat bersanti maka Bravo Camp adalah jawaban yang tepat.

NB: Untuk informasi lain bisa coba kunjungi situs http://camp-bravo.blogspot.co.id/.

Tanda
Close