Amal Abadi

Cara Mengakses MikroTik RouterOS

Ketika ada pertanyaan “Bagaimana cara mengakses mikrotik?” maka kebanyakan orang akan langsung menjawab dengan menggunakan Winbox. Tidak salah memang, tetapi sebenarnya ada beberapa cara untuk mengakses mikrotik dan akan kita bahas dalam tutorial kali ini yaitu Cara Mengakses MikroTik RouterOS.

Mengakses MikroTik Secara LANGSUNG

Saya pernah membahas pada artikel Apa itu MikroTik? bahwa pada dasarnya MikroTik RouterOS adalah sebuah sistem operasi sama seperti yang sering kita gunakan seperti Microsoft Windows. Karena RouterOS bisa dipasang pada komputer yang sering kita gunakan maka akses langsung yang saya maksud di sini adalah kita berkomunikasi dengan Router layaknya menggunakan komputer biasa.

Cara ini biasanya digunakan ketika pertama kali memasang RouterOS pada sebuah PC. Dimana RouterOS belum terhubung ke jaringan sehingga memaksa seorang Administrator untuk melakukan konfigurasi secara langsung. Atau bisa juga karena tertutupnya semua akses melalui jaringan yang disebabkan hacking atau kelalaian dari seorang Administrator.

Cara Mengakses MikroTik via Console

Cara mengakses mikrotik menggunakan serial

Mengakses mikrotik menggunakan Console ini sebenarnya sama dengan cara mengakses mikrotik secara langsung dan memang secara langsung pun banyak yang bilang melalui console (terminal). Lalu apa yang membedakan? Jika mengakses mikrotik secara langsung kita melakukan konfigurasi pada Router yang berbentuk komputer sedangkan menggunakan console pada RouterBoard.

Kalau teman-teman pernah melihat RouterBoard yang agak “berat” seperti seri RB1100 atau minimal RB450G teman-teman akan menjumpai sebuah port serial. Port ini nanti dihubungkan menggunakan kabel serial yang terhubung dengan komputer kita lalu kita tinggal remote Router dengan menggunakan aplikasi seperti Putty.

Pada kondisi apa kita menggunakan port console ini? Jawabannya adalah pada kondisi terburuk 😬. Saya contohkan jika seorang administrator salah melakukan konfigurasi misalnya adalah dengan menonaktfikan semua antarmuka. Lalu bagaimana kita mengakses router kita? Jika sedang latihan sih tidak masalah, kita bisa melakukan hard reset, namun bagaimana jika ini adalah Router utama? Nah kita bisa datang ke ruang server dan aktifkan kembali antarmuka yang tadi melalui console.

Cara Mengakses MikroTik via WINBOX

Untuk aplikasi yang satu ini sebenarnya teman-teman sekalian juga pasti sudah mengetahuinya. Seperti yang sudah saya ceritakan di atas tadi bahwa orang kalau ditanya Bagaimana cara mengakses MikroTik? maka jawabannya adalah dengan menggunakan Winbox. Tidak dapat dipungkiri memang, salah satu ketertarikan orang untuk menggunakan produk ini adalah karena Winbox yang begitu mudah.

Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu winbox? Winbox adalah sebuah aplikasi utiliti dari MikroTik yang berguna untuk melakukan konfigurasi Router dengan menggunakan antarmuka grafis. Jadi konfigurasi yang tadinya harus  mengetik baris perintah dipermudah dengan hanya tinggal klik saja. Tetapi jangan salah, di dalam aplikasi ini juga ada menu khusus untuk menampilkan terminal, sehingga bagi teman-teman yang nyaman menggunakan terminal atau ingin melakukan copy paste baris perintah bisa menggunakan Winbox juga.

Sebelum melakukan konfigurasi teman-teman haris mengunduh aplikasi ini yang tersedia di https://mikrotik.com/download lalu pilih Winbox. Sampai artikel ini dibuat winbox telah sampai pada versi 3.11.

Cara Mengakses MikroTik via Webfig

Sesuai namanya yaitu webfig yang (mungkin) singkatan dari Web Configuration, ini adalah salah satu cara untuk mengakses MikroTik melalui web. Bisa dibilang webfig ini merupakan Winbox tetapi versi web. Ini beneran loh karena MikroTik sendiri menyetakan bahwa webfig adalah alternatif dari aplikasi Winbox.

Untuk bisa menggunakan fitur webfig ini pastikan bahwa teman-teman menggunakan RouterOS yang minimal dirilis pada tahun 2012 akhir (untuk versi tepatnya saya tidak tahu 😅). Cara untuk mengakses webfig sendiri sangat mudah, teman-teman cukup mengakses IP Address dari Router melalui peramban seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan peramban lain yang sudah mendukung Javascript.

Jika teman-teman memasang fitur hotspot biasanya akan terjadi bentrok. Alasannya adalah webfig menggunakan port 80 untuk berkomunikasi dan pada saat bersamaan hotspot juga menggunakan port 80 untuk halaman masuk. Maka caranya adalah pada IP > SERVICES pilih www dan ubah port nya menjadi port yang tidak digunakan oleh services dari Router.Cara mengakses mikrotik via webfig

Cara Mengakses MikroTik via TIK APP

Melihat gambar di atas tentu teman-teman sudah bisa menebak donk apa itu Tik App? Tik App adalah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan monitoring, konfigurasi, dan menyelesaikan masalah sama seperti Winbox & Webfig namun ini berbasis mobile. Sedikit catatan untuk bisa menggunakan Aplikasi ini perangkat mobile teman-teman harus Android versi 4 ke atas dan untuk RouterOS yang digunakan minimal versi 6.

Aplikasi ini tersedia dan bisa diunduh di Google Play, namun sampai tulisan ini dibuat Tik App belum juga resmi diluncurkan alias masih versi percobaan. Sungguh disayangkan sih untuk aplikasi yang sudah mulai diumumkan dari pertengahan 2015. Namun memang selama saya menggunakan aplikasi ini sering terjadi crash yang menyebabkan ponsel menjadi hang. Ini biasanya terjadi ketika membuka fitur yang memiliki rule banyak seperti firewall atau queue tree.

Satu-satunya hal yang disayangkan dari Tik App adalah dia hanya tersedia pada sistem operasi Android. Jadi bagi teman-teman yang menggunakan iOS atau bahkan Microsoft Mobile agak sedikit kecewa tampaknya 😅. Andai saja Tik App ini dibuat menggunakan Xamarin maka harusnya kompabilitas terhadap sistem operasi mobile yang lain bukanlah suatu masalah.

Cara Mengakses MikroTik via SSH/TELNET

Cara mengakses mikrotik melalui putty

SSH dan Telnet secara fungsi sebenarnya bisa dibilang sama, yaitu melakukan komunikasi secara remote kepada host yang dituju, dalam hal ini adalah Router. Yang membedakan adalah SSH lebih aman dibanding telnet. Perbedaan lain tentu saja adalah port yang digunakan, SSH menggunakan port 22 sedangkan telnet menggunakan port 23.

MikroTik mendukung ke dua cara ini untuk berkomunikasi. Syaratnya adalah pastikan bahwa layanan ini aktif dan port yang digunakan sesuai, ini bisa dilihat pada IP > SERVICES. Untuk aplikasi yang bisa digunakan adalah Putty atau jika teman-teman yang menggunakan linux bisa langsung via terminal.cara mengakses mikrotik via telnet dan SSH

Cara Mengakses MikroTik via FTP

Ini adalah cara mengakses MikroTik yang paling minim fungsinya menurut saya. Mengapa? Jika cara-cara lain yang digunakan untuk mengakses MikroTik digunakan untuk melakukan untuk melakukan konfigurasi, monitoring, dan menyelesaikan masalah nah pada FTP ini fungsinya hanyalah transfer berkas. Memang sih sesuai namanya yaitu File Transfer Protocol jadinya fitur ini hanya digunakan untuk melakukan transfer berkas antar Router ke PC.

Tetapi dalam kondisi apa sih kita menggunakan fitur ini? Kalau saya pribadi untuk melakukan pengunggahan berkas tampilan hotspot. Memang lewat menu FILE pada Winbox bisa namun terkadang saya suka salah meletakkannya sehingga menyebabkan kerusakan pada tampilan hotspot.

Cara Mengatasi Kesulitan Masuk

Tidak semua hal bisa berjalan normal atau sah-sah saja, begitu juga dengan beberapa yang saya tuliskan di atas. Ketika mengakses MikroTik dan mengalami kegagalan ada beberapa tahapan yang bisa teman-teman lakukan, yaitu:

  1. Pastikan router menyala dengan baik (bisa diuji dengan cabut colok kabel jaringan)
  2. Kabel yang digunakan baik
  3. Router tidak dalam kondisi hang
  4. Services diaktifkan (bisa cek ke IP > SERVICES)
  5. Firewall (baik Router maupun PC) tidak ada yang memblokir port yang digunakan

Jika sudah dicoba dan masih ada masalah silahkan untuk mengajukan pertanyaan di kolom komentar atau ke grup facebook Aliansi TKJ Nusantara. Demikian tulisan saya tentang cara mengakses router MikroTik, tunggu tulisan selanjutnya yaa ^_^.

Tanda

Artikel Terkait

Close