Aplikasi wajib untuk belajar Network dan System

Halo teman-teman semua, cukup sering saya mendapatkan pertanyaan melalui sosial media tentang Aplikasi apa yang harus dipasang bagi siswa TKJ? atau Aplikasi apa yang harus dipasang bagi orang yang ingin belajar IT Infrastructure?. Selama beberapa tahun saya menjadi orang Infrastruktur Teknologi dan perhatian ke dunia SMK maka berikut daftar aplikasi yang wajib ada di komputer bagi kamu yang belajar Network & System versi on-the-spot Rona Ariyolo.

CISCO Packet Tracer

Rasanya aplikasi ini adalah aplikasi paling terkenal untuk anak TKJ, pasalnya dari sebelum saya masuk TKJ sampai sekarang saya sudah lulus aplikasi ini menjadi favorit. Entah karena memang lebih nikmat belajarnya atau karena memang tidak ada perangkatnya 😂. Terlepas dari apapun itu tetapi aplikasi ini layak kamu pasang di komputer karena simulasi sudah benar-benar baik.

Oh yaa aplikasi bernama CISCO Packet Tracer ini adalah aplikasi simulasi jaringan. Dari namanya tentu teman-teman sudah tahu bahwa aplikasi ini khusus mensimulasikan perangkat CISCO saja. Di aplikasi ini teman-teman bisa menyesuaikan dengan apa yang ingin dipelajari. Mulai dari routing, konfigurasi wireless, hingga konfigurasi keamanan jaringan bisa kalian lakukan di sini.

Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi yang dikhususkan bagi siswa atau guru yang tergabung dengan CISCO Networking Academy, namun saat ini installer nya sudah tersedia dimana-mana. Tetapi kalau kalian masih kesulitan silahkan hubungi saya nanti biar saya bantu 😼.

Virtual Box

Oracle Virtual Box

Virtual Box adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah mesin virtual pada komputer kita. Jadi istilahnya ada komputer di dalam komputer. Saya biasa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan simulasi server baik yang berbasis Linux, Windows, FreeBSD atau yang lainnya yang penting teman-teman bisa memasukkan image yang ingin digunakan.

Dahulu saya juga sering menggunakan Virtual Box untuk belajar membuat Router MikroTik di Virtual Box. Namun untuk menjalankan simulasi router, Virtual Box kurang “WAH” sehingga saya mengkhususkan Virtual Box hanya untuk virtualisasi Server saja. Untuk Router bagaimana? saya telah menggunakan GNS 3 yang akan kita bahas selanjutnya.

VirtualBox ini bisa teman-teman unduh di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads dan pilih versi VirtualBox yang cocok dengan komputer kalian. Oh yaa sebelum menggunakan Virtual Box pastikan teman-teman sudah memahami mode jaringan virtual yang digunakan oleh mesin ini. Bagi yang belum silahkan untuk membaca tutorial saya tentang Networking mode pada Virtual Machine.

GNS 3

GNS3 adalah aplikasi simulasi seperti Cisco Packet Tracer, namun GNS3 lebih luas karena tidak tertutup untuk satu vendor saja. GNS3 bisa digunakan beberapa vendor baik Network & System dengan syarat bisa di-build pada aplikasi ini. GNS3 mendukung multivendor dikarenakan pada GNS3 kita bisa menambahkan sendiri image untuk dijadikan mesin virtual. Image tersebut kita masukkan dan “kawinkan” dengan beberapa aplikasi virtualisasi seperti  Qemu, VirtualBox, VMware, bahkan Docker. Jadi GNS3 itu sebenarnya fasilitator untuk melakukan simulasi dengan bantuan dari aplikasi virtualisasi yang lain.

Walau sudah lama muncul namun aplikasi ini mulai hits di pelajar Indonesia mulai sekitar tahun 2015 awal. Kebetulan saya sendiri baru mencoba GNS3 ini di tahun 2015 pertengahan karena di forum banyak yang menggunakan aplikasi ini. Hal yang benar-benar terasa sih ketika mengikuti pelatihan dan sertifikasi MTCINE, GNS3 sangat-sangat membantu karena semua LAB bisa dilakukan dengan baik.

Aplikasi ini bisa didapatkan dengan cara mengunduh di situs https://www.gns3.com/software/download. Bagi yang ingin coba belajar silahkan untuk melihat tutorial saya pada artikel Simulasi MikroTik pada GNS3.

DRAW.IO

DRAW.IO bukanlah aplikasi simulasi seperti aplikasi-aplikasi yang telah saya bahas sebelumnya. DRAW.IO adalah aplikasi yang digunakan sebagai pembuat topologi. Seringkali sebagai siswa TKJ  terkadang hanya mengerti konfigurasi tetapi lemah terhadap pembuatan perancangan awal atau dokumentasi.

Dengan aplikasi DRAW.IO ini tidak hanya mudah dalam pembuatan topologi tetapi juga bisa membuat topologi kita lebih bagus. Mengapa? Karena pada DRAW.IO kita bisa memilih tipe grafis sesuai dengan vendor infrastruktur yang kita gunakan seperti Amazon Web Service, Microsoft Azure, atau Citrix.

Pada dasarnya aplikasi ini hanya bisa digunakan secara daring yang dapat diakses di situs https://draw.io. Tetapi saat ini DRAW.IO juga bisa kita gunakan secara luring dengan mengunduhya di situs yang sama.


Sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi lain yang digunakan jika teman-teman ingin belajar Network & System. Aplikasi yang saya tampilkan di sini adalah aplikasi yang dasar-dasar yang digunakan untuk teman-teman yang baru mulai belajar. Jika kalian ada aplikasi lain yang dirasa cukup bagus silahkan tulis di kolom komentar agar artikel ini saya perbaharui 😬.

Oh yaa jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar atau di grup Facebook Aliansi TKJ Nusantara. Jangan langsung chatting atau ke WhatsApp yaa soalnya saya biar yang lain bisa belajar juga.

Tanda
Close