Membuat bootable USB Windows di Ubuntu

Sebagai orang ayti seringkali saya harus melakukan instalasi Sistem Operasi Windows pada komputer sendiri ataupun komputer orang lain. Dahulu, sebagai pengguna Linux saya harus meminjam komputer teman yang menggunakan Microsoft Windows untuk membuat USB bootable. Alasannya karena memang aplikasi yang tersedia hanya untuk sistem operasi Windows saja 😬.

Sebenarnya bisa saja menggunakan komputer sendiri yang menggunakan linux (ubuntu) namun sering kali gagal karena saya tidak mengerti. Namun saat ini saya tidak perlu melakukannya lagi karena saat ini tersedia perangkat lunak yang bernama WOEUSB. WOEUSB merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat flashdisk menjadi perangkat USB bootable.

sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
sudo apt update
sudo apt install woeusb

Setelah selesai proses instalasi, silahkan untuk membuka aplikasi WoeUSB. Tampilannya cukup simpel hanya menentukan sumber (source) dan tujuan (target) media instalasinya. Untuk sumber instalasi bisa dipilih antara menggunakan ISO atau DVD-Drive. Penggunaannya juga mudah tinggal pilih media yang sebagai sumber dan tujuannya lalu klik install.

Tampilan WoeUSB

Sedikit catatan bahwa ketika klik install dan ada pesan kesalahan untuk melakukan unmount, silahkan untuk melakukannya. Ternyata untuk aplikasi ini mengharuskan flashdisk di-unmount terlebih dahulu sebelum bisa dipasang sebagai media instalasi. Kalau sudah bisa maka akan muncul tampilan proses penggandaan seperti di bawah ini. Jika proses ini telah selesai maka flahsdisk sudah bisa digunakan sebagai media instalasi Microsoft Windows 10.

Proses penggandaan pada WoeUSB


Itu dia tadi cara Membuat bootable USB Windonws di Ubuntu berbasis grafis sesuai pengalaman saya. Sebenarnya ada cara lain yaitu menggunakan command line, namun berdasarkan pengalaman saya cara tersebut seringkali mengalami error. Bahkan pernah juga membuat flashdisk yang saya gunakan rusak. Tetapi dengan cara ini saya sudah lebih dari 100x menggunakan dan sampai saat ini semua cara berhasil 😇.

Sumber
LinuxBabe.com
Tanda
Close