Mengatasi Gagal TOP-UP E-Money Mandiri

Halo teman-teman semuanya, pernahkah kalian mengalami gagal TOP-UP E-Money Mandiri atau kartu pada bank lainnya? Kebetulan saya sih sudah pernah, kondisinya adalah saldo pada rekening sudah terpotong namun saldo di E-Money tidak bertambah. Setelah bertanya sana-sini ke Customer Service dari Bank Mandiri jadi saya coba bagikan pengalaman saya kepada teman-teman sekalian.

1. Ketahui Permasalahan Gagal TOP-UP E-Money

Kejadian yang saya alami disebabkan oleh jaringan mesin ATM yang lambat sehingga proses di sisi server berhasil namun di sisi ATM mengalami kegagalan. Pada beberapa kejadian yang menjadi kerusakan adalah perangkat keras (NFC) pada mesin itu sendiri. Jika tidak tahu silahkan hubungi security atau penjaga gerai jika berada di toko.

2. Simpan Bukti Transaksi

Ketika melakukan TOP-UP, baik berhasil maupun gagal mesin ATM akan mengeluarkan kertas bukti transaksi. Jika dalam kondisi seperti saya sebaiknya teman-teman lakukan untuk mencetak 10 transaksi terakhir dari penggunaan E-Money teman-teman. Pada saat ingin melakukan klaim ke CS nanti bukti ini akan sangat diperlukan.

Bukti transaksi TOP-UP E-Money Mandiri
Bukti transaksi TOP-UP E-Money Mandiri

3. Kirim Surel ke Customer Service

Tahap selanjutnya adalah teman-teman mengirimkan surel kepada pihak Bank Mandiri dengan alamat surel mandiricare@bankmandiri.co.id. Untuk subjek surel diisi dengan kalimat GAGAL TOP UP MANDIRI E-MONEY. Untuk format pesan yang dikirimkan bisa mengikuti isi surel saya berikut ini:

Halo, beberapa hari lalu saya menghubungi customer care mandiri terkait gagal top up mandiri e money namun pada rekening saya ada transaksi pengisian. Berikut data diri dan hasil foto dari 10 transaksi terakhir e money saya.

Nama Lengkap: Rona Ariyolo
Tanggal lahir : 16 Maret 1994
Nomor Rekening: 132001xxxxxx
Nomor mandiri e-money: 6032 9860 3563 3147
Alamat lengkap sesuai KTP dan di buku mandiri tabungan : Jl. Panjang no.70, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Nomor Handphone: 08-2233-7788-22
Nama Ibu Kandung: Frisda Hutapea
Tgl transaksi: 6 Maret 2018 
nominal transaksi: Rp 100.000,-

Demikian hal yang bisa saya infokan, terima kasih

JANGAN KIRIM DULU surel teman-teman karena ada 1 lagi yang kurang yaitu Lampiran. Silahkan teman-teman melampirkan bukti 10 transaksi terakhir yang teman-teman dapat dari mesin ATM. Untuk buktinya bebas mau di foto menggunakan kamera boleh atau di-scan lebih bagus. Kalau sudah baru boleh kirim surel kalian 😁

4. Tunggu Saja

Setelah mengirimkan surel mari kita memberikan waktu kepada tim Bank Mandiri untuk melakukan verifikasi terhadap data yang sudah kita kirimkan. Perlu teman-teman ingat bahwa kejadian seperti ini mungkin banyak terjadi sehingga untuk verifikasi memerlukan waktu yang agak lama. Namun jika dalam waktu 1×24 jam tidak ada kabar teman-teman bisa untuk mengirimkan kembali surel dengan format yang sama, karena siapa tau terlewati.

Pengalaman saya sendiri dalam proses ini setidaknya membutuhkan waktu selama 3 hari. Sebenarnya 2 hari cukup namun berhubung saya lupa membaca surel jadi baru bisa terselesaikan 3 hari karena di salah satu surel balasan terdapat konfirmasi data saya yang kurang lengkap.


PENCEGAHAN Gagal TOP-UP E-Money

Lalu bagaimana tips pencegahan agar gagal TOP-UP E-Money Mandiri atau bank lain tidak terjadi? Sebenarnya cukup simpel yaitu jangan memaksakan bertransaksi ketika dalam proses memasukkan PIN saja sudah lama. Ini bertanda bahwa ada 2 kemungkinan yaitu mesin ATM yang sedang lemot (bisa jadi kepanasan) atau jaringan internet yang bermasalah. Kalau sudah seperti ini lebih baik keluar dan lakukan TOP-UP di ATM lain.

Rona Ariyolo

Seorang IT Infrastructure Enthusiast yang gemar berkecimpung di dunia pendidikan. Selain di blog aktif juga memberikan informasi di media sosial terutama instagram (story).

Artikel Terkait

Close