Menampilkan Data Tabel MySQL menggunakan Netbeans tanpa Coding

Ada beberapa cara menampilkan data dari sebuah tabel database pada MySQL menggunakan Netbeans dan ada juga yang tidak perlu coding. Cara ini adalah cara dasar dan tentu berlaku untuk menguji koneksi ke Database Server kita. Karena saya tidak tau mau mengetik apalagi untuk pembukaan tutorial kali ini jadi mari kita mulai saja tutorialnya.

Persiapkan Database

Sebelum kita memunculkan data tabel MySQL kita harus persiapkan dulu datanya. Sebagai contoh saya  punya basis data dengan nama akademik yang di dalamnya terdapat tabel dengan nama mahasiswa dengan data seperti di bawah ini:

Buat Tampilan di Netbeans

Sekarang kita bisa buka Netbeans lalu buatlah sebuah file baru dengan tipe JFrame Form seperti di bawah ini.

Jika sudah masukkan Palette  jenis Table ke Design Canvas. Palette ini adalah media yang akan kita gunakan untuk menampilkan data dari basis data. Silakan menuju ke jendela Palette atau jika tidak menemukan coba tekan Ctrl+Shift + 8 pada papan ketik. Setelah itu lakukan click-and-drag Table ke jendela Design.

Koneksikan Netbeans dengan MySQL

Silahkan pergi ke jendela Service dengan cara menekan Ctrl+5 lalu pada bagian Databases klik kanan dan pilih New Connection. Pada layar kita saat ini muncul jendela baru yang menyuruh untuk memilih driver dari server basis data yang kita gunakan. Pilih MySQL (Connector/J Driver) pada kolom  Driver lalu klik Next>.

Pada jendela selanjutnya kita akan coba untuk memasukkan informasi dari server MySQL yang kita gunakan. Jika teman-teman sama seperti saya menggunakan XAMPP dan belum diubah maka biarkan saja kecuali pada kolom Database silahkan untuk memasukkan nama basis data yang telah kita buat di awal. Sebagai contoh saya menggunakan database dengan nama akademik. Jika sudah klik Finish saja langsung karena bagian selanjutnya tidak terlalu penting 🤭.

Mengimpor Data ke Tabel

Pada tabel yang ada di Design Canvas silahkan klik kanan lalu pilih Properties.  Pada jendela baru yang muncul silahkan pilih menu Binding. Lalu pada bagian elements klik tombol kotak berisi 3 titik sebelah kanan untuk membuka Custom Editor.

Pada jendela yang baru silahkan klik Import Data to Form… untuk membuka jendela baru.  Di jendela impor pilih Database Connection yang telah kita buat sebelumya lalu pilih tabel mana yang akan diimpor lalu klik OK.

Tunggu sampai proses impor selesai dan silahkan susun terkait data yang akan ditampilkan. Jika sudah klik OK.

Terakhir adalah menguji dengan menjalankan (run) file yang telah kita buat akan muncul hasil seperti di bawah ini

Tanda
Close