Jenius: Karya BTPN yang Menggebrak Perbankan Indonesia

Halo semuanya jadi kali ini saya akan mengulas salah satu aplikasi perbankan Indonesia milik Bank BTPN yaitu Jenius. Sebenarnya saya sudah tahu lama semenjak awal Jenius launching, beberapa teman terutama yang pekerja TI sering saya lihat bicara tentang produk yang satu ini. Saya membuat Jenius karena waktu itu ingin membeli tutorial pramuka dan verifikasi akun paypal, namun karena tidak punya kartu kredit jadi saya coba cari cara dan ketemulah caranya dengan menggunakan Jenius.

Ulasan ini berdasarkan pengalaman pribadi selama 2 bulan menggunakan Jenius dan beberapa aset pada tulisan ini diambil dari situs resmi Jenius.

Apa itu Jenius?

Di atas saya sudah beritahu bahwa Jenius merupakan salah satu produk dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau biasa kita sebut BTPN. Memiliki tagline Experience Banking Reinvented, Jenius ingin pengguna layanan perbankan atau nasabah mudah, cerdas, dan aman dalam mengelola keuangan. Ini dikarekan semua fitur perbankan bisa dilakukan hanya dengan 1 aplikasi saja.

Desain Aplikasi

Desain aplikasi jenius

Warna dominan pada aplikasi ini adalah warna biru dan putih. Ketika awal membuka aplikasi dan jika sudah punya akun maka akan ada tampilan untuk melakukan autentikasi. Ada 2 jenis metode autentikasi yang bisa dilakukan yaitu melalui 6 digit PIN dan menggunakan sidik jari. Kalau saya pribadi lebih senang menggunakan sidik jari karena lebih praktis.

Setelah masuk kita akan disuguhkan tampilan dasbor yang bisa dikustomisasi. Saya pribadi mengubah menjadi hanya widget dari Saldo Total dan In & Out saja agar lebih simpel. Selain 2 widget tersebut ada beberapa widget lagi yang bisa ditampilkan ke dasbor yaitu Card Center, Send It, Save It, Awards, dan Find US.

Fitur Unggulan Jenius

Bukan tanpa sebab saya memberikan judul “Menggebrak Perbankan Indonesia” pada artikel ini. Karena Jenius memiliki beberapa fitur yang lebih dibandingkan aplikasi perbankan pada umumnya. Salah satunya adalah fitur yang mereka sebut dengan $CashTag. Dengan fitur ini memungkinkan pelanggan melakukan transfer dana dengan nama panggilan bukan nomor rekening secara langsung. Sebagai contoh jika ingin mengirim dana ke saya teman-teman cukup masukkan saja $ariyolo pada kolom. Tidak percaya? Silahkan daftar dan coba 😆.

Selanjutnya adalah fitur yang disebut dengan Moneymoji. Fitur ingin memungkinkan pengguna mengirim dana dengan hal yang lebih seru yaitu dengan menambahkan emoji. Emoji ini juga akan update sesuai dengan keadaan seperti hari raya atau hari libur. Sedikit catatan bahwa fitur ini emoji hanya berlaku jika melakukan transfer menggunakan $CashTag yaa 😏.

1. Masukkan $Cashtag 

2. Aktifkan dan tulis pesan 
3. Pilih animasi

.

Fitur unggulan selanjutnya adalah PAY ME. Ini fitur yang cocok sekali bagi temanmu yang pura-pura lupa dalam membayar hutang. Dengan fitur ini kita bisa memberitahu teman bahwa dia memiliki pembayaran yang harus dilakukan. Tampaknya simpel tetapi fitur ini sangat berguna mengingat banyak sekali orang yang lupa ingatan ketika harus membayar hutang.

Jenis Kartu Jenius

Jika pada Bank lain kita hanya ada 1 kartu debit, di Jenius kita bisa mendapatkan 3 jenis kartu. Tiga jenis kartu tersebut adalah m-card, e-card, dan x-card. Dengan memiliki pilihan kartu-kartu ini saya pribadi bisa mengatur keuangan dengan cara mengatur limit dan penggunaan masing-masing kartu. Semua kartu ini dapat diatur dalam aplikasi pada menu Card Center.

Kartu yang akan saya bahas pertama adalah m-card. Kartu ini sebenarnya tidak asing karena ini adalah kartu debit pada umumnya. Kartu ini tergabung dalam Visa International sehingga bisa melakukan penarikan uang pada merchant Visa. Kartu debit ini memiliki keunggulan dari kartu debit bank lain karena telah mendukung  Visa PayWave sehingga transaksi di merchant bisa lebih cepat. Kartu ini akan teman-teman dapatkan ketika berhasil verifikasi akun Jenius dan akan dikirimkan melalui kurir.

Kartu lainnya yang bisa didapatkan adalah e-card. Kartu ini tidak berbentuk fisik melainkan hanya virtual saja. Kartu ini digunakan untuk melakukan pembayaran online yang biasanya membutuhkan kartu kredit. Saya sendiri menggunakan kartu ini untuk verifikasi akun paypal dan belanja bahan-bahan belajar 😆. Untuk kartu ini bisa didapat dengan cara mengaktifkan e-card pada aplikasi Jenius.

Kartu terakhir adalah x-card yang merupakan kartu debit tambahan. Fungsi kartu ini sama dengan kartu m-card dan tidak ada yang berbeda. Saya rencana menggunakan kartu ini untuk adik sepupu yang tinggal dengan saya, sehingga jika dia sedang butuh uang saya bisa langsung mengirimkan dengan melakukan transfer dana antar kartu. Saldo pada kartu ini bisa di top-up melalui aplikasi Jenius.  Sekedar informasi bahwa saat ini ada versi x-card yang sudah mendukung GPN.

Biaya & Tarif Jenius

Ini adalah salah satu hal yang diperhatikan bagi nasabah dengan uang sedikit seperti saya 😅. Awalnya saya sempat berfikir dengan membuat rekening lagi berarti akan menambah biaya bulanan seperti biaya kartu dan biaya administrasi, ternyata di Jenius biaya tersebut dihapuskan alias gratis 😍. Selain biaya kartu dan administrasi, Jenius juga menggratiskan biaya pembuatan akun, penutupan akun, biaya pinalti. Hal yang menurut saya menarik juga adalah gratisnya biaya tarik di ATM selain BTPN dan transfer ke bank lain dengan kuota 25x transaksi. Untuk detil biaya lainnya teman-teman bisa melihat di bawah ini. Data yang saya ambil berasal langsung dari situs Jenius.

Tipe Transaksi

Biaya

Transfer Online via Aplikasi
25x transaksi pertama setiap bulan Gratis
Transaksi berikutnya ke Bank Lain Rp 3.000/trx
Transfer dengan metode SKN Rp 3.000/trx
Transfer dengan metode RTGS Rp 20.000/trx
Ke nomor HP & Email Rp 3.000/trx
Transfer via ATM (dengan m-card dan x-card)
Jaringan Prima/Bersama Rp 6.500/trx
Tarik Tunai
Akumulasi 25x transaksi pertama menggunakan m-Card (kartu utama) dan x-Card (kartu tambahan) di jaringan ATM Prima/Bersama setiap bulan Gratis
ATM BTPN Gratis
Transaksi setelah 25x gratis di Jaringan Prima/Bersama Rp 7.000/trx
Jaringan Visa Rp 25.000/trx
Cek Saldo (m-Card & x-Card)
Via Aplikasi Gratis
ATM BTPN Gratis
Jaringan Prima/Bersama Rp 4.000/trx
Jaringan Visa Rp 5.000/trx
Transaksi Gagal
Debit melalui EDC di jaringan Prima Rp 2.000/trx
Jaringan Visa Rp 5.000/trx
Berkas & Ganti Kartu
Cetak dokumen Rp 50.000/trx
Buat Kartu Baru Gratis(1 kartu/tahun, Rp 25.000 setelahnya)

Kekurangan Jenius

Sebagai pengguna baru dan tidak memiliki transaksi yang tinggi saya hampir tidak menemui kekurangan dari Jenius. Tetapi saya coba membuat ulasan ini secara umum sehingga saya menemukan kekurangan yang mungkin teman-teman berfikir ini juga bukan kekurangannya.

Kekurangan dari Jenius bukanlah di aplikasinya melainkan pada bank penaungnya yaitu bank BTPN. Bank ini masih belum terlalu besar di Indonesia dan banyak orang yang kurang familiar dengan bank ini. Saya sendiri telah menguji ke beberapa rekan yang memang tiap bulan transfer dana ke saya. Ketika saya suruh kirim ke rekening bank BTPN hanya 1 dari 6 orang yang berhasil tanpa tanya lagi ke saya. Sisanya ada yang tidak menemukan bank BTPN pada ATM (mungkin kurang jeli) dan ada juga yang tidak tanya “Ada yaa nama bank BTPN?” 😂.

Menerima uang ada masalah dan kali ini mengirim uang pun menjadi “agak” masalah. Pasalnya banyak rekanan sayan yang menggunakan akun bank dari BCA, Mandiri, BRI, dan BNI. Bahkan tampaknya sulit menemui orang yang tidak memiliki akun rekening dari bank tersebut. Hal ini memang sudah diantisipasi dengan diberikannya 25x transaksi gratis namun bagi orang yang sering transfer jumlah ini kemungkinan akan kurang 😋.

Kekurangan terakhir adalah kekurangan yang tidak terlalu signifikan yakni ATM yang belum banyak sehingga untuk mengambil uang saya harus ke ATM dari bank lain. Kembali, walaupun sudah Jenius menggratiskan 25x tarik tunai dari ATM yang sudah berafiliasi namun kan tidak menutup kemungkinan adanya orang yg melakukan tarik tunai ke ATM lebih dari 25x 😄.


Kesimpulan dari ulasan kali ini adalah dengan begitu banyak fitur unggulan yang ditawarkan oleh Jenius rasanya BTPN bisa lebih siap menghadapi generasi milenial yang semuanya ingin dilakukan serba mobile. Namun ancaman besar juga menunggu Jenius dan Bank BTPN yaitu ketika 5 bank dengan aset terbesar di Indonesia yaitu BRI, Mandiri, BCA, BNI, dan BTN mengeluarkan produk sejenis.

Selama 2 bulan menggunakan produk ini saya tidak menemui masalah dan saya merasa sangat puas dengan produk ini. Fitur-fiturnya pun berjalan normal dan tidak ada yang error. Untuk urusan 25x transaksi gratis bagi saya tidaklah masalah karena saldo di rekening saya dikit dan hanya digunakan untuk belanja saja 😆.

Tanda
Close