AR&Co dari Sudut Pandang Karyawan Ala Kadarnya

Hari ini saya tepat saya 3 tahun di perusahaan kreatif dan dijital bernama WIR Group. Tidak terasa yaa ternyata saya bisa bertahan lama juga di sini. Seperti tahun-tahun sebelumnya saya mencoba menulis seputar perusahaan tempat saya bekerja. Dan untuk tahun ini saya coba membahas tentang salah satu unit di WIR Group yang bernama AR&Co.

Oh yaa sebelumnya saya mau bercerita bahwa mulai Maret 2018 saya resmi jadi karyawan dari AR&Co. Sebelum-sebelumnya saya hanya menumpang duduk saja karena secara hitam di atas putih saya merupakan  karyawan dari DAV.  Walau masih sama-sama perusahaan teknologi tetapi tetap saja setiap unit atau anak perusahaan memiliki spesialisasi bidangnya masing-masing. Sekedar informasi bahwa semenjak di AR&Co ini saya berubah jabatan dari Network Engineer menjadi System Administrator.

Apa itu AR&Co?

Dari beberapa pembaca mungkin tidak kenal dengan perusahaan ini dan tampaknya memang tidak terkenal, jadi saya akan coba jelaskan apa itu AR&Co 😅. Dari namanya yaa AR&Co itu singkatan dari Augmented Reality and Co. Sesuai namanya maka perusahaan ini berfokus pada teknologi Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia disebut realita tertambah. Walau namanya Augmented Reality tetapi proyek yang dikerjakan tidak hanya di bidang itu saja kok. Ada juga proyek-proyek Virtual Reality dan permainan untuk desktop ataupun ponsel.  Untuk contohnya berikut ada proyek yang dikerjakan untuk Faber-Castell.

Penghargaan adalah salah satu hal yang mungkin bisa menjadi patokan apakah suatu hal itu bagus atau tidak. Penghargaan merupakan sebuah pengakuan dari orang lain atas kemampuan sebuah organisasi ataupun personal. Perusahaan tempat saya bekerja saat ini syukurlah ternyata telah memiliki beberapa penghargaan. Salah satu penghargaan yang saya ingat adalah Best Campaign Award pada acara Auggie Award di tahun 2016. Untuk beberapa penghargaan lainnya ada di bawah ini yang saya comot dari situs www.ar-innovation.com.

  • Top 25 Indonesia Most Creative Companies 2016 by SWA Magazine
  • AR Best Campaign at the Augmented World Expo’s 6th Annual Auggie Awards 2015 – Silicon Valley
  • Winner at The Smarties APAC 2015
  • Innovation 40 by The New Economy, London, March 2014
  • Augmented Reality Champion Category 2013 by AR Summit London
  • The Most Innovative Application by Gadget Award 2013, Jakarta
  • Best Use of Technology Category at the Marketing Events Award 2013 in Singapore
  • Asia’s Best Entertainment Channel 2012 by 3rd CMO Asia Award, Singapore
  • The Most Innovative Game by Indonesia Game Show 2012
  • Top 3 in the World 2011 & 2012 as Golden Partner by its International Partner
  • Asia’s Best Study Case 2010 by Penn Olson

Kehidupan di AR&Co

Di awal tadi saya sudah beritahu bahwa walaupun saya pindah perusahaan ke AR&Co namun tempat duduk saya tetap sama alias tidak pindah. Karena hal ini tidak ada perubahan gaya bekerja yang berarti bagi saya. Bekerja di perusahaan ini bisa dibilang menyenangkan karena karyawan-karyawannya membaur satu sama lain.

Hal yang membuat saya cukup nyaman sebenarnya adalah dari waktu kerja yang “fleksibel” karena kita bisa ganti hari kerja, walau terkadang jam kerja fleksibel ini membuat kita lembur bagai QUDA 🐎. Soal peraturan kostum juga di sini dibilang oke karena kita dipersilahkan memilih kostum sesuai dengan model yang cocok dengan kita. Ini menjadi peraturan bahagia untuk orang seperti saya yang tidak senang menggunakan baju kemeja apalagi harus menggunakan dasi.

Di ruangan kerja AR&Co terdapat berbagai macam permainan yang bisa dimainkan ketika waktu senggang atau malam hari ketika malas pulang karena macet. Berbagai macam permainan yang tersedia adalah karambol, kartu remi, dart, kartu UNO, dan UNO Stacko. Kalau bosan dengan permainan tersebut banyak karyawan yang bermain permainan di komputer atau ponsel. Oh yaa sekedar informasi saja permain-permainan tersebut bukan disediakan kantor yaa melainkan karyawan beli sendiri. Namun kantor mendukung dengan memberikan kebebasan karyawan untuk bermain.

bermain uno stacko di jam pulang bersama karyawan AR&Co

Faktor yang membuat seorang karyawan nyaman tidaklah melulu gaji yang besar, ada yang lebih penting yaitu lingkungan kerja. Dengan lingkungan kerja yang nyaman maka seorang karyawan dapat berfikir memberikan ide dan memberikan karya-karya terbaiknya. Berbanding terbalik dengan kondisi lingkungan yang sudah tidak nyaman, karyawan hanya berfikir tentang bagaimana melewati hari-hari membosankannya di kantor tersebut.

Bersyukur di perusahaan ini lingkungan kerjanya masuk kategori nyaman. Seluruh rekan-rekan karyawan dapat bekerjasama dengan cukup baik. Tak jarang pula kantor mengadakan acara kebersamaan seperti makan bersama atau liburan untuk merekatkan tali kekeluargaan antar karyawan. Biasanya acara kebersamaan tuh muncul kalau ada proyek yang sukses bangetz, hari ulang tahun salah satu karyawan, dan adanya karyawan yang resign. Untuk yang terakhir sebagai bentuk peghormatan terakhir ajah sih sebenarnya 🤭.

makan-makan AR&Co


Bekerja di perusahaan yang memiliki portofolio hebat adalah kebanggaan tersendiri bagi karyawan ala kadarnya seperti saya. Di sini saya bisa belajar banyak hal profesional karena bekerja dengan orang-orang yang profesional juga. Selanjutnya tinggal melihat saja apakah saya akan menulis cerita tentang tahun ke-4 di WIR Group atau saya membuat cerita tahun ke-1 di perusahaan lain. Karena semua akan (p)indah pada waktunya 😇.

Tanda
Close