Pengetahuan

Apa itu MikroTik?

MikroTik saat ini menjadi hal yang sangat digemari terutama anak SMK. Karena perangkat ini selain powerfull dia juga memilih harga yang murah serta fitur yang ditawarkan beragam. Nah di artikel kali ini saya akan membahas tentang MikroTik sendiri.

Apa itu MikroTik?

Saat ini ketika mendengar kata MikroTik orang akan bilang bahwa itu adalah perangkat jaringan. Sebenarnya ada sedikit kesalahan sih hehe ?. MikroTik sendiri itu adalah nama perusahaan pembuat perangkat jaringan, ingat yaa P.E.R.U.S.A.H.A.A.N. Karena dia itu adalah perusahaan MikroTik memiliki nama resmi secara corporate juga yaitu dengan nama Mikrotīkls SIA, hmm yaa mungkin kalau di kita bentuknya sudah PT bukan lagi CV.

MikroTik dimulai pada tahun 1996 oleh John Tully (CEO) dan Arnis Riekstins (CTO) di Kota Riga, Latvia. Awal mulanya MikroTik membuat perangkat lunak yang mereka gunakan untuk ISP nirkabel mereka. Mungkin karena awalnya ISP berbasis nirkabel itu mengapa sampai saat ini MikroTik gencar mengeluarkan inovasi-inovasi pada perangkat nirkabel.

Produk MikroTik

Karena MikroTik adalah sebuah perusahaan maka tentunya dia memiliki produk. Nah produk dari MIkroTik secara umum ada 2 yaitu RouterOS & RouterBoard.

RouterOS

RouterOS adalah sebuah sistem operasi yang difungsikan khusus untuk Router. Secara default sistem operasi ini dikhususkan untuk RouterBoard, tetapi bisa juga digunakan pada PC. Dengan menjadi populer nya komputasi awan maka MikroTik juga membuat versi khusus untuk komputasi awan yang disebut dengan Cloud Hosted Router (CHR).

RouterOS memiliki level lisensi yang di setiap level nya memiliki batasan penggunaan fitur berbeda-beda. Berikut adalah perbedaan dari masing-masing level lisensi yang saya ambil dari www.mikrotik.com.

Level number 0 (Trial mode) 1 (Free Demo) 3 (WISP CPE) 4 (WISP) 5 (WISP) 6 (Controller)
Price no key registration required volume only $45 $95 $250
Initial Config Support 15 days 30 days 30 days
Wireless AP 24h trial yes yes yes
Wireless Client and Bridge 24h trial yes yes yes yes
RIP, OSPF, BGP protocols 24h trial yes(*) yes yes yes
EoIP tunnels 24h trial 1 unlimited unlimited unlimited unlimited
PPPoE tunnels 24h trial 1 200 200 500 unlimited
PPTP tunnels 24h trial 1 200 200 500 unlimited
L2TP tunnels 24h trial 1 200 200 500 unlimited
OVPN tunnels 24h trial 1 200 200 unlimited unlimited
VLAN interfaces 24h trial 1 unlimited unlimited unlimited unlimited
HotSpot active users 24h trial 1 1 200 500 unlimited
RADIUS client 24h trial yes yes yes yes
Queues 24h trial 1 unlimited unlimited unlimited unlimited
Web proxy 24h trial yes yes yes yes
User manager active sessions 24h trial 1 10 20 50 Unlimited
Number of KVM guests none 1 Unlimited Unlimited Unlimited Unlimited

RouterBoard

RouterBoard adalah produk MikroTik yang berbentuk perangkat keras (hardware). Secara bawaan RouterBoard menggunakan sistem operasi RouterOS. RouterBoard memiliki keunggulan dibanding dengan produk Router dari produsen lainnya karena inovasi yang dibuat MikroTik. Mulai dari penggabungan antara antar muka kabel dan nirkabel sampai beberapa modul yang dapat ditambahkan oleh pengguna secara mandiri. RouterBoard memiliki penamaan secara unik yang akan saya bahas di artikel Penamaan RouterBoard MikroTik.

Topik

Related Articles

Close