Pengetahuan

Blokir http dan https di mikrotik paling mudah di MikroTik

Tutoial pemblokiran di MikroTik sudah banyak sekali kalau kita cari di Internet. Bahkan saya sendiri sudah pernah bikin beberapa kali baik di blog atau youtube. Nah kali ini bakalan beda sedikit nih dan saya bilang ini yang paling mudah.

Hanya sekedar catatan saja bahwa tutorial ini hanya berfungsi pada RouterOS versi 6.36 ke atas. Karena pada versi 6.36 ke atas terdapat fitur baru pada address list yang bisa resolve sebuah domain dan menambahkan entri IP secara otomatis.

Caranya pertama kita harus dapatkan IP dari situsnya terlebih dahulu dalam hal ini adalah YouTube. teman-teman bisa pergi ke IP > Firewall > Address Lists > +, lalu silahkan isi kolom Name (bebas karena hanya sebagai tanda) dan kolom Address dengan domain yang akan diblokir. Jika teman-teman klik OK maka akan muncul entri baru dan akan itu akan berubah secara dinamis.

Setelelah kita mendapatkan IP dari YouTube sekarang kita tinggal melakukan pemblokiran pada list tersebut dengan ke IP > Firewall > Filter Rules > +, dan ikuti cara di bawah ini

Jika sudah silahkan coba untuk mengakses YouTube dan jangan lupa untuk berikan testimoni tentang artikel ini di kolom komentar ^_^


NB : Untuk action pada filter rules bisa disesuaikan yaa tidak harus DROP, tetapi boleh juga REJECT.

Topik
Close
Close