Cerita

Catatan mengisi Seminar Teknologi Di Jepara

Sesuai judul gua akan coba cerita hasil dari perjalanan ke Kabupaten Jepara tepatnya ke SMK Wikrama 1 Jepara. Yaa bagi yang udah kenal gua pastinya udah tau donk bahwa sebelumnya gua 3 tahun di sekolah ini sebagai Staff kiriman dari IDS Consultant. Nah kembalinya gua ke SMK Wikrama 1 Jepara kali ini berbeda dengan dulu karena status gua skarang adalah jomblo pemateri seminar yang mereka bikin. Di kegiatan ini gua berkolaborasi dengan guru gua yaitu Mbah Suwandana a.k.a Suro Dhemit.

Dalam seminar yang mengambil tema “Server Virtualization & Basic of Security” ini gua kebagian menyampaikan tentang keaman dasar pada Router. Lu pada jangan berfikir gua kasih pembahasan yang WOW, gua bahas materi standar seperti bagaimana proses serangan terjadi dan bagaimana cara menghalanginya. Sebenernya seminar ini sebagai UCL sebelum ke MikroTik User Meeting Indonesia 2016 yang akan dilaksanakan Oktober nanti, dimana gua akan jadi salah satu presenter kalau materi gua disetujui ?

Nah tiba saatnya bagian gua membawakan materi Basic of Security. Kebanyakan dari peserta sih sebenarnya sudah agak mengerti tetapi gua cukup senang juga karena di sesi gua para peserta sangat aktif bahkan sampai lempar balik jawaban. Selain membawakan materi Basic of Security gua juga dipaksa untuk sharing tentang dunia kerja. Mulai dari ilmu apa ajah yang harus dikuasai kalau kita akan menjadi seorang Network Engineer. Bukannya gak mau jelasin tentang System Engineer cuman sebelumnya sudah dijelaskan oleh mbah hehe ? Nah untuk apa aja yang harus dipelajari untuk menjadi seorang Network Engineer gua pake “The TEN Golden List Executors” yang dirancang oleh teman-teman Best Path Network walaupun masih belum sah ?

Related Articles

Close