Cerita

DUTA ID dan serba-serbi PANDI Meeting 8

Bagi teman-teman yang mengikuti saya di sosial media tentu sudah tau bahwa dari tanggal 15-18 Mei 2017 saya mengikuti kegiatan PANDI Meeting 8 dan pada acara tersebut saya mengambil sedikit peran sebagai DUTA ID untuk pertama kalinya. Maksudnya bukan karena saya baru kali ini jadi DUTA ID, tetapi memang program DUTA ID ini baru diadakan pada PANDI Meeting 8 dan secara kebetulan orang yang terpilih adalah saya ?

Sebelum cerita-cerita saya mau kasih tahu dulu kepada teman-teman bahwa PANDI Meeting 8 merupakan acara yang berisi kegiatan seputar internet seperti Blogging, Security, dan diskusi. Sesuai namanya PANDI Meeting 8 diselenggarakan oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Bagi yang tidak tahu lagi, PANDI itu badan yang mengatur domain dengan TLD .ID dan SLD seperti .co.id, .web.id, .or.id, dan lainnya.

DUTA ID ?

DUTA ID sendiri adalah program yang diciptakan untuk pemuda/i yang aktif terjun di masyarakat tentang internet.  Seperti sudah saya jelaskan bahwa pada PANDI baru pertama kali menyelenggarakan program ini. Targetnya sih agar kami bisa berkontribusi seputar internet kepada masyarakat di daerah kami. Makanya setiap PANDI Meeting akan ada DUTA ID baru yang harapannya adalah semua daerah di Indonesia ada DUTA ID.

Sebagai DUTA ID untuk PANDI Meeting 8 saya tidak sendiri. Ada DUTA ID wanita yaitu Siska Astari Dewi, seorang penulis tentang lifestyle yang sedang kuliah S2 di Semarang. Kami berdua ketika di PANDI Meeting kemarin jadi kaya duet gitu. Sebelum kalian berfikir yang agak aneh jadi saya coba halang dulu yaa, ini beneran duet kerja dan beliau juga sudah punya calon suami ?. Setelah PANDI Meeting 8 ini kamu akan melakukan sosialisasi ilmu yang di dapat selama belajar di PANDI Meeting 8. Lalu ilmu apa saja yang didapat?

DUTA ID | PANDI Meeting 8

Di hari pertama saya mengikuti sebuah forum yang didalamnya diikuti oleh para Chief Officer perusahaan hitz seperti Kaskus, Rumahweb, OLX, dan lainnya. Kesan pertama saya sih bukan keren tapi agak kikuk karena belum pernah kumpul dengan orang-orang seperti ini ? Tetapi setelah mengikuti ternyata seru kok membahas layanan baru dari PANDI yang rencananya diintegrasikan dengan layanan mereka. [UPDATE] Baca artikel U.ID : menjadi terpercaya di dunia maya dan MY.ID layanan blog dengan DOMAIN gratis.

1.. 2.. 3.. ACTION

Di hari ke 2 bagi saya ini baru yang agak eneg dan deg-deg an, karena saya diharuskan presentasi seputar pengalaman saya berkontribusi internet di masyarakat. Awal-awal briefing dengan ibu Svaradiva a Human Kangaroo sih bilangnya cuman 3 menit, tetapi saya kelewat banget kayaknya. Presentasi saya sendiri menghabiskan waktu hampir 10 menit (karena banyak bercanda ?) dan sesi pertanyaan yang sangat menusuk hampir 30 menit. Yang paling berkesan tentu adalah sesi pertanyaan karena orang yang hadir banyak banget yang nanya ?

Ketika malam hari bukan berarti santai, saya diajak oleh teman-teman dari TDK Indonesia, Uwa Aboer yang agak hitz di penggiat TIK, dan Pace Gustaf untuk ngopi bersama kang Eri (Ketua Relawan TIK) ? Sebenarnya kalau dari awal kami paham akan rute tidak akan jadi malam, tetapi karena kesasar dan ketika pergi itu jam pulang kerja (kami lewat sudirman) alhasil sampai tempat kopi ajah hampir jam 9.

Ngopi bareng bersama ketua Relawan TIK

Di hari selanjutnya peserta agak ramai karena kedatangan mahasiswa/i. Selain itu memang hari ini adalah pembagian doorprize dan semakin mendekati pembagian doorprize ruangan semakin ramai ?. Cuman di hari ini yang saya ingin bahas sih bukan itu melainkan ketika sesi dari ICTWATCH dengan tanpa rasa bersalah Sisca sang MC memanggil saya untuk maju. Entah disuruh oleh siapa tetapi yang pasti maju tanpa persiapan apa-apa dan sebenarnya saya nahan pipis dari awal maju ?

ATTENTION!!!

Di luar kegiatan yang saya ceritakan ada kegiatan lain pada PANDI Meeting 8 ini seperti BIGDATA, Creative Writing, membuat video, bagaimana memasarkan dagangan secara online, Diskusi umum, cerita dari Relawan TIK & ICTWATCH, DNSsec, hukum-hukum tentang kekayaan intelektual, serta ada juga sesi bersama Asosiasi Cloud Hosting Indonesia yang menurut saya agak ramai. Ramai acara ini bukan karena pesertanya banyak tetapi diskusinya benar-benar berbobot dan materinya benar-benar cocok dengan saya yang notabene adalah orang yang pura-pura jago dalam IT Infrastructure.

Acara PANDI Meeting ini diselenggarakan 2 kali dalam setahun yaitu sekitar bulan April dan Oktober. Selain ke depannya akan ada program DUTA ID lagi, khusus bulan Oktober nanti ada acara yang menarik yaitu PANDI AWARD, sebuah penganugerahan tahunan kepada website yang menggunakan domain .ID dan bermanfaat. Jadi tunggu apalagi? Ayo perbanyak portofolio untuk ikutan DUTA ID dan ID WEBSITE AWARDS pada PANDI Meeting 9 ?


NB : www.ariyolo.id akan ikut ID WEBSITE AWARDS jadi pastikan web kalian lebih bagus dari saya yaa ?

Topik
Close