CeritaPengetahuan

Google Chrome membuka situs aneh

Hari ini saya mengambil laptop yang dipinjam oleh teman beberapa hari yang lalu. Ketika dinyalakan sih tidak ada yang aneh sampai saya membuka Google Chrome dan tampak beberapa keanehan ?

Keanehan pertama adalah ketika Google Chrome dibuka selalu membuka situs aneh aneh. Biasanya hal seperti ini terjadi karena adanya ekstensi baru yang gak jelas, tetapi setelah dicek ternyata tidak ada ekstensi yang aneh alias semuanya masih aman. Terfikirkan oleh saya adalah setelah ketika membuka Google Chrome, dan ternyata bukan juga -_-

Hmm setelah usut mengusut ternyata masalahnya adalah di Shortcut yang telah dimanipulasi yang bisa kita lihat dengan cara klik kanan > properties seperti di bawah ini

Dalam kolom target setelah perintah untuk membuka chrome.exe ternyata ada perintah tambahan untuk membuka situs launchpage.org yang dimana ketika membuka situs tersebut akan diarahkan ke situs-situs aneh. Biasanya ini disebabkan karena kita install aplikasi tidak jelas seperti WAJAM. Cara untuk mengembalikannya agar normal cukup dengan cara menghapus URL launchpage pada kolom target dan simpan.

MASALAH BELUM SELESAI

Saya fikir masalah untuk Google Chrome saya telah selesai, ternyata BELUM!!! ? Ada sebuah kejanggalan ketika saya sedang mencari menggunakan kolom URL. Setelah tampilan google, sekitar 3 detik halaman akan ter-refresh dan malam berubah menjadi rambler

Selain itu ketika membuka situs seperti youtube, setiap klik kanan, kembali muncul situs-situs aneh . aarrggghh ? Karena banyaknya masalah yang saya temukan, setelah mencoba sana-sini akhirnya menggunakan solusi terakhir yaitu INSTALL ULANG GOOGLE CHROME.

Ini adalah pelajaran berharga yaitu ketika meminjam laptop atau komputer kepada teman lebih baik kita memberikan semacam user guest agar tetap aman. Alasannya adalah karena kita tidak tahu kemampuan menggunakan komputer si orang tersebut. Selain itu memang saat ini banyak situs-situs yang melakukan instalasi ekstensi aplikasi atau bahkan aplikasi berkedok. Biasanya aplikasi berkedok ini berasal dari situs yang menyediakan file-file gratis padahal BOHONG.

Sehabis melakukan install ulang Google Chrome saya berselancar aman sampai menulis tulisan ini. Ada sedikit fikiran sebenarnya kemarin teman saya ngapain ajah ketika meminjam laptop. Saya coba tanya ternyata dia kemarin melakukan download themes untuk wordpress dan aplikasi tambahan untuk handphonenya ?

Kalau tidak mampu beli yang asli cari alternatif yang baik

Close
Close