Pengetahuan

Instalasi Server Monitoring Pandora FMS bagian 1

Sebelumnya saya telah menulis sedikit ulasan tentang Pandora FMS pada tulisan yang berjudul Pandora FMS: Monitoring elegan dengan fitur berlimpahKali ini saya akan membuat tutorial bagaimana melakukan intalasinya dengan gaya saya sendiri ?. Selain ini adalah dokumentasi pribadi, alasan saya membuat tutorial ini adalah karena ketika saya membuat server monitoring menggunakan Pandora FMS ada beberapa tutorial yang sudah tidak sesuai alias termakan jaman ?.

Pada tutorial ini saya menggunakan Debian 8, bagi teman-teman yang menggunakan Sistem Operasi versi lain mohon untuk menyesuaikan yaa terutama di bagian depency yang kemungkinan tidak tersedia. Di sini juga saya asumsikan Debian 8 fresh install alias baru beres di pasang sistemnya saja, tidak ada aplikasi tambahan.

Persiapan Repositori

Kita akan banyak membutuhkan aplikasi dalam membuat sebuah server monitoring ini, jadi untuk memudahkan kita harus melakukan pembaharuan pada repositori kita. Silahkan untuk menambahkan repositori Debian Lokal & Pandora FMS pada /etc/apt/sources.list seperti berikut ini

#Repositori Debian dari Universitas Indonesia
deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ jessie main contrib non-free
deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ jessie-updates main contrib non-free
deb http://kambing.ui.ac.id/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free

#Repositori Pandora FMS
deb http://firefly.artica.es/debian/jessie /

Setelah memasukkan link repositori jangan lupa simpan dan lakukan perintah apt-get update dan pastikan selama proses pembaharuan tidak ada pesan kesalahan.

Instalasi Database Server

Setelah melakukan pembaharuan pada repositori kita akan langsung melakukan instalasi database server, silahkan untuk mengetikkan apt-get install mysql-server dan ikut langkah di bawah ini

1. Masukkan kata sandi untuk user root, ini adalah user yang akan kita gunakan untuk masuk ke database dan user dengan hak akses paling tinggi. Mohon kata sandi nya diingat jangan sampai lupa karena akan digunakan nanti. Tampilan aslinya adalah ******** tetapi agar mudah jadi saya ubah menjadi teks biasa yaitu ariyolo1, untuk teman-teman silahkan sesuaikan kata sandi yang digunakan.

    ┌───────────────────────────┤ Configuring mysql-server-5.5 ├────────────────────────────┐
    │ While not mandatory, it is highly recommended that you set a password for the MySQL   │
    │ administrative "root" user.                                                           │
    │                                                                                       │
    │ If this field is left blank, the password will not be changed.                        │
    │                                                                                       │
    │ New password for the MySQL "root" user:                                               │
    │                                                                                       │
    │ ariyolo1_____________________________________________________________________________ │
    │                                                                                       │
    │                                        <Ok>                                           │
    │                                                                                       │
    └───────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────┘

2. Di bagian selanjutnya adalah kolom konfirmasi untuk memastikan kita tidak salah memasukkan kata sandi, silahkan untuk memasukkan kembali kata sandi sebelumnya yaitu ariyolo1.

                         ┌──────┤ Configuring mysql-server-5.5 ├───────┐
                         │                                             │
                         │                                             │
                         │ Repeat password for the MySQL "root" user:  │
                         │                                             │
                         │ ariyolo1___________________________________ │
                         │                                             │
                         │                   <Ok>                      │
                         │                                             │
                         └─────────────────────────────────────────────┘

Instalasi paket Pandora FMS

Untuk tahapan selanjutnya adalah melakukan instalasi 3 paket pandora sekaligus, dengan cara apt-get install pandorafms-console pandorafms-server pandorafms-agent  Jangan kaget jika melihat banyak sekali paket tambahan yang harus terpasang juga. Ini semua adalah kebutuhannya, jadi wajib dipasang, karena repositori kita sudah rapih jadi seluruh paket tambahan ini harusnya akan terpasang dengan baik.

Jika instalasi sudah selesai kita akan membuat Pandora FMS terkoneksi dengan database. Silahkan buka /etc/pandora/pandora_server.conf dan cari baris seperti di bawah ini dan sesuaikan dengan konfigurasi kita. Di bawah ini contoh yang telah diubah

# dbname: Database name (pandora by default)
dbname pandora

# dbuser:  Database user name (pandora by default)
dbuser root

# dbpass: Database password
dbpass ariyolo1

# dbhost: Database hostname or IP address
dbhost 127.0.0.1

Berikut adalah keterangan di atas konfigurasi di atas

  • dbname adalah nama database nya nanti, untuk bagian ini boleh terserah asal belum pernah ada nama database seperti ini. Jika ada yang sama maka database yang lama akan dihapus, namun karena pada saat ini kita fresh install jadi tidak ada masalah.
  • dbuser adalah user yang digunakan untuk mengakses database. Kalian bisa saja membuat user khusus di MySQL, namun karena ini hanya sebagai contoh jadi saya menggunakan user paling tinggi yang merupakan bawaan ketika kita melakukan instalasi MySQL yaitu root.
  • dbpass adalah kata sandi dari user, karena kita menggunakan user root dan tadi di awal juga telah kita berikan kata sandi, maka kata sandi nya dimasukkan di sini. Contoh dalam hal ini adalah ariyolo1
  • dbhost adalah IP dari MySQL dipasang. Karena kita melakukan instalasi MySQL pada server yang sama maka biarkan saja 127.0.0.1. Kecuali teman-teman memasang SQL pada server yang berbeda maka masukkan IP server dimana MySQL tersebut dipasang.

Jika sudah selesai membuat koneksi Pandora FMS dengan MySQL maka lakukan restart pada service dengan cara service pandora_server restart.

Periksa Semua Komponen

Sebelum kita bisa menjalankan Pandora FMS maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan setiap service yang dibutuhkan agar lebih nikmat ?. Untuk menceknya bisa menggunakan status dan untuk menjalankannya bisa menggunakan start. Beberapa kali saya melakukan isntalasi service yang tidak mau jalan sendiri adalah tentacle. Contohnya bisa lihat di bawah ini

#Tenctacle
root@monitoring:~# service tentacle_serverd status
● tentacle_serverd.service - Tentacle server daemon
   Loaded: loaded (/lib/systemd/system/tentacle_serverd.service; enabled)
   Active: inactive (dead)

root@monitoring:~# service tentacle_serverd start

#APACHE 
root@monitoring:~# service apache2 start

#DATABASE MYSQL
root@monitoring:~# service mysql start

Di root@monitoring:~# service tentacle_serverd status tercatat bahwa service tentacle_serverd tidak aktif. Maka itu untuk mengaktifkannya menggunakan perintah service tentace_serverd start.

Instalasi Content Management System Pandora FMS

Pada tahap ini kita akan melakukan finalisasi pada instalasi. Silahkan buka peramban dan akses http://ip_server/pandora_console contohnya adalah http://16.3.19.94/pandora_console dan teman-teman akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Pada bagian ini silahkan dibaca terlebih dahulu saja, walau sebenarnya tinggal klik NEXT.

Selanjutnya bagian kesepahaman lisensi kalau mau dibaca silahkan, kalua saya sih langsung Yes, I accept License Terms.

Di sini kita akan membuat Database, silahkan disesuaikan saja seperti hal yang telah kita buat pada /etc/pandora/pandora_server.conf sebelumnya. Pilihan centang Drop Database if Exists menandakan bahwa jika ada database dengan nama yang sama maka akan ditimpa.

Saya akan menjelaskan 2 bagian, Full path to HTTP publication directory adalah folder dimana berkas Pandora FMS akan ditaruh. Sedangkan URL path to Pandora FMS Console adalah alamat yang akan kita buka jika ingin mengakses Pandora FMS melalui peramban. Saya di sini menggunakan pandora_console maka nanti ketika ingin menggunakan aplikasi monitoring ini saya mengakses menggunakan http://16.3.19.94/pandora_console.

Di sini adalah pengecekan perangkat lunak yang dibutuhkan. Pastikan semuanya hijau, jika ada yang tidak silahkan cari penyebabnya yaa. Kalau sudah hijau semua tinggal klik NEXT.

Di sini adalah konfirmasi untuk mulai instalasi Content Management System (CMS) nya. Karena kita sudah konfigurasi file /etc/pandora/pandora_server.conf sebelumnya jadi saat ini tinggal NEXT saja dan tunggu ^_^.

Kalau instalasi sudah selesai untuk mengamankan silahkan pilih Yes, rename the file untuk mengubah nama berkas install.php untuk menjaga-jaga ada orang yang mencoba install ulang. Di sini ada informasi dari nama pengguna & kata sandi bawaan yaitu admin dengan kata sandi pandora.

Ini adalah halaman depan sebelum masuk ke dasbor CMS, silahkan masukkan nama pengguna dan kata sandi yang sebelumnya telah disediakan yaitu admin dan password.

Ketika masuk teman-teman akan disuruh untuk mengatur jam dan alamat E-mail yang digunakan untuk notifikasi

Dan inilah tampilan dasbor dari Pandora FMS. Apakah sudah selesai? Sebenarnya belum karena masih ada beberapa konfigurasi yang harus disesuaikan. Selain itu untuk bisa digunakan kita harus memasang agent pada host yang akan dimonitoring dan ini akan saya lanjutkan di tulisan selanjutnya. Karena tampaknya tulisan ini sudah lumayan panjang juga ?.Dasbor Server Monitoring menggunakan Pandora FMS

Sekian dulu dan kalau ada pertanyaan langsung komentar di bawah saja atau bisa juga kita diskusi di grup Facebook yang saya buat yaitu Nusantara Informatic Space.

Topik
Close
Close