Pengetahuan

Instalasi Server Monitoring Pandora FMS bagian 2

Setelah melakukan instalasi Pandora FMS dengan dibuktikan bisa masuk ke dasbor sebenarnya ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan. Teman-teman bisa mengetahuinya dengan melihat simbol peringatan (⚠) di bar sebelah kanan atas. Pada artikel ini saya akan bahas satu-persatu cara untuk melakukan konfigurasi agar pesan-pesan tersebut tidak muncul lagi. Mungkin di setiap komputer pesan kesalahannya akan berbeda tetapi harusnya sih sama ?.

PLEASE CHANGE THE DEFAULT PASSWORD. IT’S COMMONLY REPORTED SECURITY ISSUE TO NOT DO SO

Nama pengguna dan kata sandi yang kita gunakan adalah bawaan yaitu admin pandora, hal ini tidak direkomendasikan apalagi kalau server monitoring ini dapat diakses melalui jaringan publik. Maka dari itu disarankan untuk mengganti kata sandi dan lebih bagus lagi membuat pengguna baru.

Untuk mengganti kata sandi silahkan pergi ke Users > Manage Users lalu klik User ID yang akan kita ubah kata sandinya, sebagai contoh di bawah adalah admin.

Di halaman selanjutnya silahkan isi kolom Password dan Password Confirmation dengan kata sandi yang baru. Setelah itu di bagian bawah klik save.

Cara lebih aman adalah dengan membuat pengguna dengan nama baru. Hal ini disebabkan orang umum sudah tau nama pengguna bawaan dari Pandora FMS. Untuk membuatnya silahkan ke Users > Manage Users lalu pilih Create User. Di halaman selanjutnya teman-teman bisa mengisi dan jangan lupa pada Global Profile pilih Administrator. Sebagai contoh di bawah ini adalah detil dari pengguna baru yang saya buat.

Setelah membuat silahkan keluar dari pengguna sekarang dan masuk kembali dengan pengguna baru yang dibuat. Seharusnya sih tidak ada masalah dan kita berhasil masuk. Nah setelah berhasil masuk silahkan untuk menghapus pengguna lama dengan User ID admin dengan cara klik Users > Manage Users dan klik tombol tong sampah pada pengguna yang akan kita hapus.

PHP.INI PROBLEM

Ada beberapa pesan kesalahan yang diindikasi oleh konfigurasi PHP di berkas php.ini. Permasalahannya yaitu:

  1. NOT RECOMMENDED ‘MAX_INPUT_TIME’ VALUE IN PHP CONFIGURATION
  2. NOT RECOMMENDED ‘MAX_EXECUTION_TIME’ VALUE IN PHP CONFIGURATION
  3. NOT RECOMMENDED ‘UPLOAD_MAX_FILESIZE’ VALUE IN PHP CONFIGURATION
  4. NOT RECOMMENDED ‘MEMORY_LIMIT’ VALUE IN PHP CONFIGURATION
  5. PROBLEMS WITH DISABLE FUNCTIONS IN PHP.INI

Masalah ini bisa jadi serius karena ada beberapa fitur utama yang membutuhkan penyesuaian pada konfigurasi php.ini. Mari kita mulai dengan membuka berkas php.ini yang terletak di /etc/php5/apache2/php.ini. Cari dan sesuaikanlah baris-baris berikut ini menurut rekomendasi dari PANDORA FMS.

max_input_time = -1
max_execution_time = 0
upload_max_filesize = 800M
memory_limit = 500M

#Hapus pcntl_exec sehingga menjadi seperti di bawah ini
disable_functions = pcntl_alarm,pcntl_fork,pcntl_waitpid,pcntl_wait,pcntl_wifexited,pcntl_wifstopped,pcntl_wifsignaled,pcntl_wexitstatus,pcntl_wtermsig,pcntl_wstopsig,pcntl_signal,pcntl_signal_dispatch,pcntl_get_last_error,pcntl_strerror,pcntl_sigprocmask,pcntl_sigwaitinfo,pcntl_sigtimedwait,pcntl_getpriority,pcntl_setpriority,

Setelah disesuaikan silahkan untuk melakukan restart pada service apache2 dengan cara service apache2 restart. Untuk memastikan konfigurasi telah benar silahkan masuk kembali ke dasbor dan lihat pesan peringatan.

 

Topik

Related Articles

Close