Cerita

Intinya dia sudah 1 tahunan

Blogger Jakarta, sebuah komunitas blogger baru yang masih kecil dan kebetulan agak terkenal karena ada nama “JAKARTA”. Saya masih ingat sekali awal saya mengikuti komunitas ini ketika bulan oktober, untuk ceritanya bisa dibaca di Blogger Jakarta sebuah keluarga baru bagiku. Waktu itu ada teman yang share tentang info lokakarya Search Engine Optimization. Karena syarat nya adalah member dari komunitas blogger jakarta maka saya coba-coba daftar dan enggak nyangka juga sehabis kegiatan tersebut saya jadi pengurus yang tidak kurus sampai saat ini ?

Memang saya tidak mengikuti komunitas ini dari awal tetapi rasa memilikinya seperti dari awal. Di komunitas yang sering ada perdebatan argumen antar member ini banyak sekali hal positif yang bisa diambil. Salah satu yang paling kuat adalah komunitas ini berdiri dan berjalan atas dasar peduli. Peduli terhadap masyarakat luas yang dikerucutkan menjadi peduli terhadap orang di sekelilingnya.

Apakah itu nyata? Nyatanya iya, di grup WhatsApp yang sangat ramai 24 jam (ini serius), sering sekali member saling tanya jawab seputar cara menulis artikel, informasi lomba, masalah teknis dalam sebuah web, dan yang pasti adalah saling lempar LINK blog pribadi untuk sekedar menambahkan pengunjung.

Komunitas ini juga aktif melakukan gathering dan di setiap gahering yang dibahas adalah trik & tips baru untuk membuat blog semakin optimal atau apapun yang bersifat edukasi. Sebagai contoh ketika kemarin saya baru pulang dari PANDI Meeting 8 dan bertindak sebagai DUTA ID saya bercerita tentang pengalaman menjadi posisi tersebut. Saya juga berbagi tentang apa itu U.ID dan MY.ID yang menjadi platform baru dari PANDI.

Gathering komunitas ini juga bisa dibilang agak ramai karena sering sekali kami difasilitasi oleh beberapa vendor sehingga gathering bisa lebih kondusif. Beberapa vendor yang pernah mengajak kami untuk melakukan gathering di tempat mereka adalah mulai dari salah satu apartemen di Jakarta hingga penjual kerajinan kayu. Nanti tanggal 18 Juni 2017 kami juga difasilitasi untuk melakukan gathering di ITC Permata Hijau sekaligus mengenal lebih dekat dengan BATIK asli Pekalongan.

Komunitas ini juga berfikir bagaimana memberikan dampak kecil kepada orang lain yang membutuhkan. Salah satunya adalah hari ini kami melaksanakan buka puasa bersama anak-anak Yatim piatu. Memang kami hanya memberikan makanan + sedikit “jajan” tetapi mudah-mudahan itu akan menjadi bekal kelak ketika sudah sampai “sana”. Walau sebenarnya dengan melihat mereka tersenyum dibalik “kesedihan” itu sudah cukup membuat kami tersenyum akan betapa bahagianya berbagi.

Semakin ke sini member Blogger Jakarta semakin banyak (dilihat dari group WhatsApp), itu berarti para pengurus harus semakin berfikir bagaimana membuat member menjadi berkembang juga. Karena titik kesuksesan sebuah komunitas dilihat dari seberapa banyak member yang sukses.

Daaan selamat ulang tahun untuk Komunitas Keluarga Blogger Jakarta yang ke-1. Ini beneran saya gak typo, bahwa komunitas ini memang baru terbentuk 2016. Minta doanya teman-teman sekalian semoga kami bisa memberikan dampak yang lebih besar lagi tidak hanya di internal member saja tetapi juga untuk banyak umat manusia yang beragam. Karena dengan begitulah kami bisa mencapai sebuah halte Harmoni Dalam Karya.

Topik
Close