Pengetahuan

Konfigurasi Multiple Domain pada SLB Alibaba Cloud

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang konfigurasi dasar dari produk Server Load Balancer (SLB) milik Alibaba Cloud. Pada artikel yang berjudul Konfigurasi Dasar Server Load Balancer di Alibaba Cloud saya hanya menjelaskan tentang membagi beban pada 1 domain saja. Pada kenyataannya Load Balancer juga mendukung beberapa domain atau subdomain dalam satu Load Balancer.

Sebelum melanjutkan ke tutorialnya saya akan memberikan gambaran terlebih dahulu lab yang akan kita kerjakan. Jadi kita akan mendaftarkan 2 domain yaitu ariyolo.com dan ariyolo.id ke satu Load Balancer. Selanjutnya jika pengguna mengakses ariyolo.com maka akan diarahkan ke server ariyolo.com serta begitu juga untuk yang ariyolo.id.

Lab Multiple Domain pada SLB Alibaba Cloud
Lab Multiple Domain pada SLB Alibaba Cloud

 

Cara untuk melakukan konfigurasinya cukup mudah yang pertama pastikan kita telah memiliki 1 Load Balancer dan buatlah 2 VServer Groups. Sebagai contoh seperti gambar di bawah ini saya membuat 2 VServer untuk domain ariyolo.com dan ariyolo.id. Namanya sendiri bisa disesuaikan yaa namun agar mudah berikan saja nama domainnya.

Membuat VServer Groups pada Load Balancer Alibaba Cloud

 

Selanjutnya kita konfigurasi bagian listeners. Pada bagian ini buatlah listeners dengan 1 domain yang akan digunakan, walaupun ini hanya sebagai formalitas saja. Mengapa? Karena konfigurasi beberapa domain akan dilakukan dalam forwarding rules pada tahapan selanjutnya.

Konfigurasi Listeners pada Load Balancer Alibaba Cloud
Konfigurasi Listeners pada Load Balancer Alibaba Cloud

 

Pada Listeners yang sebelumnya telah kita buat, klik add forwarding rules pada bagian action.

Menambah rules pada listeners
Menambah rules pada listeners

 

Pada bagian selanjutnya kita akan memasukkan nama domain yang akan didaftarkan ke Load Balancer beserta akan diarahkan ke VServer mana. Untuk URL digunakan jika teman-teman bukan ingin mengarahkan domain tetapi mengarahkan path seperti www.ariyolo.id/nano ke VServer Group tertentu.

Mengarahkan domain ke VServer Groups
Mengarahkan domain ke VServer Groups

Selanjutnya silahkan untuk menguji dengan membuka 2 domain tersebut dan seharusnya sesuai dengan rencana yang telah kita buat.


Sesuai dengan judulnya artikel ini membahas tentang konfigurasi multiple domain pada SLB Alibaba Cloud jadi saya fokus untuk topiknya dan berusaha tidak menyebar. Adapun artikel lainnya terkait Load Balancer di Alibaba Cloud akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Topik

Related Articles

Close