Cerita

Lupa Nomor Anggota Perpustakaan Nasional RI

Tahun 2013 saya pernah melakukan registrasi akun pada Layanan e-Resource Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, namun seiring berjalannya waktu karena tidak dibutuhkan lagi saya lupa nomor tersebut. Saya coba cari-cari pada situs web namun tidak ditemukan cara untuk mengetahui nomor anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Saat ini saya sudah bisa dan saya memutuskan untuk menuliskan caranya pada blog ini agar teman-teman yang lain bisa terbantu.

Alasan Membuat Akun Perpusnas

Tentu tidak mungkin saya membuat akun di Layanan e-Resource Perpusnas jika tidak memiliki maksud dan tujuan. Dulu saya membuat akun tersebut untuk mengunduh beberapa buku dijital yang bisa saya bagikan kepada teman-teman saya yang waktu itu kesulitan untuk mendapatkan Internet. Karena berjalannya waktu dan internet sudah mudah saya tidak perlu melakukan ini lagi.

Saat ini saya membutuhkan akan kembali karena di dalam Layanan E-Resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia terdapat beberapa karya seperti jurnal, e-book, dan karya ilmiah lain yang bisa menjadi referensi. Referensi untuk apa? Untuk belajar dan juga referensi untuk membuat karya ilmiah. Karena walaupun bukan seorang Sarjana saya tertarik untuk membuat karya ilmiah yang bisa dibaca oleh orang lain.

Cara Mendapatkan Kembali Nomor Anggota Perpusnas

Saya sempat berfikir bahwa untuk mendapatkan kembali nomor anggota Perpustakaan Nasional ini saya harus datang ke Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang terletak di Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, RT.11/RW.2, Gambir, Senen, Kota Jakarta Pusat. Ternyata saya cukup mengirimkan surel permohonan saja ke layanan_keanggotaan@perpusnas.go.id. Isi surel yang saya tulis kurang lebih seperti di bawah ini:

Selamat Pagi, Saya lupa nomor anggota untuk masuk ke layanan e-Resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Berikut informasi yang bisa saya berikan:

  • Nama: Rona Ariyolo
  • Alamat Surel: rona@ariyolo.com

Terima Kasih ^_^

Kurang dari 24 jam surel saya telah dibalas dengan berisi nomor anggota & kata sandi baru untuk mengakses layanan. Berikut isi surel balasan dari layanan_keanggotaan@perpusnas.go.id ke saya:

Selamat pagi,

Terima kasih sudah menggunakan layanan kami. Untuk data yang anda butuhkan adalah :

No. Anggota : 1312******8
Password : member123

Silahkan menggunakan layanan kami kembali dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Salam,

Layanan Keanggotaan Perpusnas RI

Saya tidak menyangka alamat surel yang tertera pada situs web http://e-resources.perpusnas.go.id/ bukanlah surel “bodong” yang hanya dijadikan pajangan saja. Saat ini saya senang karena akun saya sudah aktif dan saya bisa menggunakan layanan e-Resources Perpustakaan Nasional kembali 🙂 .

Related Articles

Close