Cerita

Main lagi ke BLC Klaten

Seharusnya pembaca blog saya sudah tahu apa itu BLC Klaten karena saya cukup sering juga membuat postingan di facebook tentang tempat yang satu ini. BLC Klaten adalah tempat kita untuk belajar tentang ilmu teknologi. Momok BLC Klaten saat ini sebenarnya lebih ke tempat prakerin atau PKL anak-anak SMK. Walau sebenarnya mahasiswa juga sering ada yang ke sini ?.

Pada acara kabur dari kantor saya pada tanggal 21 April sampai dengan selesai saya pergi ke BLC Klaten. Awal saya pergi sebenarnya menemani Denny Darmawan sang pemilik Intra Training Center untuk mengadakan lokakarya di sana. Katanya sih karena dia belum pernah ketemu mbah Suro (Penjaga BLC Klaten) jadi agak sungkan kalau sendiri. Padahal saya pas pertama kali ke BLC Klaten sok kenal ajah dengan Mbah Suro, semakin ke sini dan karena pernah satu panggung juga jadi deh “agak” dekat ?

Intra Training Center mengadakan lokakarya MikroTik dengan mengacu kepada kurikulum sertifikasi MikroTik Certified Network Associate dan lokakarya membuat server menggunakan CentOS. Lokakarnya ini sebenarnya gratis namun bagi peserta yang mau memiliki sertifikat harus bayar Rp 50.000,-.

Awalnya Denny Darmawan agak takut jika pesertanya sedikit, tapi saya bilang walau tidak ada yang daftar dari luar untuk acara tersebut jumlah siswa/i yang Prakerin saja sudah lebih dari cukup. Kalau ditanya kenapa? Yaa karena siswa/i yang prakerin di sana jumlah sangat banyak, saya tahu karena dulu ketika saya di SMK Wikrama 1 Jepara tiap tahun pasti memasukkan siswa ke BLC Klaten.

Jumlah peserta yang datang dari Jawa Tengah & Yogyakarta. Ada juga yang dari MADURA

Selama di BLC KLaten saya tidak pernah khawatir baik tidur atau pun makan. Awalnya sih ingin menginap di hotel tetapi mbah suro menyuruh untuk tidur di lokasi saja. Dan untungnya benar sih karena SETIAP MALAM saya selalu tidak tidur, ada saja topik yang mau dibahas mulai dari kiprah Open Source di Indonesia hingga Startup. Yang diskusi juga orangnya semangat-semangat untuk melakukan tukar pikiran, apalagi latar belakang kami sebelum terjun di dunia IT berbeda-beda.

diskusi malam di BLC Klaten

Satu-satunya yang menjadi penyesalan saya selama di BLC Klaten adalah saya pulang duluan ?. Tetapi bukan pulang ke Jakarta maupun ke Sukabumi melainkan ke Jepara, tepatnya ke SMK Wikrama 1 Jepara. Apa yang saya lakukan? Lihat saja di tulisan selanjutnya hehehe ?.

BLC Klaten akan pindah dari tempat sekarang ke RSUD, tetapi tinggal menunggu waktu yang tepat saja. Dan ketika peresmian itu jika tidak ada kendala saya pasti akan datang untuk silaturahmi dan melakukan ulasan pada tempat itu. Satu hal yang pasti adalah dari sini saya belajar banyak tentang bagaimana kita berbagi terhadap adik-adik kita yang masih sekolah. Terkadang terlalu sibuk dengan pekerjaan kita lupa terhadap kewajiban untuk berbagi ilmu yang kita dapat. Seperti pepatah yang sering saya dengan dari teman-teman muslim yaitu Sebaik-baiknya amal adalah ilmu yang bermanfaat. Kata-kata ini juga yang menjadi nama dari kategori semua pengetahuan yang saya tuliskan di blog atau video.

Salah satu pojok diskusi jika sedang istirahat

Banyak orang pura-pura menutup mata terhadap ketidakbisaannya dengan alasan karena tidak ada yang membimbing. Termasuk saya juga pernah merasakan hal seperti itu ketika lulus dari SMK. Saya merasa gagal karena ketika lulus untuk melakukan konfigurasi Access Point saja saya tidak bisa, dan saya salahkan sekolah karena tidak bisa membimbing. Padahal pada kenyataannya saya sendiri yang tidak pernah eksplorasi kemampuan baik di kelas maupun di komunitas yang bisa berbagi seperti BLC Klaten ini.

Topik
Close