Pengetahuan

Memasang Elastic IP Address pada Instances di Alibaba Cloud

Jika sebelumnya kita telah membahas bagaimana caranya untuk mendapatkan Elastic IP Address maka pada kali ini kita akan belajar bagaimana memasangkannya pada instances ECS di Alibaba Cloud. Sebelumnya saya anggap teman-teman telah mengerti tentang Elastic IP Address dan telah memiliki instances ECS tanpa IP publik di Alibaba Cloud. Jika ada yang belum punya ECS silahkan lihat tutorial saya yang berjudul Membuat VPS dengan Elastic Compute Service (ECS) Alibaba Cloud.

Silahkan buka console Elastic IP Address lalu di sebelah kanan EIP klik bind.

Memasangkan EIP pada ECS
Memasangkan EIP pada ECS

Setelah itu carilah intances ECS yang akan dipasangkan EIP. Karena kita akan memasangkannya pada ECS maka pada pilihan instance Type pilih ECS Instance dan jika sudah ketemu instance yang dimaksud maka pilih OK.

Memilih instances yang akan dipasangkan EIP
Memilih instances yang akan dipasangkan EIP

Tunggulah beberapa saat dan lihat pada console ECS saat ini instance yang kita pasangkan EIP ada indikator EIP disamping alamat IP yang menandakan bahwa EIP telah dipasang pada ECS.

ECS yang telah dipasangkan EIP
ECS yang telah dipasangkan EIP

Selain bisa dipasangkan pada ECS, Elastic IP Address dapat dipasangkan juga kepada instances dengan tipe Server Load Balancer (SLB), NAT Gateway, dan Secondary ENI. Caranya kurang lebih mirip tinggal pada pilihan Instance Type pilih instances yang dimaksud.

Topik

Related Articles

Close