Pengetahuan

Memasang Linux, Apache, MySQL, PHP (LAMP) di Ubuntu 18.04

Linux, Apache, MySQL, dan PHP atau yang disingkat menjadi LAMP bisa dibilang merupakan istilah yang digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan secara dasar untuk menjalan sebuah web pada server. Singkatan dari LAMP memiliki arti sebuah komputer dengan sistem operasi Linux yang ditenagai Apache untuk peladen web. Data-data dari web tersebut disimpan pada MySQL sebagai sistem manajemen basis data (DBMS). Lalu untuk menjalankan proses dinamis pada web menggunakan PHP.

Sebelum memulai tutorial ini saya harap teman-teman mengetahui komputer yang saat ini saya gunakan untuk membuat tutorial ini. Saya menggunakan komputer menggunakan sistem operasi Ubuntu 18.04 fresh, atau dalam kata lain masih perawan.

Instalasi Apache

Apache merupakan layanan peladen web paling banyak digunakan dan relatif lebih mudah untuk digunakan. Untuk memasang Apache pada Ubuntu 18.04 kita bisa menggunakan perintah berikut ini

rona@ariyolo:/$ sudo apt update
rona@ariyolo:/$ sudo apt install apache2

Ikuti proses seperti menjawab Y untuk memastikan pembaca yakin melakukan instalasi Apache dan memasukkan kata sandi agar proses dapat berjalan. Jika sudah selesai maka saat ini Apache telah terpasang pada komputer pembaca. Silahkan untuk mengujinya

Instalasi MySQL

MySQL merupakan sistem manajemen basis data yang menggunakan bahasa SQL. Layanan ini telah digunakan lama, saya sendiri menggunakannya sejak awal belajar server yaitu sekitar tahun 2008. Untuk instalasi aplikasi ini bisa dengan mengetikkan perintah berikut pada terminal:

apt-get install mysql-server

Jika ada pertanyaan Y/n silahkan pilih Y saja dan tunggu proses instalasi selesai. Saat ini pada sistem kita telah terpasang MySQL namun karena konfigurasi yang digunakan masih menggunakan bawaan maka nama penggunanya adalah root dan kata sandinya tidak usah diisi.

Instalasi PHP

PHP adalah paket yang harus dipasang pada peladen web jika kita ingin menggunakan web berbasis php. Untuk instalasi nya silahkan mengetikkan perintah berikut pada terminal

apt install php libapache2-mod-php php-mysql

Instalasi PHP ini tidaklah memakan waktu lama sehingga tidak usah pergi kemana-mana 😁.

Secara bawaan peladen web yang menggunakan Apache akan membaca berkas .html terlebih dahulu dibanding berkas .php. Sedangkan jika kita membuat web menggunakan PHP, berkas yang dibaca terlebih dahulu adalah index.php, untuk itu kita harus mengubah urutannya dengan melakukan sunting pada berkas /etc/apache2/mods-enabled/dir.conf menggunakan penyunting teks seperti nano atau vi. Tampilan awal dari berkas tersebut adalah sebagai berikut:

<IfModule mod_dir.c>
        DirectoryIndex index.html index.cgi index.pl index.php index.xhtml index.htm
</IfModule>

Dari urutan tersebut terlihat bahwa index.php terdapat di bagian belakang, tugas kita adalah membuat index.php ada di urutan depan sehingga ketika ada yang mengakses peladen kita maka berkas index.php akan dibaca terlebih dahulu.

<IfModule mod_dir.c>
        DirectoryIndex index.php index.html index.cgi index.pl index.xhtml index.htm
</IfModule>

Setelah selesai konfigurasi silahkan untuk memulai kembali layanan Apache dengan cara mengetikkan perintah berikut pada terminal

service apache2 restart

Pengujian PHP

Untuk melakukan pengujian teman-teman bisa membuat 1 berkas PHP yang sering disebut phpinfo di /var/www/html/ dengan nama bebas dan berekstensi .php. Mengapa diletakkan di /var/www/html/ ? Karena direktori ini merupakan direktori bawaan untuk meletakkan berkas web yang biasa disebut “web root”. Buat berkas dengan menggunakan penyunting teks sebagai contoh nano dengan nama berkas index.php.

nano /var/www/html/index.php

Setelah itu ketikkan script berikut pada berkas tersebut

<?php
phpinfo();
?>

Jika sudah selesai silahkan simpan berkas tersebut dan buka IP/domain teman-teman pada peramban di komputer klien. Jika berhasil maka akan muncul tampilan sebagai berikut ini:

Jika tidak berhasil silahkan diperiksa kembali perintah-perintahnya dari awal ada yang salah tidak? Jika teman-teman anggap sudah benar namun masih belum berhasil silahkan komentar di bawah atau tanyakan di grup Aliansi TKJ Nusantara di Facebook. Terima Kasih 😇

Sumber
DigitalOcean

Related Articles

Close