Mendapatkan Lisensi Trial Cloud Hosted Router MikroTik

Setelah pernah saya menulis tentang Cloud Hosted Router yang salah satu produk inovasi dari MikroTik untuk komputasi awan, kali ini saya akan menulis tentang mendapatkan lisensi trial Cloud Hosted Router MikroTik. Tulisan ini dibuat seperti biasa karena banyak yang bertanya tentang mendapatkan lisensi coba-coba ini. Ternyata CHR ini cukup banyak juga peminatnya┬á­čśä.

Oh yaa mungkin banyak juga teman-teman yang tidak tahu bahwa apa sih yang dimaksud dengan lisensi trial? Sesuai namanya lisensi ini digunakan untuk percobaaan terhadap CHR yang kita gunakan. Limitasi fitur pada lisensi trial ini disesuaikan dengan keinginan kita. Jadi apakah nantinya kita akan menggunakan lisensi level P1, P10, atau P-Unlimited. Untuk waktu penggunaannya sendiri kita diberikan waktu 60 hari masa percobaan.

Saya rasa cukup penjelasannya dan mari kita mulai. Namun sebelum melanjutkan saya akan beritahu dulu bahwa saya menganggap teman-teman telah berhasil melakukan instalasi dari Cloud Hosted Router karena kembali lagi ke judul artikel ini yaitu mendapatkan lisensi CHR.

Tahap awal adalah masuk ke dalam RouterOS dengan menggunakan terminal, winbox, atau lainnya. Karena saya adalah seorang pemula jadi saya menggunakan Winbox biar lebih mudah. Arahkan ke /System > License lalu pilih Generate New ID. Jika sudah masukkan akses akun mikrotik.com teman-teman dan pilih level lisensi yang akan dibuat ujicoba, sebagai contoh saya memilih P unlimited. Jika sudah klik Start untuk melakukan proses mendapatkan lisensi.

Jika sukses akan menunjukkan berita done yang berarti proses telah berhasil. Kegagalan yang mungkin terjadi pada proses ini adalah account dan password tidak cocok. Jika sudah berhasil klik Close dan lihatlah saat ini lisensi trial terlah berhasil dipasang. Ditandakan dengan adanya tanggal pada Next Renewal At dan Deadline At.

Saat ini teman-teman bisa menggunakan CHR layaknya memiliki lisensi premium namun terbatas hanya 60 hari saja. Sekian dulu saja untuk tutorial kali ini dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan pada kolom komentar┬á­čśś.

Tanda
Close