Pengetahuan

Mengatasi Komputer Lambat Ketika Dinyalakan di Windows

Pernah mengalami ketika buru-buru ingin menghidupkan komputer tetapi setelah nyala malah lama untuk siap digunakan? Terkadang kalau dipaksakan komputer menjadi hang atau muncul pesan not responding. Ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer lambat ketika dihidupkan. Dari sisi perangkat keras hal ini bisa disebabkan karena penyimpanan Harddisk yang bad sector atau piringan cakram yang tidak berputar dengan baik. Dari sisi perangkat lunak hal ini bisa disebabkan karena banyak aplikasi yang berjalan ketika dinyalakan atau biasa disebut startup program.

Semenjak komputer saya dipasang Docker untuk kebutuhan development saya merasakan komputer lambat ketika dinyalakan. Butuh waktu sekitar 1 menit agar komputer siap digunakan. Walau telah menggunakan SSD tetap saja sebuah komputer butuh proses untuk menjalankan startup program apalagi yang cukup berat. Maka dari itu untuk artikel menghentikan program startup di Windows 10 ini telah saya coba untuk menghentikan docker ketika komputer dinyalakan.

Pertama kita bisa membuka aplikasi Task Manager, ada banyak cara untuk membukanya namun saya lebih senang membukanya meggunakan jalan pintas tombol CTRL + SHIFT + ESC. Pada tab yang ada kita akan menemukan tab startup, tab ini berisi aplikasi atau program yang pertama kali aktif ketika komputer dinyalakan. Semakin banyak aplikasi yang statusnya enabled maka semakin tinggi juga resiko komputer lambat ketika dinyalakan.

Menghentikan program startup yang membuat komputer lambat ketika dinyalakan
Task Manager menunjukkan daftar program startup

Pada bagian sebelah kanan yaitu Startup Impact ada 4 status yaitu Low, Medium, High, dan Not Measured. Ini adalah pelajaran bahasa Inggris dasar jadi saya rasa teman-teman sudah mengerti bahwa jika High maka aplikasi tersebut sangat berdampak pada kita ini yaitu komputer lambat ketika dinyalakan. Ada 1 tipe lagi yaitu None, ini biasanya adalah aplikasi yang baru dipasang jadi belum pernah running ketika proses startup.

Sebagai contoh saya akan melakukan disable pada Docker yang ketika komputer dihidupkan cukup banyak memakan sumberdaya dan membuat komputer lambat. Caranya tinggal klik kanan pada program yang dituju (Docker) lalu pilih disable, setelah itu maka pada rangkaian startup Docker tidak akan aktif lagi. Jika dibutuhkan kita bisa mengaktifkannya secara manual dengan membuka Docker.

Menghentikan progam startup yang membuat komputer lambat ketika dinyalakan
Menghentikan progam startup yang membuat komputer lambat ketika dinyalakan

Untuk merasakan dampaknya kita bisa melakukan reboot dan lihat apakah ada perubahan atau tidak? Saya pribadi jelas merasakan komputer jadi semakin cepat ketika dinyalakan. Jadi ketika ingin buru-buru kerja saya tidak usah kesal lagi karena efek komputer lambat ketika dinyalakan.

Topik
Close