Pengetahuan

Mengenal Elastic IP Address pada Komputasi Awan

Ketika membuat sebuah instances yang terhubung dengan IP publik ada satu hal yang harus ditegaskan, bahwa IP publik tersebut tidak independen melekat pada akun kita. Artinya ketika kita menghapus instances lalu membuat instances baru maka IP publik yang akan kita dapatkan berbeda dari sebelumnya. Untuk mengatasi hal ini maka dikenalkanlah solusi yang namanya Elastic IP Address (baca: Alamat IP Elastis) oleh penyedia komputasi awan seperti Alibaba Cloud.

Pada Alibaba Cloud terdapat 2 jenis IP publik yaitu ECS Public IP  dan Elastic IP Address. ECS Public IP adalah IP yang melekat pada instance dimana jika instance dihapus maka IP tersebut menjadi IP bebas yang akan dimasukkan kembali ke dalam pool untuk diberikan lagi ke instances bisa kita sendiri atau orang lain. Jadi setiap kita membuat instances baru maka IP yang didapatkan 99% akan berbeda-beda.

Elastic IP Address yang selanjutnya kita singkat EIP adalah sumberdaya alamat IP yang dapat dibeli dan dimiliki oleh pengguna layanan komputasi awan. EIP dapat dipasangkan pada Elastic Compute Service, Server Load Balancer, dan NAT Gateway. Pada EIP kita memiliki alamat IP yang tetap dan independen yang bisa kita pindah-pindahkan antar instances yang kita miliki.

Keuntungan Elastic IP Address

Keuntungan menggunakan EIP adalah independen artinya jika kita memiliki IP 16.03.19.94 maka IP tersebut akan terus milik kita dan tidak diberikan kepada orang lain walaupun tidak ada instances kita yang menggunakannya.

elastic ipaddress dapat dipindahkan
Dengan EIP kita dapat memindahkan IP ke instances lain

Alamat EIP ini juga dapat dipindah-pindahkan antar instances, sebagai yang dapat dilihat pada topologi di atas. Pada topologi A IP 16.3.19.94 diletakkan di ECS sehingga jika pengguna mengakses server (baca: peladen) melalui IP publik maka akan langsung mengarah ke server. Pada topologi B dilakukan perubahan dimana jika pengguna mengakses 16.3.19.94 tidak langsung ke server melainkan ke Load Balancer terlebih dahulu namun alamat IP yang digunakan masih sama. Jadi walaupun topologi berubah, dengan EIP alamat IP publik yang kita miliki dapat disesuaikan sehingga di sisi luar seperti DNS tidak perlu diatur ulang lagi.

Meminta Elastic IP Address

Walaupun saat ini kita tidak memiliki instances yang aktif kita bisa melakukan permintaan EIP, saya pribadi melakukan ini untuk didaftarkan ke server DNS terlebih dahulu. Agar mudah saya akan mengurutkan caranya di bawah ini:

  1. Buka console Alibaba Cloud, pada bilah sebelah kiri pilih All Products dan ketikkan Elastic IP Address lalu pilih item yang dimaksud.
    Membuka elastic ip address
    Membuka elastic ip address
  2. Setelah itu klik Create EIP dan tab baru akan terbuka.
    membuat EIP di Alibaba Cloud
    Membuat EIP di Alibaba Cloud
  3. Silahkan konfigurasi EIP yang akan kita pesan, sebagai contoh berikut ini adalah pesanan saya. Untuk bandwidth setelah selesai nanti bisa diatur kembali jadi tidak perlu khawatir salah memasukkan. Jika sudah selesai klik Buy Now.
    Mengatur pesanan EIP
    Mengatur pesanan EIP
  4. Silahkan kembali ke console bagian Elastic IP Address dan seharusnya IP yang telah kita minta akan muncul disitu.
    EIP yang dimiliki oleh pengguna
    EIP yang dimiliki oleh pengguna

Jika sudah memiliki EIP apa yang bisa kita lakukan? Yang jelas kita bisa pasangkan ke instances yang memerlukannya atau dibiarkan saja juga tidak apa-apa kalau memang kamu sultan 😎. Silahkan baca juga tulisan saya Memasang Elastic IP Address pada Instances di Alibaba Cloud untuk menindaklanjuti EIP yang telah kita beli 😊.

Topik

Related Articles

Close