Pengetahuan

Mengubah ECS IP Menjadi EIP tanpa Mengubah IP

Pertama kali orang menggunakan layanan komputasi awan yang diincar biasanya langsung layanan ECS. Saya juga pernah menemukan sebuah perusahaan yang migrasi ke layanan komputasi awan langsung menggunakan ECS tanpa mempelajari terlebih dahulu fitur-fitur yang berkeliaran di ECS. Salah satu fitur tersebut adalah IP publik dedicated atau yang biasa dibilang Elastic IP Address (EIP).

Efektifnya ketika membuat sebuah infrastruktur yang digunakan di layanan komputasi awan seperti Alibaba Cloud kita harus menggukan EIP, apalagi jika digunakan dalam jangka panjang. Dengan EIP kita bisa dengan mudah melakukan manajemen terhadap sumber daya IP dan instance yang kita miliki.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur menggunakan ECS IP Address dan ingin diubah menjadi Elastic IP Address tanpa mengubah alamat IP dan mengganggu ECS yang sedang berjalan? Tenang saja penyedia layanan komputasi awan telah menyediakan cara termudah untuk melakukan konversi Elastic IP Address menjadi EIP.

Silahkan buka console dan arahkan ke menu Elastic Compute Service. Saat ini ECS saya memiliki tanda (Internet) di samping IP publik yang digunakan. Ini menandakan bahwa saat ini ECS saya menggunakan ECS IP Address.

ECS sebelum menggunakan EIP
ECS sebelum menggunakan EIP

Sekarang untuk mengubahnya silahkan klik more yang berada di sebelah kanan lalu pilih Network and Security Group lalu pilih Convert to EIP.

Mengubah ECS IP Address menjadi Elastic IP Address
Mengubah ECS IP Address menjadi Elastic IP Address

Akan muncul tampilan konfirmasi dan saya sarankan untuk membacanya terlebih dahulu karena biar paham maksudnya. Jika sudah klik OK dan tunggu sebentar.

Konfirmasi perubahan ECS IP Address ke Elastic IP Address
Konfirmasi perubahan ECS IP Address ke Elastic IP Address

Sekarang kita harus memastikan apakah saat ini ECS kita telah menggunakan Elastic IP Address atau masih menggunakan ECS IP Address. Untuk memastikannya silahkan lihat pada ECS teman-teman dan seharusnya ada indikator EIP di sebelah IP publik dari ECS tersebut.

ECS setelah menggunakan EIP
ECS setelah menggunakan EIP

Perlu diketahui bahwa dengan mengubah IP dari Elastic IP Address menjadi EIP maka kita bebas mengatur IP ini dipasang ke instances lain (jika ada) ataupun dibiarkan saja. Intinya teman-teman tidak usah khawatir jika IP ini dipakai orang lain karena telah didedikasikan khusus bagi kalian. Satu hal yang pasti walau IP ini tidak digunakan teman-teman tetap akan terkena biaya.

Topik

Related Articles

Close