Pengetahuan

Menonaktifkan pemberitahuan web yang mengganggu

Lagi fokus kerja tanpa buka social media tetapi tiba-tiba ada notifikasi yang bikin konsentrasi buyar. Hal ini cukup sering ditemukan saat ini, karena beberapa website menggunakan fitur web push notifications dan pengguna sering tidak sengaja klik izinkan (termasuk saya juga sering). Bagi user seperti saya yang butuh konsentrasi tinggi hal ini cukup menganggu, dan setelah coba cari-cari berikut adalah cara menonaktifkan pemberitahuan web yang menganggu sesuai browser yang digunakan.

Google Chrome

Cara awal kalian bisa coba klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas lalu pilih setting (setelan) atau kalian bisa juga ketik chrome://settings di kolom URL. Pergi ke bagian Lanjutan > Privasi dan Keamanan > Setelan Konten > Notifikasi. Di sini terdapat data situs mana yang teman-teman izinkan atau tidak. Jika situs yang kalian anggap tidak diinginkan silahkan pada bagian Izinkan dihapus saja situsnya.

Selain  Di sini sebenarnya Google Chrome menyediakan pilihan jika teman-teman ingin “ditawarkan” atau tidak terkait notifikasi. Jika teman-teman memang bersungguh-sungguh untuk mematikan semua notifikasi, silahkan geser switch pada Tanyakan sebelum mengirim (disarankan).

Microsoft Edge

Untuk membuka pengaturan bisa klik pojok kanan atas logo 3 titik lalu ke Settings > View advanced settings > Notifications > Manage.

Opera

Untuk membuka menu Opera teman-teman bisa klik logo nya di pojok kiri atas lalu pilih tab Website di sebelah kiri dan cari bagian notifications. Teman-teman bisa memilih sendiri seperti langsung memperbolehkan, ditanyakan terlebih dahulu, atau langsung memblokir semua pemberitahuan desktop. Kalau untuk bagian lebih lanjut ada di bagian Manage Exceptions.

Topik
Close