Cerita

Merajut Kebersamaan dengan Komunitas Blogger Jakarta

Komunitas Blogger Jakarta, sesuai namanya  komunitas ini merupakan kumpulan blogger yang berada di Jakarta + sekitarnya 🤭. Saya sendiri telah menjadi bagian dari komunitas ini sejak 2 Oktober 2016. Bagaimana saya bisa tahu? Karena ketika bergabung saya sempat menuliskannya di blog ini pada artikel Blogger Jakarta sebuah keluarga baru bagiku. Nah tidak terasa ternyata 11 Juni 2018 nanti komunitas ini genap berumur 2 tahun dan pada tanggal 3 Juni 2018 komunitas ini melaksanakan perayaan dari Hari Ulang Tahun yang lebih cepat karena masalah libur Lebaran 😁.

Esensi HUT Blogger Jakarta

Perayaan HUT Blogger Jakarta tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yaitu dengan mengadakan “syukuran” dengan anak-anak Yatim. Tentu saja ada perbedaan selain panitia yang berbeda (karena sudah berganti kepengurusan), juga perbedaan tempat. Untuk tahun ini perayaannya dilakukan di Sekolah Ibnu Sina yang terletak di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Tema tahun ini yaitu 2 tahun merajut kebersamaan, bagi saya tema ini memiliki cerita sendiri dengan komunitas ini. Saya memang tidak dari awal sekali bersama dengan komunitas ini tetapi rasa persaudaraan antar anggota sudah erat. Tentu hal tersebut bukan karena 1 orang atau segelintir orang tetapi karena adanya aksi dan reaksi antar anggota. Ini membuat kebersamaan kami layaknya pakaian yang sedang dirajut, berawal dari seutas benang layaknya individu yang bergabung dengan individu lain. BERBEDA, namun karena harmoni maka tercipta sebuah pakaian yang siap dipakai. 😁

Great things in business are never done by one person. They’re done by a team of people. Steve Jobs

Di perayaan ulang tahun ke-2 komunitas ini tidak ingin hanya merasakan kesenangan sendiri tetapi juga harus membagikannya kepada orang lain, itu mengapa acaranya diselenggarakan bersama anak yatim. Saya salut terhadap rekan-rekan panitia yang menurut pendapat saya mereka berhasil membuat adik-adik ceria. Ini sangat saya rasakan saat melihat senyuman mereka ketika sesi permainan dimana adanya percampuran antara anggota blogger dengan adik-adik. 😇

Adik-adik peserta memang adalah hal yang utama untuk kami hibur pada acara ini, tetapi respon balik mereka juga diperlukan agar tidak canggung. Masa iya kami para blogger sudah berusaha menghibur tetapi mereka malah acuh tak acuh 😅. Tetapi untungnya hal ini tidak terjadi karena peserta dari adik-adik sangat antusias dan kalau dalam bahasa web mereka ini responsive alias menyesuaikan dengan keadaan.

Teman-teman pembaca bisa melihat foto di samping ini! Ketika kue dikeluarkan anak tersebut langsung maju untuk memotong kuenya tanpa ada yang menyuruh. Sebenarnya banyak anak juga yang mengikuti dia namun saya tidak tahu mengapa Robit Mikrojul Huda selaku ketua dari Komunitas Blogger Jakarta memilih anak tersebut.

Bagi teman-teman yang bertanya “mana anak-anak lain yang katanya maju ke depan?“. Sebenarnya pada foto aslinya banyak kok namun agar tulisan saya ini terlihat harmoni antara tulisan dan gambar maka saya terpaksa harus melakukan crop sehingga hanya menyisakan foto ini saja. Mohon maaf yaa adik-adik yang tidak jadi mejeng di blog saya ini, lain kali kalau kita ketemu lagi saya pajang deh fotonya 😅.

The best way to cheer yourself up is to try to cheer somebody else up. Mark Twain

Sebenarnya acara sudah terlihat ramai dari awal namun ketika di awal masih ada kecanggungan untuk bercampur, tetapi setelah beberapa kegiatan dilakukan terciptalah pembauran antara adik-adik peserta dengan para blogger. Tak luput pada acara ini terdapat juga dibagikan berbagai macam hadiah untuk SEMUA PESERTA seperti alat-alat tulis, makanan, voucher, dan lainnya. Setiap adik-adik peserta juga mendapatkan tas beserta “isi” yang dibilang cukup lumayan. Ini semua dilakukan demi membuat keceriaan terutama kepada adik-adik peserta. Karena cara terbaik untuk membuat kamu ceria adalah dengan membuat orang lain cerita 😏.

Tetap Menjaga Nuansa Ramadhan

Perayaan HUT Komunitas Blogger Jakarta yang ke-2

Karena kegiatan ini diselenggarakan bertepatan dengan bulan Ramadhan maka kami juga tidak luput mengisi acara ini dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang bernuansa Ramadhan. Seperti ketika dalam kuis, pertanyaan-pertanyaan yang diberikan seputar Ramadhan atau seputar Islam pada umumnya. Sebagai penyejuk ada juga salah satu seorang ustadz yang datang untuk memberikan kultum dengan gaya yang sedikit humoris. 😆

Selesai penyejukan tentu harus ada penyegaran, berhubung mayoritas peserta menjalankan ibadah puasa maka harus ada sebuah upacara yaitu Buka Bersama. Biar segar berbukanya dengan seperangkat takjil yang tampaknya sudah menjadi template. Mengapa saya bilang template? Karena selama saya mengikuti kegiatan buka puasa bersama menu pembukanya (takjil) pasti ada es buah, kurma, serta gorengan. Dan pada acara ini, semuanya muncul sebagai satu kesatuan. Tentu teman-teman juga sudah tahu tentang legenda yang satu ini. 😂

Kolaborasi Pembuat Kesuksesan

Acara yang sukses dan ramai tentu tidak semata-mata tetapi juga berkat beberapa kerjasama dengan rekanan dari komunitas ini. Rekanan pertama adalah Lembaga Amil Zakat Ibnu Sina atau biasa disingkat LAZISNA yang telah mengkoordinasikan anak yatim dan memberikan fasilitas ruangan aula untuk acara ini berlangsung. Dukungan moril dan materi juga datang dari rekanan C2Live, sebuah startup yang aktif mendukung para blogger-blogger di Indonesia.

Hal yang menarik dari acara ini adalah kolaborasi dari komunitas blogger lain. Komunitas Blogger Jakarta bukanlah satu-satunya komunitas blogger yang berada di Jakarta + sekitarnya, melainkan ada beberapa komunitas lagi. Nah pada Hari Ulang Tahun Blogger Jakarta yang ke-2 ini turut hadir juga rekan blogger dari Komunitas Blogger Mungil dan Komunitas Blogger Crony. Bahkan mereka memberikan kado juga loh untuk Blogger Jakarta. Terima kasih banyak teman-teman 😇.

Perwakilan dari Komunitas Blogger Crony memberikan hadiah dan ucapan selamat HUT ke-2 Komunitas Blogger Jakarta

Sekarang komunitas ini sudah layaknya sebuah baju yang siap dipakai namun ingat bahwa manusia memiliki sifat alamiah tidak pernah puas. Begitu pula dengan seorang perajut ketika dia berhasil merajut utasan benang menjadi sebuah pakaian tentu dia menginginkan agar karyanya memiliki nilai lebih. Begitu juga dengan Komunitas Blogger Jakarta semoga dengan menginjak usia 2 tahun dapat menjadi pakaian yang memiliki nilai lebih tetapi tetap bisa digunaakn oleh semua orang. SEKIAN 😘

Topik
Close