Pengetahuan

Migrasi Data Object Storage ke Alibaba Cloud OSS

Migrasi ke penyedia layanan lain adalah hal yang lumrah ketika beradaptasi dengan sebuah teknologi. Banyak alasan untuk melakukan migrasi mulai dari fitur yang ditawarkan sampai dengan lokasi pangkalan data. Alibaba Cloud sebagai penyelenggara layanan komputasi awan memiliki penyimpanan berbasis objek dengan nama Alibaba Cloud Object Storage Services. Pada tutorial kali ini kita akan mencoba untuk melakukan migrasi object storage ke Alibaba Cloud OSS dengan menggunakan alat Alibaba Cloud Data Online Migration.

Banyak penyedia layanan berbasis objek seperti S3 milik AWS dan Blob Storage milik Azure, namun pada tutorial ini saya menggunakan Biznet Neo Object Storage.

Prasyarat

Ada beberapa prasyarat untuk migrasi data ke Alibaba Cloud OSS yaitu:

  • Memiliki kredensial dalam bentuk access key id dan secret access key yang bisa di-generate melalui penyedia layanan dalam hal ini Biznet.
  • Membuat bucket di Alibaba Cloud OSS dan memberikan hak akses ke bucket tersebut.

Konfigurasi Alibaba Cloud Data Online Migration

Alibaba Cloud Data Online Migration bisa diakses melalui alamat https://mgw.console.aliyun.com. Alibaba Cloud Data Online Migration sendiri masih bagian dari produk Data Transfer. Pada tahap awal mari masukkan kredensial dari 2 object storage yang akan dieksekusi.

Caranya adalah dengan menuju menu Data Address lalu klik tombol Create Data Address, setelah itu masukkan kredensialnya. Pertama akan dicoba untuk memasukkan data kredensial untuk Alibaba Cloud OSS seperti di bawah ini, sedikit catatan jika kredensial benar maka kolom OSS Bucket akan memunculkan daftar dari bucket yang kita punya.

Konfigurasi data address untuk OSS
Konfigurasi data address untuk OSS

Untuk contoh pada Biznet Object Storage adalah sebagai berikut

Contoh konfigurasi untuk object storage berbasis protokol S3
Contoh konfigurasi untuk object storage berbasis protokol S3

Proses Migrasi

Setelah ada sumber dan tujuan sekarang kita melakukan proses migrasi. Untuk memulainya bisa ke menu Migration Jobs lalu klik tombol Create Job dan masukkan saja pada formulir ini. Sebagai contoh pada konfigurasi saya adalah melakukan migrasi dari Biznet Object Storage ke Alibaba Cloud OSS dengan tipe migrasi Full yang berarti proses berhenti ketika selesai dan metode yang digunakan adalah all dimana jika ada berkas yang sama makan akan ditimpa.

Contoh konfigurasi pekerjaan migrasi
Contoh konfigurasi pekerjaan migrasi

Selanjutnya adalah bagian performa, salah satunya adalah Data Prediction yang diisi asal saja sesuai dengan ingatan masing-masing. Untuk bagian flow control kita hanya mengatur pada jam berapa bandwidth yang digunakan untuk migrasi. Kebetulan saya tidak ada masalah dengan bandwidth jadi saya atur saja agak besar. Jika sudah selesai klik tombol Create dan proses migrasi akan langsung dimulai.

Mengatur kecepatan bandwidth untuk proses migrasi
Mengatur kecepatan bandwidth untuk proses migrasi

 

Laporan

Ketika proses migrasi akan muncul laporan tentang proses yang sedang berlangsung seperti berapa berkas yang akan dipindahkan dan jumlah berkas yang berhasil terkirim. Jika job telah selesai maka statusnya menjadi Finished dan laporan kurang lebih seperti ini:

Laporan pekerjaan migrasi
Laporan pekerjaan migrasi

Demikian tutorial agak asal tentang migrasi data ke Alibaba Cloud OSS, jika ada pertanyaan atau hal yang kurang jelas dari tutorial ini dipersilahkan untuk bertanya di kolom komentar.