Pengetahuan

Mudah Migrasi Database ke RDS Alibaba Cloud

Ketika memutuskan diri untuk berpindah penyedia layanan, hal yang membuat cukup bingung adalah migrasi apalagi migrasi database. Dengan waktu yang minim seorang pekerja IT harus bisa melakukan migrasi dengan baik. Cara konvensional dengan melakukan manual dump database lalu melakukan impor pada server baru saat ini kurang efektif. Untuk mengatasi hal ini pada Alibaba Cloud disediakan fitur yang namanya DTS.

Apa itu DTS Alibaba Cloud?

DTS merupakan akronim dari Data Transmission Service, fungsinya adalah untuk melakukan migrasi atau sinkronisasi data.  DTS mendukung beberapa tipe engine database, yaitu:

  • Relational Database seperti MySQL, Oracle, SQL Server, dan Postgre SQL.
  • NoSQL seperti Redis

Saat tulisan ini dibuat fitur DTS tidak dikenakan biaya alias gratis sehingga pengguna bisa menggunakan dengan puas. Ini bisa jadi strategi marketing agar banyak yang pindah ke Alibaba Cloud, karena MUDAH!.

Cara migrasi database menggunakan DTS Alibaba Cloud

Cara migrasi database dengan menggunakan DTS Alibaba Cloud tidaklah sulit namun sebelumnya teman-teman perlu mengetahui dulu persyaratan untuk menggunakan DTS ini. Syarat untuk menggunakan DTS adalah telah memiliki instance RDS di Alibaba Cloud sebagai tujuan untuk database yang baru.

Jika sudah silahkan buka Console Alibaba Cloud dan pada kolom pencarian ketik DTS, nanti pilih Data Transmission Service. Karena kita akan melakukan migrasi database maka pilih Data Migration. Jangan lupa untuk memiliki region dari instance yang kita miliki.

Migrasi database ke RDS Alibaba Cloud - Pilih region

Jika sudah silahkan klik Create Migration Task untuk membuat perintah migrasi yang harus diisi terlebih dahulu oleh parameter dari server database sumber dan server database tujuan (RDS).

Pada bagian Source Database isikan parameter yang digunakan oleh server lama. Untuk instances type isi saja dengan On-Premises Database. Sedikit catatan, karena kita akan melakukan migrasi jadi alangkah baiknya menggunakan super user agar proses berjalan lancar. Sebagai pemasti parameter sudah benar klik tombol Test The Connection.

Migrasi database ke RDS Alibaba Cloud

Untuk server tujuan yang ada di Alibaba Cloud kita cukup memilih RDS Instance ID yang akan digunakan sebagai server baru serta memasukkan account dan password yang bisa mengakses instance tujuan kita. Untuk memastikan konfigurasi silahkan menekan juga tombol Test the Connection. Jika semua sudah selesai klik Authorize Whitelist and Enter into Next Step pada pojok kanan bawah untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Migrasi database ke RDS Alibaba Cloud - Instance Tujuan

Selanjutnya kita akan disuruh memilih paket konfigurasi yang akan dibeli. Sampai artikel ini dibuat status biayar masih 0 alias gratis, tetapi mungkin ke depannya jelas akan dikenakan biaya untuk melakukan migrasi. Saya sendiri memilih ukuran medium karena database yang dipindahkan tidak terlalu besar. Namun jika teman-teman memiliki ukuran database yang cukup besar pakai yang ukuran 2xlarge saja, toh gratis kok. Jika sudah silahkan klik Buy and Start Now untuk memulai migrasi.

Konfirmasi paket konfigurasi

Saat ini proses migrasi sudah dimulai, pastikan tidak ada masalah koneksi. Selama saya beberapa kali melakukan migrasi semua proses berjalan berhasil. Jika teman-teman menemukan permasalahan silahkan untuk menulis di kolom komentar agar kita bisa diskusi.

Topik

Related Articles

Close