PengetahuanUlasan

MY.ID layanan blog dengan DOMAIN gratis

Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang U.ID sebuah layanan Single Sign On yang memungkinkan kita memiliki akun terverifikasi di dunia maya secara nyata. Pada bagian bawah artikel U.ID : menjadi terpercaya di dunia maya  itu saya menuliskan bahwa U.ID baru bisa digunakan pada 1 platform yaitu MY.ID . Maka dari itu saya jadi ingin review juga nih layanan dari PANDI yang baru meluncur ketika acara PANDI Meeting 8 kemarin.

MY.ID

Bagi teman-teman yang sering beraktivitas di dunia maya tentu pernah sesekali melihat website yang memiliki domain website berakhiran MY.ID. Yaa memang my.id merupakan DOMAIN untuk website personal di Indonesia (sama dengan .web.id). Sampai tulisan ini dibuat harga domain MY.ID sendiri masih sekitar Rp 50.000,-. Saat ini MY.ID bukan hanya domain biasa yang didaftarkan di registrar, tetapi telah menjadi platform blogging  yang dipersembahkan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) seperti blogspot atau blogdetik.

Keunggulan MY.ID

Tentu tidak mungkin sebuah platform dibuat tanpa adanya perbedaan ?. Salah satu perbedaan sekaligus menjadi keunggulan platforim ini yang paling kuat adalah DOMAIN GRATIS. Yups kita benar-benar dapat domain gratis .my.id tanpa harus mengeluarkan uang. Yang kita lakukan cukup daftar saja menggunakan akun U.ID ?.

Keunggulan selanjutnya adalah platform ini merupakan solusi untuk kebebasan bertanggungjawab yang saat ini mulai diserang. Mengapa? Karena ketika mendaftar hanya ada 1 pilihan pendaftaran yaitu menggunakan Single Sign On U.ID, dan U.ID sangat sangat sangat terverifikasi. Berbeda dengan blogspot yang saat ini menjadi sarang para penyebar HOAX dan kebencian. Jadi kalau teman-teman posting yang aneh terutama yang membuat ricuh kerukunan bangsa maka siap-siap ajah tercyduck ?.

Halaman depan yang memunculkan karya para penulis

Selain memiliki domain dan alasan “tanggungjawab”, platform ini juga bisa mempromosikan tulisan kalian. Setiap kalian menulis artikel baru atau ada yang mengomentari tulisan kalian, secara otomatis karya kalian muncul di halaman awal https://www.my.id. Sehingga jangan khawatir kalau artikel baru kalian tidak dibaca orang, setidaknya 1 atau 2 orang pasti ada kok yang membaca. Kecuali kalian membuat tulisan bersamaan dengan 100 orang yang baru membuat tulisan juga, kalau begini yaaa WAYAHNA WEH ?

Mendaftar MY.ID

Proses pendaftaran MY.ID sebenarnya sangat simpel, namun karena saya sudah mendaftarkan akun U.ID saya sehingga saat ini saya tidak bisa memberikan screenshoot dan hanya memberikan langkah-langkahnya saja.

  1. Kunjungi https://www.my.id lalu pilih menu MASUK/BUAT BLOG
  2. Masuk menggunakan akun U.ID kalau belum punya bisa daftar dulu
  3. Isi judul dan alamat blog yang diinginkan (kalau domain sudah ada yang memiliki maka coba lagi pakai domain lain)
  4. Setelah berhasil terbuat kalian menunggu sekitar 15-30 menit untuk propagansi domain

Simpel kan? ? Kalau blog sudah jadi untuk mulai membuat tulisan kalian bisa masuk ke https://www.my.id terus pilih MASUK/BUAT BLOG atau kalau mau simpel bisa juga ke domain.my.id/wp-admin.

Dashboard administrator MY.ID

MY.ID menggunakan wordpress sebagai mesinnya, jadi bagi teman-teman yang pernah menggunakan wordpress tentu tidak aneh lagi dengan tampilannya. Nah untuk teman-teman yang belum pernah pakai wordpress coba cari-cari deh caraya untuk pakai wordpress karena terlalu panjang kalau dijelasin di tulisan ini ?. Tetapi intinya untuk membuat tulisan teman-teman bisa ke menu POS yang ada di sebelah kiri.

Kekurangan ?

Seorang pengulas yang baik tentu harus menulis kekurangan produk yang diulasnya tidak terkecuali untuk platform ini ?. Kekurangan yang paling utama pada platform ini adalah ukuran disk yang disediakan yaitu hanya 100MB ?. Bagi teman-teman yang tidak terlalu suka menulis atau hanya menulis hal yang penting memang tidak akan ada masalah tetapi bagi yang sering yaaa lumayan bermasalah juga ?. Apalagi biasanya kalau orang yang baru menulis di blog biasanya lebih dominan di gambar daripada tulisan #PengalamanPribadi . Jadi mungkin ini bisa jadi pertimbangan untuk pihak PANDI.

Kekurangan yang lain adalah terbatasnya kustomisasi yang dikarenakan kita tidak bisa menambahkan Theme atau Plugin. Padahal selama ini wordpress terkenal karena kustomisasi nya yang mudah. Tetapi mungkin ini disebabkan faktor security, takutnya ada plugin/themes yang diinstall oleh user ternyata mengandung zat berbahaya.


Secara keseluruhan platform ini bisa dibilang lumayan bagus mengingat PANDI berani memberikan domain, bukan hanya subdomain seperti platform lain. Selain itu para penulis juga dapat “promosi” gratis tulisan yang dibuat. Sampai tulisan ini dibuat, umur MY.ID belum genap 1 bulan sejak launching, berarti kita bisa berharap platform ini akan lebih baik dikemudian hari.

Topik
Close