Pengetahuan

Networking mode pada Virtual Machine

Pada VirtualBox, VMWare, atau aplikasi virtualiasasi lainnya terdapat networking mode, atau mode yang bisa dipilih untuk kartu jaringan. Setiap mode memiliki tata cara penggunaannya masing-masing. Pada gambar, kotak yang berwarna hijau adalah HOST atau komputer asli yang kita gunakan, sedangkan kotak berwarna biru adalah GUEST atau Virtual Machine.

Not Attached

Dalam mode ini, VirtualBox laporan kepada pengguna bahwa kartu jaringan terdeteksi, tetapi tidak ada koneksi, seolah-olah tidak ada kabel Ethernet dipasang ke slot kartu. Biasanya saya gunakan ini jika terhubung dengan GNS3

NAT

NAT merupakan singkatan dari Network Address Translation, ini berfungsi untuk mengubah IP ketika berkomunikasi ke luar. Contohnya ada pada gambar di atas. Ketika GUEST atau MESIN VIRTUAL yang memiliki IP 192.168.0.1, ketika dia ingin mengakses ROUTER yang memiliki IP 172.16.13.10 maka paket yang dikirimkan akan diubah asal pengirimannya menjadi dari HOST 172.16.13.10. Dengan kata lain yang dianggap mengirimkan paket ke ROUTER adalah HOST bukan GUEST.

Bridge

Mode BRIDGE memungkinkan GUEST atau VIRTUAL MACHINE masuk ke jaringan sungguhan (fisik). Jadi guest seakan-akan muncul sebagai komputer nyata ketika kita deteksi di jaringan yang terhubung dengan komputer yang sebenarnya. Pada gambar, walaupun GUEST adalah Mesin Virtual tetapi dia dapat berkomunikasi langsung dengan Router karena menurut router dia adalah komputer nyata.

Internal Network

Internal network memungkinkan sesama Virtual Machine membuat jaringan khusus mereka untuk saling berkomunikasi secara langsung. Di gambar bisa dilihat bahwa 2 VM berkomunikasi tanpa “diketahui” oleh HOST.

Host-Only

Mode ini dapat digunakan untuk membuat jaringan yang berisi host atau komputer sebenarnya dan satu set mesin virtual, tanpa perlu antarmuka jaringan fisik yang sebenernya. Sebaliknya, antarmuka jaringan virtual (mirip dengan antarmuka loopback) dibuat pada host, menyediakan konektivitas antara mesin virtual dan host.

Intinya adalah antara VM dengan HOST membuat sebuah jaringan khusus yang dimana hanya mereka saja yang bisa berkomunikasi secara langsung. Lalu apa bedanya dengan NAT? Pada NAT IP address di translasikan untuk pergi jaringan luar sedangkan pada Host-Only bisa dibilang seperti 1 komputer memiliki 2 interfaces, namun salah satu interfaces hanya bisa terhubung ke komputer tertentu.

Related Articles

Close