Cerita

Secoret cerita Lokakarya OpenStack

Jadi hari ini saya mengikuti kegiatan Lokakarya OpenStack yang diadakan oleh Utian Ayuba. Jujur pas registrasi sebenarnya saya tidak terlalu berharap penuh karena saingannya banyak pasti banya sekali dan yang dicari adalah “AKTIVIS”. Kenapa saya berani berasumsi seperti itu? Karena selain materi yang masih baru, berita di share oleh orang yang cukup terkenal, dan yang terakhir acara tersebut GRATIS. Tetapi ternyata saya masih masuk kategori AKTIVIS oleh selektor.

GRATIS bukan berarti tidak berkualitas itulah kata-kata yang cocok bagi orang yang menyepelekan acara gratis. Terbukti acara ini dikelola sangat profesional. Dimulai dari jumlah peserta yang dibatasi sekitar 12 orang sehingga Instruktur bisa fokus kepada kualitas akhir peserta. Selain itu yang sudah saya jelaskan sebelumnya peserta di “filter”, jadi yang dipilih adalah peserta yang dianggap sudah memenuhi sebuah standar agar siap menerima acara ini. Menurut informasi dari pak Utian Ayuba, jumlah peserta yang daftar ada sekitar 35 orang.

Oke lanjut ke materi, jelas sesuai dengan judul yang diberikan bahwa acara ini merupakan Lokakarya OpenStack. Di sini saya mengetahui akhirnya perbedaan VMWare Workstation & Vsphere serta sejenisnya yang jujur sama selama ini saya masih bingung sekali cara kerjanya ? Saya juga akhirnya mengetahui bahwa OpenStack yang merupakan barang baru di Indonesia ternyata sudah trend di luar negeri ? Walaupun ketika kegiatan agak bingung dan malu karena bertanya terus menerus ? Tetapi saya yakin trainernya mewajari karena baru pertama kali mencoba OpenStack, apalagi OS yang digunakan adalah OpenSUSE membuat saya makin LIEUR.

Secara keseluruhan saya puas dengan acara ini walaupun saya hanya menerima materi sekitar 30% karena keterbatasan OTAK, tetapi kalau sering main OpenStack nanti juga bisa sendiri karena setidaknya saya telah mengetahui dasar dari OpenStack.

SPECIAL THANKS FOR UTIAN AYUBA FROM BTECH ^_^

ACARA GRATIS BUKAN BERARTI TIDAK BERKUALITAS BISA SAJA LEBIH PROFESIONAL KARENA DIBUAT ATAS DASAR MEMBANTU SESAMA

Topik
Close